Berita Wisata

Besok ada parade marching band penampilan kolosal di hari ulang tahun Karanganyar Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi marching band. (Harian Desi Suryanto/JIBI/Jogja)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan menggelar upacara peringatan HUT ke-105 Kabupaten Karanganyar di lapangan Alun-alun setempat pada Jumat (18/11/2022) pagi. Upacara akan dimeriahkan oleh marching band dari TNI Angkatan Udara Yogyakarta.

Marching band ini akan menjadi berjalan jauh dari Alun-alun hingga rumah dinas Bupati Karanganyar (Rumdin). Selain penampilan marching band, juga akan ada penampilan kolosal dari perguruan silat Karanganyar.

Promosi Daihatsu Rocky Mobil Harga Rp 200 Juta Hanya Rp 99.000

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, upacara dies akan dimulai pukul 07.30 WIB. Para peserta upacara mengenakan pakaian adat Jawa dengan keris. Upacara ini akan mempertemukan pegawai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD serta instansi vertikal di Karanganyar.

“Pada upacara ini, akan ada pertunjukan kolosal yang akan dimainkan oleh semua petarung. Mereka berasal dari berbagai perguruan silat di Karanganyar,” ujarnya saat rapat di kantornya, Kamis (17/11/2022).

Tontonan kolosal kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, bupati meminta agar pemain kolosal itu berasal dari sekolah-sekolah silat. Implikasi dari para kombatan ini adalah untuk menjaga kekompakan antar sekolah. Hal ini sekaligus meminimalisir bentrokan antar kelompok silat yang sering terjadi. Selain kolosal, juga akan dilakukan pelepasan 105 burung derkuku yang menjadi lambang Raden Mas Said.

Baca Juga: Pemkab Karanganyar Gelar Khitanan Massal, Peserta Meledak

“Akan ada nanti pemodelan aero dan parade marching band angkatan udara dari Yogyakarta,” katanya.

Bupati mengatakan, marching band juga menutup upacara ulang tahun Karanganyar. Selama pawai marching band, para prajurit akan unjuk kebolehan di sepanjang Jalan Lawu, dari Alum-alun hingga Rumdin Bupati.

“Penonton dipersilakan melihat dan menikmati penampilan kolosal, modelling aerodinamis, parade marching band,” lanjut Yuli, sapaan akrab bupati.

Usai upacara, Bupati akan membuka lomba renang Piala Bupati Karanganyar 2022 di Kolam Inntakri. Juga akan meresmikan Desa Wisata Telaga Kusuma di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button