Tempat Wisata

Biaya masuk dan objek wisata Bunker Batujajar, Januari 2024

bunker Batujajar

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Manglid, Cangkorah, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40561

bunker Batujajar sebuah situs bersejarah yang diyakini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Berdiri di tengah kawasan hijau tepat di pinggir Waduk Saguling. Sebuah bunker pertahanan militer yang masih stabil hingga saat ini. Meski warnanya sudah pudar mengingat bangunannya sudah sangat tua.

Letak bunker yang berseberangan dengan Waduk Saguling memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain melihat bangunan bersejarah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan danau. Banyak juga aktivitas seru yang bisa dilakukan pengunjung seperti piknik, naik perahu, dan berkemah.

Biaya masuk ke Bunker Batujajar

Pengunjung yang datang ke Bunker Batujajar tidak dikenakan biaya masuk, artinya gratis. Anda bisa menikmati keindahan alam danau ini dan bangunan-bangunan tua yang eksotis secara gratis.

Baca: Danau Wakadobol Bandung dan Wisata Ekstrem Dilarang

Jam buka Bunker Batujajar

Tempat wisata ini buka setiap saat. Bunker Batujajar dapat dikunjungi kapan saja karena buka setiap hari. Waktu terbaik berkunjung adalah pada pagi hari sebelum jam 12 siang atau sore hari sekitar jam 4 sore. Hal ini untuk menghindari panasnya sinar matahari karena lokasinya berada di area lapangan terbuka.

Atraksi Bunker Tua yang unik

Bangunan bunker tua Batujajar Bangunan bunker tua Batujajar Bangunan bunker tersebut masih stabil hingga saat ini. Foto: Google Maps/Radio Backpacker Guesthouse

Di titik ini terdapat bunker kecil di pinggir Waduk Saguling. Pada bagian depan bangunan bunker terdapat ruangan berbentuk setengah lingkaran dengan beberapa lubang di depannya. Lalu ada ruangan lain yang dibangun di belakangnya dan diposisikan tinggi. Terdapat tangga di bagian belakang bangunan yang dapat dinaiki pengunjung.

Bunker hijaunya terlihat pudar, khas bangunan tua. Meski pudar, namun tetap terlihat cantik sebagai item foto bertema antik. Selain itu, sejumlah pengunjung melakukan selfie di sekitar bangunan bunker.

Ada bebatuan mirip bunker di dalam air

Selain bunker yang berada di pinggir waduk, ternyata di titik ini masih terdapat bunker lain yang berada di dalam air. Mungkin bukan bunker sungguhan, melainkan sebuah batu unik yang menyerupai bunker. Letaknya sekitar 25 meter dari bunker Batujajar yang ada di waduk. Batuan yang terlihat seperti bunker ini tidak dibangun oleh siapapun, melainkan terbentuk secara alami.

Saat air waduk surut, bebatuan mirip bunker menjadi terlihat. Biasanya air surut pada bulan Agustus atau September sehingga pengunjung dapat melihatnya. Sayangnya objek ini tidak terlihat saat air pasang.

Sunset di bunker Batujajar

Destinasi wisata Bunker Batujajar mempunyai lokasi yang nyaman dan asri. Areanya luas, dengan rerumputan hijau dan pepohonan memberi keteduhan. Di kawasan ini, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan Waduk Saguling saja, tapi juga sering menyaksikan matahari terbenam.

Sembari menunggu matahari terbenam, pengunjung bisa piknik dan membentangkan karpet di atas rumput di pinggir waduk. Pengunjung sebaiknya membawa makanan sendiri karena tidak ada yang menjualnya di sini. Pengunjung yang ingin menyaksikan matahari terbenam bisa datang sebelum jam 6 sore. Panorama matahari terbenam di sekitar bunker sangat indah, apalagi dengan perpaduan perairan waduk.

Suasana menyenangkan untuk penyembuhan

Penyembuhan di Bunker BatujajarPenyembuhan di Bunker BatujajarPenyembuhan dan relaksasi di tepi danau di sekitar bunker. Foto: Google Maps/Rizki Nursaefurohman

Kawasan bunker cocok bagi wisatawan yang ingin berwisata menyembuhkan. Lokasinya cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian. Udara sejuk dipadukan dengan semilir angin sepoi-sepoi melengkapi kenyamanan. Pemandangan waduk juga sangat indah dan menarik secara visual, pengunjung bisa bersantai menikmati panorama.

Naik perahu mengelilingi waduk

Berlayar mengelilingi Waduk Saguling dengan perahuBerlayar mengelilingi Waduk Saguling dengan perahuBerlayar mengelilingi Waduk Saguling dengan perahu. Foto: Google Maps/Indriani

Pengunjung yang datang ke Bunker Batujajar bisa mencoba menaiki perahu. Mengasyikkan sekali jika berkeliling Waduk Saguling dengan menggunakan perahu secara rombongan. Perjalanan dengan perahu ini berbayar namun harganya masih sangat terjangkau.

Ada pula perahu yang berfungsi sebagai transportasi menuju kota terdekat. Melalui waduk tersebut, pengunjung bisa naik perahu menuju Kota Baru Parahyangan. Sebaliknya, tempat wisata ini bisa Anda capai dari Kota Baru Parahyangan dengan menggunakan perahu.

Camping di kawasan bunker Batujajar

Camping di kawasan bunker BatujajarCamping di kawasan bunker BatujajarBerkemah di area bunker. Foto: Google Maps/Shyfa Berlianty

Kawasan bunker Batujajar sering menjadi tempat berkemah para wisatawan karena luasnya yang cukup besar. Siapa pun yang ingin berkemah di kawasan ini harus membawa perlengkapannya sendiri. Pengunjung dapat membawa kompor portabel Memanggang memanggang.

Bagi yang belum memiliki perlengkapan camping di kawasan Batujajar, terdapat tempat yang bisa menyewa tenda dan berbagai perlengkapan camping. Misalnya Sewa Kamp Arjuna atau Sewa Kamp Batujajar yang berjarak 8 km dari Bunker Batujajar.

Sering dijadikan tempat latihan TNI

Ambil foto di bagian atas bunkerAmbil foto di bagian atas bunkerPengunjung mengambil foto di bunker. Foto: Google Maps/Wisatawan. Hanya

Gedung Bunker Batujajar terletak di kawasan militer Tentara Nasional Indonesia. Tak heran jika kawasan ini sewaktu-waktu bisa menjadi lokasi latihan fisik personel TNI. Selain itu, area bunker terkadang juga bisa dijadikan sebagai area latihan sasaran. Namun di hari-hari biasa tempat ini akan menjadi destinasi wisata menarik sekaligus spot berfoto.

Koneksi jalan

Letak bunker Batujajar agak tersembunyi, sebagian jalan masih belum beraspal. Aksesnya cukup sulit karena jalan masih belum beraspal dan berbatu. Dalam perjalanan menuju bunker, pengunjung dapat menikmati pemandangan perkebunan dan persawahan. Sebaiknya datang pada musim panas karena akses jalan akan berlumpur saat musim hujan.

Mobil masih bisa mencapai tempat ini namun jalannya cukup sempit. Jalan di kawasan persawahan hanya cukup untuk satu mobil. Pengunjung disarankan membawa kendaraan roda dua.

Perabot

Tidak ada toilet dan tidak ada penjual makanan di sekitar bunker Batujajar. Pengunjung bisa menemukan toilet jika menyusuri sisi Kota Baru Parahyangan. Akan ada toilet di sebelah kafe di sepanjang jalan. Bagusnya tempat ini memiliki fasilitas rekreasi seperti perahu dan tempat perkemahan yang luas.

Lokasi bunker Batujajar

Destinasi wisata ini terletak di Manglid, Cangkorah, Kec. Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40561. Jaraknya 21 km dari pusat kota Bandung ke Bunker Batujajar. Dengan mobil perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button