Tempat Wisata

Bukit Bengkaung, Menyaksikan Pesona Alam dari Atas Ketinggian Sembari Kulineran di Lombok Barat

Bukit Bengkaung di Lombok Barat mempesona pengunjung dengan pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian, sambil menikmati beragam pilihan kuliner lezat.

Harga tiket: Rp 5.000, Operasional Selai: 06.00-22.00 WIB, Alamat: Lembah Sari, Kec. Batu Layar, Kab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Peta: Cek Lokasi

Lombok termasuk salah satu wilayah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Bukit Bengkaung, dimana menawarkan pemandangan alam nan indah.

Dari atas ketinggian, Anda akan melihat pesona hijau dari perbukitan yang menyegarkan. Di malam hari pun tidak kalah menarik, yakni dari gemerlap lampu kota.

Objek wisata di Lombok ini memang bukan satu-satunya, namun tetap layak dikunjungi. Tidak pernah sepi pengunjung, setiap hari selalu mengatakan ada yang datang untuk menikmati panorama alam yang indah.

Kebanyakan dari kalangan pemuda, dimana tujuan utama mereka adalah berburu spot foto untuk dipamerkan di media sosial masing-masing.

Tempat ini dapat dikatakan mengusung tema kafe atau kedai yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Saat Anda mencicipinya, sehari banyak tarikan yang membuatnya selalu layak dikunjungi.

Iklan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sebut saja adanya spot foto cantik yang cocok memikat media sosial. Pemandangan dari ketinggian pun menjadi salah satu alasan kenapa selalu ramai.

Periksa Hotel Murah di Lombok Barat

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Bengkaung

Daya Tarik Bukit BengkaungFoto oleh Ivan Lin di Google Maps

Setiap tempat wisata pastinya memiliki daya tarik yang menjadi alasan wisatawan berkunjung, termasuk Bukit Bengkaung yang ada di Lombok.

Sekilas telah kami bahas apa saja yang menarik di sini. Apalagi kalau bukan pemandangan alam indah, tersedia spot foto, konsep café yang unik, dan masih banyak lainnya.

1. Pesona Alam Dari Atas Ketinggian

Tidak dapat dipungkiri bahwa pesona alam merupakan daya tarik utama dari objek wisata di Lombok Barat ini. Dari atas puncak, Anda akan disuguhi pemandangan luas dari bentangan perbukitan yang hijau.

Kabut tipis yang ternyata tidak menghalangi meinedahannya, bahkan justru menjadikan pemandangan semakin eksotis.

Keindahan Bukit Bengkaung Lombok Barat tidak hanya terlihat pada siang hari saja, namun juga ketika malam tiba. Namun bukan perbukitan hijau yang Anda dapatkan, melainkan kerlip lampu Kota Mataram yang begitu indah.

Bahkan di satu sisi, Anda dapat melihat indahnya lampu Islamic Center yang sangat tinggi dengan bentuk menara yang khas.

2. Konsep Kafe yang Unik

Seperti yang dibahas tadi, café adalah konsep utama dari wisata alam kali ini. Sepanjang jalan ketika berada di lokasi, banyak sekali kedai yang menjual makanan dan minuman.

Masing-masing kafe dikelola pihak yang berbeda, tujuannya tidak sama pemiliknya. Namanya pun bervariasi, salah satu contoh yang unik yaitu Kedai Taman Langit.

Beberapa kafe yang direkomendasikan di Bukit Bengkaung dan layak dikunjungi yaitu Benhill Lombok, Payawangan Resto, Bukit Bintang, Angkringan Wong Ndeso, dan banyak lainnya.

Menariknya, kafe ini menghadap langsung ke meinedahan dan pesona alam sekitar. Jadi sambil menikmati makanan, anda dapat menikmati pemandangan sejuk dan menyegarkan.

Perjalanan Snorkeling Gili Nanggu Lombok

3. Spot Foto Instagenik

Selain Neindahan alam dan konsep café yang unik, tempat wisata ini juga menawarkan berbagai spot foto cantik yang layak diposting di media sosial.

Untuk spot utamanya tidak lain adalah pesona alam dari perbukitan yang membentang luas. Pengelola sengaja menambahkan banyak sekali spot foto untuk menambah daya tariknya.

Bukit Bengkaung memiliki spot berupa sayap burung yang ukurannya sangat besar, seehingga siapa saja yang Berfoto di tengahnya mendapatkan hasil seperti burung yang mengepakkan sayap.

Selain itu, ada juga pintu langit yang desainnya cukup unik. Wisatawan hanya perlu berada di dekat pintu tersebut untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna.

4. Jalur Sepeda Menantang

Meski bukan daya tarik utama, namun jalur sepeda di sini cukup membuat banyak wisatawan tertarik. Terutama bagi warga sekitar, banyak yang menggunakannya sebagai tempat bersepeda santai.

Kebanyakan jalur menanjak, seperti halnya perbukitan pada umumnya. Hanya saja sebagian besar sudah diaspal sehingga lebih mudah dilalui.

Rute menuju Bukit Bengkaung di Lombok Barat ini cukup banyak diminati bagi pecinta olahraga sepeda. Kebanyakan dari mereka berangkat bersama rombongan.

Selain menantang karena jalur yang kebanyakan menanjak, pengunjung mendapatkan pemandangan yang indah selama perjalanan. Hijaunya perbukitan dan sawah membuat perjalanan terasa semakin sejuk.

Trip Snorkeling & Island Hopping ke Gili Nanggu, Gili Sudak & Gili Kedis

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit BengkaungFoto oleh Google Street View di Google Maps

Karena lokasinya di perbukitan, atau bisa juga dikatakan di daerah pegunungan, maka untuk menjangkaunya tidaklah mudah. Objek wisata yang menawarkan nodahan alam dan spot foto instagenik ini cukup jauh dari luar kota.

Anda haru menempuh jarak 38 kilometer jika berangkat sekitar Alun-alun Tastura. Jarak ini dapat ditempuh selama 1 jam lebih.

Meski begitu, rute menuju Bukit Bengkaung tidak terlalu sulit. Apabila Anda berangkat dari pusat kota, silakan ke Jalan Gajah Mada terlebih dahulu.

Selanjutnya silahkan ke Jalan Raya Puyung, lalu ke Jalan Raden Puguh. Rute selanjutnya yakni menuju ke Jalan Raya Kediri, kemudian dilanjutkan menuju ke Jalan TGH Faesal.

Perjalanan yang anda lalui mulai mendaki, silahkan mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Ahmad Yani.

Tak perlu lagi ke Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Raya Mataram, dan Jalan Pesona. Secara administratif, wisata alam ini berada di Desa Lembah Sari, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Mengunjungi Bukit Bengkaung Lombok Barat tidaklah gratis, namun harga tiket yang harus dibayar tidak terlalu mahal. Dibandingkan dengan Neindahan alam yang dapat Anda nikmati, seperti biaya sebesar 5,000 rupiah per orang tidak berarti.

Apalagi dengan harga tersebut, anda bebas menggunakan spot foto yang disediakan pengelola. Setidaknya, ada 10 spot foto yang dapat Anda gunakan, semuanya menarik.

Harga tiket masuk diatas masih harus ditambah lagi apabila anda membawa kendaraan pribadi. Untuk retribusi parkir tentunya, sepeda motor sebesar 2.000 rupiah dan mobile 5.000 rupiah. Biaya tambahan diperlukan jika Anda ingin menikmati makanan dan minuman di kafe.

Aktivitas yang menarik Dilakukan

Aktivitas Menarik Bukit BengkaungFoto oleh Ivan Lin di Google Maps

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Bukit Bengkaung, bahkan semuanya menarik. Seperti halnya wisata alam, Anda dapat menikmati segala sesuatu yang tersaji.

Namun karena konsep wisatanya dipadukan dengan café dan spot foto, maka akan lebih banyak lagi kegiatan menarik yang dilakukan.

Wisata Kuliner

Bukit Bengkaung di Lombok Barat ini dibangun dengan konsep yang cukup unik, yakni dipadukan dengan kafe atau kedai makanan dan minuman.

Tidak ada salahnya apabila anda mencoba berwisata kuliner selama di wisata alam ini. Apalagi menu yang ditawarkan bervariasi, mulai dari makanan lokal hingga mancanegara yang rasanya cukup lezat dan nikmat.

Menikmati Keindahan Bukit Bengkaung

Satu hal yang harus diperhatikan ketika mengunjungi wisata menawan ini adalah menikmati panorama indahnya. Perbukitan memang menjadi pemandangan utama di sini, selain itu juga pematang sawah.

Namun ada lagi yang tidak kalah menarik, dan pastinya disesali jika terlewatkan. Panorama matahari terbenam dan matahari terbit, itulah yang paling dinantikan.

Foto tempat Berburu

Dikatakan tadi bahwa destinasi wisata ini tidak hanya mengandalkan meinedahan alam dan juga konsep café, namun juga tersedia spot foto.

Tidak dapat disangkal bahwa keberadaan spot ini semakin menarik minat wisatawan. Anda dapat mencoba semua spot, mulai dari sayap burung, pintu langit, dan bangku sederhana yang mengarah ke perbukitan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit BengkaungFoto oleh Erma Dn di Google Maps

Fasilitas yang ada di Bukit Bengkaung Lombok Barat cukup lengkap, jadi tidak ada yang perlu anda khawatirkan. Area parkir yang disediakan lumayan luas, kondisinya pun relatif aman.

Ada juga mushola bagi umat muslim yang ingin menunaikan ibadah. Toilet, spot foto, akses Wifi, dan ruang bersantai termasuk beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan secara gratis.

Bagi siapa bilang yang saat ini sedang berada di Lombok Barat, sangat memalukan apabila belum mengunjungi objek wisata yang kami bahas kali ini.

Tidak ada ruangan yang mempesona, ada spot foto, ada kedai kopi di kawasan, fasilitas ada di kawasan Bukit Bengkaung, dan tempatnya di tempat yang sama.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button