Tempat Wisata

Bukit Duyung Trawas, Taman Wisata Keluarga Hits dengan Alam di Mojokerto

harga tiket: Rp20.000, Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: JL.Raya Putri Duyung Bukit Trawas, Buntal, Kec. Trawas, Kab.Mojokerto, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Indonesia memiliki pesona alam yang menakjubkan hampir di setiap daerah, contohnya kota Mojokerto dengan Bukit Duyung Trawas. Dibangun pada tahun 2013, fasilitas wisata ini memiliki banyak keunggulan, terutama wahana dan permainan anak-anak. Maka tak heran jika setiap hari libur selalu dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah.

Bangunan dengan konsep modern yang dikelilingi keindahan alam menjadi salah satu daya tarik utama. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara selalu merasa betah saat mengunjungi tempat wisata ini. Apalagi jika harga tiket masuknya relatif murah untuk kelas spot yang menggambarkan begitu banyak daya tarik.

Umumnya, pengunjung melakukan kegiatan seperti pertemuan, pelatihan, bahkan hanya sekedar refreshing bersama keluarga. Beberapa instansi sekolah dan perusahaan juga sering mengadakan acara di lokasi dekat kawasan pegunungan ini. Tentunya jika Anda tertarik dan ingin mendalami lebih dalam.

Atraksi Dugong Bukit Trawas

Atraksi Putri Duyung Bukit TrawaSumber Gambar: Google Maps Adhie Murdiyanto

Pesona alam yang indah dan sejuk bukan satu-satunya daya tarik Bukit Duyung Trawas. Masih banyak yang perlu Anda ketahui yang dapat menjadi alasan nyata untuk pergi ke sana. Berikut kami rangkum beberapa yang paling penting, mungkin ada satu yang sudah tidak sabar untuk Anda tunggu!

1. Wahana Water Boom

Tidak hanya anak-anak saja yang menyukai permainan air seperti di Waterboom, tetapi juga banyak orang dewasa. Anda bisa berenang, menunggu air terciprat di ember raksasa atau sekadar bermain di pancuran. Untuk alasan keamanan, Anda harus mengawasi anak di bawah umur. Jika perlu, sediakan jaket pelampung yang bisa Anda pinjam dari lokasi persewaan yang tersedia.

2. Rubah terbang

Dengan cara ini keberanian seorang anak bisa diuji. Flying Fox di Bukit Duyung Trawas cukup menantang. Pasalnya, ketinggian dan jarak ke daratan cukup jauh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada staf yang profesional dan terlatih untuk menemani Anda. Jika perlu, Anda juga bisa mencoba hanya untuk membuktikan bahwa Anda cukup berani melakukannya.

3. Bersepeda di atas tali

Pernahkah Anda merasa seperti sedang bersepeda di atas tali? Jika belum, Anda harus mencobanya. Selain keseimbangan, spot ini juga membutuhkan keberanian. Tempat di mana Anda bersepeda cukup tinggi, jadi cobalah untuk tidak melihat ke bawah. Apa ini berbahaya? Tentu tidak, karena semua ini hanyalah salah satu arena wisata yang menarik. Prosedur keamanan adalah standar dan terus ditinjau.

4. Kebun binatang mini

Daya Tarik Bukit Dugong TrawasSumber gambar: Google Maps bayu prabudi

Tidak seperti kebun binatang, namun kehadiran kebun binatang mini melengkapi daftar tempat yang wajib dikunjungi. Koleksi hewan lucu dan unik menjadi daya tarik tersendiri. Sangat cocok sebagai bahan edukasi untuk anak-anak dan mengenalkan mereka pada hal-hal yang berhubungan dengan binatang.

5. perkemahan

Masih dari segi pendidikan, kali ini seputar kelestarian alam dan lingkungan. Perkemahan di Wisata Bukit Duyung Trawas menjadi daya tarik tambahan yang patut mendapat perhatian. Anda bisa melatih kerjasama peserta tour atau keluarga yang datang ke lokasi. Selain itu, kegiatan berkemah juga penting untuk membuat interaksi antara manusia dan alam menjadi nyata.

Lokasi Alamat dan Rute Lokasi

Rute lokasi lokasi Bukit Trawas DugongKredit foto: Google Maps Mahmula saja

Bagi Anda yang berencana untuk segera berkunjung, jangan lupa alamat lengkapnya di Jl. Raya Duyung Bukit Trawas, Buntal, Dugong, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Dari Surabaya ambil arah menuju Trawas dengan jarak tempuh sekitar 50 km dan waktu tempuh sekitar 2 jam atau lebih.

Bagi anda yang sudah sampai di kota Mojokerto, jaraknya tidak terlalu jauh. Silakan ambil petunjuk arah ke Pacet yang kemudian akan diteruskan ke Trawas. Jalannya tidak terlalu bersahabat dalam artian banyak tanjakan yang harus dilalui. Oleh karena itu, kita harus tetap berhati-hati, apalagi di sekitar jalan yang dilalui terdapat jurang.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Masuk Bukit Mermaid TrawasKredit foto: Google Maps anggara jaya wardhana

Berbeda dengan tempat wisata lain yang benar-benar murni keindahan alamnya seperti air terjun atau puncak bukit, harga tiket masuk Bukit Duyung Trawas bisa dikatakan sedang. Anda harus membayar 20.000 rupiah untuk satu orang. Anda kemudian harus membayar lagi untuk tempat atau wahana lain.

Ada juga paket tabungan yaitu 190.000 untuk paket tabungan reguler, 240.000 untuk paket tabungan standar dan paket tabungan premium seharga 290.000 rupiah. Semuanya dalam satu hari untuk setidaknya 30 orang dengan waktu operasi harian dari pukul 08:30 hingga 16:00.

Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Duyung Trawas Hilo

Trawas Hil Mermaid Kegiatan yang menarikKredit foto: Google Maps Zee Traz

Dalam satu hari bisa dipastikan Anda tidak akan bisa menyelesaikan aktivitas yang ada. Hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan menarik yang perlu dilakukan. Di sini kami telah mengumpulkan beberapa hal yang harus dilakukan agar Anda tidak menyesal pergi!

1. Berenang di waterboom

Anda dan rombongan bisa berenang seperti wahana Waterboom lainnya. Desain modernnya unik dengan payung warna-warni yang digantung di tepi kolam renang. Selain itu, terdapat gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat atau berteduh.

Bukan itu kelebihannya, tapi dalam arti suasana sejuk dan tetap asri. Anda juga dapat memilih kedalaman yang Anda inginkan, karena tingkat kedalaman bervariasi di lokasi kolam. Untuk anak-anak ada seluncuran air yang pasti bisa menambah keseruan mereka. Bentuknya melingkar seperti pengusir nyamuk, jadi sebaiknya tetap berhati-hati dan selalu jaga posisi.

2. Kegiatan Outbound

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata menarik ini adalah Bukit Duyung Trawas, yaitu jalan menuju ke sana. Nikmati flying fox, tali rendah, jembatan gantung dan banyak lagi dalam satu paket. Berada di dekat pegunungan dengan udara alami yang sejuk tidak menghentikan aktivitas outdoor. Ada juga aktivitas outdoor yang menantang, arung jeram, berani nggak?

3. Menikmati panorama alam

Selain itu, menarik untuk dilakukan di luar ruangan ketika Anda tidak menikmati pemandangan alam. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk dan akses kecil ke hutan memastikan suasana alam yang asri. Ke mana pun Anda melihat, tanaman hijau dan rindang selalu menjadi rambut di depan mata Anda.

Jika Anda beruntung dan tidak ada kabut tebal, Anda dapat melihat tiga gunung yang mengelilingi tempat itu. Ada Gunung Penanggungan, Gunung Welirang dan Gunung Arjuna di sebelah utara dan selatan.

4. Main ke air terjun

Kegiatan menarik di Duyung Trawas HilKredit foto: Google Maps Thoroughbred

Siapa sangka di balik banyaknya wahana dan taman bermain juga terdapat air terjun yang menunggu kedatangan Anda. Lokasinya sangat dekat dari tempat anda pergi ke luar negeri, sekitar 500m. Menurut tempat wisata itu namanya juga Air Terjun Putri Duyung Bukit Trawas. Kolamnya juga tidak terlalu dalam sehingga aman untuk bermain air.

5. Potret Diri

Kegiatan rekreasi belum lengkap jika belum melakukan kegiatan yang satu ini, yaitu foto selfie. Banyaknya tempat di luar sana yang semuanya indah bisa mengikis ingatan Anda. Sudut mana pun dapat menghasilkan bidikan yang bagus bahkan jika Anda bukan ahli fotografi.

Misalnya, Anda bisa mengambil latar belakang patung yang berdiri di sana. Sebagian besar patung memakai pakaian Jawa, tetapi ada juga pahlawan super seperti Hulk atau Spiderman. Spot foto menarik lainnya adalah sepeda gantung yang bisa menciptakan kesan unik.

6. Wisata kuliner

Wisata kuliner sengaja kami hadirkan di bagian terakhir, karena kegiatan ini sering terjadi di akhir perjalanan. Anda bisa menyantap berbagai makanan khas Jawa Timur seperti soto, rujak, tahu campur dan pecel. Lokasi cukup luas, ada juga bacaan dan tempat duduk seperti resto.

Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh kembali, ada juga buah khas kota Mojokerto yaitu durian wonosalam. Harganya terjangkau dan biasanya ditawarkan di rumah warga sekitar atau di kios buah khusus. Tidak hanya bisa dibawa pulang, Anda juga bisa menikmatinya di tempat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit Dugong TrawasKredit foto: Google Maps AF print

Sebagai tempat wisata yang cukup ramai pengunjung, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti pendopo, mushola, toilet yang nyaman dan bersih. Fasilitas yang pasti tidak ketinggalan adalah tempat parkir mobil yang luas dan aman untuk memarkir kendaraan Anda.

Demikian informasi mengenai tempat wisata Bukit Duyung Trawas di Kota Mojokerto, Jawa Timur. Jika Anda tertarik, segera datangi tempat tersebut dan cobalah untuk mengunjunginya saat liburan, karena banyak turis lain yang ingin merasakan hal yang sama seperti Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button