Tempat Wisata

Bukit Surowiti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Buat kamu yang berencana pergi berlibur bersama teman atau keluarga tapi bingung mau ke mana? Cobalah objek wisata yang satu ini yaitu Bukit Surowiti. Bukit Surowiti terletak di Desa Surowiti Panceng-Gresik, sekitar 40 kilometer dari kota Gresik. Objek wisata ini berada di ketinggian 260 meter di atas permukaan laut. Kawasan wisata Bukit Surowiti yang dulunya merupakan tempat pertapaan Sunan Kalijaga merupakan sebuah desa yang dihuni oleh lebih dari dua ratus keluarga.

Tidak hanya banyak pengunjung yang datang untuk berwisata atau mempelajari kisah Wali Songo, banyak juga pengunjung yang menginginkan hal-hal lain yang tidak baik dan menyesatkan. Di sini juga terdapat berbagai tempat terkenal lainnya, seperti: Petilasan Kali Buntung, Makam Mpu Supa, Makam Raden Bagus Mataram, Tapa Ngluweng Petilasan, Sunan Kalijaga dan Gua Langseh. Mereka adalah tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Rahasia lama ini terungkap ketika Sunan Kalijaga datang ke Bukit Surowiti. Di tempat inilah Sunan Kalijaga mengasah ilmu agama dan kesaktiannya di bawah asuhan Sunan Bonang.

Kawasan Petilasan di puncak Bukit Surowiti dapat dicapai dengan ratusan anak tangga. Setelah sampai di Desa Surowiti, Anda akan menjumpai lahan kosong yang dipenuhi hutan jati dan sebagian diantaranya merupakan sawah milik warga desa. Kawasan Petilasan terpisah dari pemukiman warga dan terletak di daerah perbukitan. Di sini juga terdapat Pring Silir (tongkat Sunan Bonang), Sunan Kalijaga mendapat ujian untuk menjaga tongkat gurunya. Seiring berjalannya waktu, tumbuhlah rumpun bambu dari batang tebu yang kini dikenal dengan nama Pring Silir.

Fasilitas dan akomodasi di objek wisata Bukit Surowiti

Anda juga perlu mengetahui apa saja sarana dan prasarana yang ditawarkan objek wisata ini. Di sini para pengunjung di sekitar Bukit Surowiti ditawari tempat peristirahatan. Di sini pun toilet disediakan di berbagai titik sehingga pengunjung tidak perlu buang air kecil atau besar. Karena tempat ini dianggap keramat, maka sebaiknya Anda tidak buang air kecil sembarangan, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan pada Anda di tempat ini.

Kawasan ini ramai dikunjungi pengunjung pada hari Senin dan Kamis. Selain itu, kawasan ini juga sering dikunjungi oleh para peziarah, mulai dari pegawai negeri sipil, tokoh masyarakat, ulama, dan masyarakat umum. Ada yang kesana untuk mencari berkah dan meditasi, ada juga yang sekedar ingin tahu. Dan yang lebih mengejutkan lagi, ada pengunjung atau peziarah yang sudah berbulan-bulan menginap di sini.

Berburu foto di objek wisata Bukit Surowiti

Bukit Surowiti juga bisa Anda jadikan sebagai objek wisata Pekerjaan Ambil foto bersama teman atau keluarga. Anda bisa mengambil foto di berbagai tempat untuk mengenang momen Anda bersama teman dan keluarga. Satu dari Pekerjaan Kesejukan yang terkenal ada di sini!

Dengan suasana alami dan ketinggian, spot ini sangat cocok untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Namun harap berhati-hati, karena pengunjung di sini juga banyak. Bisa jadi aktivitas yang Anda lakukan membuatnya tidak nyaman. Anda juga dapat mengambil foto di tempat lain, mis. B. Gua Langseh, Gua Kali Bungsuh, dll. Namun karena tempat ini dikenal keramat dan keramat, mohon diperhatikan perilaku dan cara berbicaranya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Wisata Bukit Kerang, Keunikan Berwisata Sambil Belajar Sejarah Masyarakat Zaman Dahulu

Akses jalan menuju objek wisata Bukit Surowiti

Akses jalan menuju objek wisata Bukit Surowiti terbilang mudah. Jika Anda berada di kawasan Lamongan, waktu berkendara menuju Bukit Surowiti hanya 1 jam tergantung kondisi jalan. Jika Anda tidak berada di kawasan Lamongan pasti membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke sana. Untuk lebih jelasnya lihat peta dibawah ini:

Takut tersesat? Agar tidak tersesat dan sampai dengan selamat di tempat tujuan, Anda bisa menggunakan panduan perjalanan dari Internet atau peta seperti Google Maps. Kawasan ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun empat. Sesampainya di sana, Anda bisa memarkir kendaraan Anda di kantor Kepala Desa Surowiti. Selanjutnya harus berjalan kaki sejauh 200 meter untuk sampai ke tempat ini. Cukup sederhana, bukan?

Biaya masuk Wisata Bukit Surowiti

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang (belum termasuk biaya parkir)

(Diperbarui September 2023)

Jam buka bagi wisatawan di Bukit Surowiti

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore

Tips berlibur di objek wisata Bukit Surowiti

Jika Anda sudah merencanakan liburan ke objek wisata ini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda memiliki perbekalan yang cukup seperti makanan ringan atau minuman. Untuk menjaga keindahannya, jangan biarkan kawasan ini dibiarkan begitu saja. Karena tempat ini terkenal suci dan suci, maka Anda juga perlu bersikap sopan dan menjaga perilaku saat berada di sini. Dan bagi Anda yang ingin mengambil foto asyik, jangan lupa untuk menyiapkan kamera dan ponsel dengan baterai terisi penuh. Namun yang lebih penting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan sepanjang perjalanan dan di objek wisata Bukit Surowiti.

Ini adalah ulasan singkat tentang Bukit Suroviti, Objek wisata religi yang penuh misteri. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan semoga liburan Anda menyenangkan!

Galeri Foto Bukit Surowiti

Selamat datang di Bukit Surowiti
Potret Bukit Suroviti
Spot foto di atas batu besar

Berburu foto romantis
Pemandangan dari Bukit Surowiti

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button