Tempat Wisata

Bukit Teletubbies Bromo, Selandia Baru Bertemu Destinasi Wisata Alam

harga tiket: Rp 29.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Gedong, Sariwani, Kec. Sukapura, Kab.Probolinggo, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Bukit Teletubbies adalah salah satu destinasi paling terkenal di Bromo. Hal ini dikarenakan keunikan namanya serta keindahan alamnya yang menghijau. Bentuknya yang berbukit-bukit mengingatkan pengunjung akan rumah Teletubbies di serial televisi anak-anak. Karena keunikannya, bukit-bukit ini menjadi tempat yang sangat ramai dikunjungi.

Awalnya, Gunung Bromo hanya memiliki dua destinasi populer, yaitu Sunrise dan Kawah Bromo. Kemudian, sejak pintu masuk melalui Kota Malang dibuka melalui jalur Tumpang, kini ada dua destinasi yang lebih populer yakni Laut Pasir Bromo dan Bukit Teletubbies. Dengan sabana yang tidak jauh dari perbukitan, kawasan ini memberikan kesan eksotis, terutama bagi pecinta fotografi.

Tak hanya sebagai tempat eksotis untuk berfoto, perbukitan ini juga menjadi pilihan untuk mengisi liburan di Probolinggo. Semakin populer destinasi wisata ini, semakin banyak pula pengunjung yang datang. Apalagi saat musim liburan panjang atau hari libur nasional, destinasi wisata ini akan semakin ramai.

Daya tarik yang dimiliki Bukit Teletubbies

Atraksi Bukit TeletubbiesSumber gambar: Google Maps Cicilia Nuryati

Wisata Bukit Teletubbies kini semakin populer. Dengan berbagai atraksinya, kawasan ini menjadi semakin populer, terutama bagi pecinta fotografi. Selain itu, kawasan ini juga sangat populer sebagai tempat peristirahatan. Berikut beberapa atraksi yang membuat destinasi wisata di gunung bromo ini ramai.

1. Keindahan perbukitan

Fitur yang menjadi daya tarik utama Bukit Teletubbies adalah padang rumput yang luas di atas perbukitan. Tidak hanya rerumputan, di bukit ini juga terdapat tumbuhan paku, ilalang dan lavender yang membuat pemandangan semakin indah. Daerah ini memiliki udara yang sejuk dengan semilir angin yang bertiup untuk menyegarkan kembali semangat.

Sangat layak untuk menjelajahi daerah ini. Pengunjung yang berjalan di antara perbukitan akan merasa seperti berada di rumah hobbit. Jika punya tenaga lebih, pengunjung juga bisa mendaki bukit untuk melihat pemandangan indah dari atas. Dengan daya pikat keindahannya, banyak yang mengatakan apakah kawasan ini terlihat seperti pemandangan di Selandia Baru atau Skotlandia.

Untuk view terbaik, Anda bisa berkunjung saat pergantian musim hujan ke musim kemarau. Jika Anda datang saat musim hujan, akses jalan akan jauh lebih sulit. Namun, jika Anda datang saat musim kemarau, rumput akan mengering dan tidak hijau. Datanglah di waktu yang tepat, maka Anda juga akan mendapatkan lebih banyak keindahan.

2. Badut Teletubbies

Di area ini Anda akan disambut oleh badut Teletubbies yang siap berfoto bersama Anda. Badut-badut ini menjadi daya tarik yang melengkapi area ini sehingga benar-benar terlihat seperti di serial TV populer 90-an. Meski tak banyak yang tertarik dengan keberadaan badut ini, kini banyak pengunjung yang diajak berfoto.

Keberadaan badut Teletubbies ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan pengelola taman nasional untuk menghibur pengunjung. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk berfoto dengan para badut Teletubbies ini. Karena jika Anda berada di Bukit Teletubbies, Anda pasti akan melewatkannya kecuali Anda sendiri yang pernah berfoto dengan Teletubbies.

3. Matahari terbit

Salah satu atraksi yang tidak boleh dilewatkan adalah matahari terbit. Momen ini banyak diminati pengunjung karena keindahannya yang memukau. Matahari terbit akan membuat perpaduan yang indah saat menerpa rerumputan hijau di perbukitan. Sangat eksotis dengan latar belakang Gunung Bromo yang megah.

Sayangnya, cuaca tidak selalu cerah. Terkadang perbukitan dipenuhi kabut. Tak perlu kecewa karena kabut yang memenuhi bukit justru membuat suasana semakin sejuk. Udara juga terasa lebih sejuk sehingga Anda kembali segar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Biket TeletubbiesKredit foto: Google Maps iis airlia

Bukit Teletubbies terletak di Jawa Timur, daerah sekitar Gunung Bromo dan Anda dapat berkendara ke Bukit Teletubbies melalui Malang, Probolinggo, Pasuruan atau Lumajang. Pintu masuk Kota Malang melalui jalur Tumpang adalah cara yang paling dekat jika dihitung jarak dari loket masuk ke tempat puncak bukit. Oleh karena itu, jalur Tumpang melalui Kota Malang adalah yang tersibuk.

Untuk rute sendiri, Anda bisa langsung menuju Tumpang jika berkendara ke arah Gubug Klakah dari Kota Malang. Anda akan menemukan rest area untuk memarkir kendaraan pribadi Anda karena untuk melanjutkan perjalanan Anda harus menggunakan jeep atau sepeda motor trail karena aksesnya cukup sulit.

Dari rest area ini, perjalanan selanjutnya akan cukup berliku dengan banyak tanjakan. Jalan yang tersedia juga sempit. Tidak mudah untuk dilewati, tapi sangat seru dan menyenangkan. Sepanjang perjalanan Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah seperti pemandangan hutan dan terkadang diselingi perkebunan sayuran.

Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 15 menit untuk sampai ke pintu masuk Coban Pelangi, loket tiket masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Anda juga bisa beristirahat sejenak karena di halte ini terdapat toilet dan warung makan dan minum untuk mengisi perut atau membawa bekal.

Jalan menuju lokasi tidak terlalu jauh. Setelah sampai di Desa Ngadas, Anda akan segera sampai di Jemplang, jalur percabangan menuju lokasi dan jalur pendakian di Gunung Semeru. Anda hanya perlu belok kiri untuk mencapai Bukit Teletubbies. Hanya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit berkendara dari cabang ini.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Bukit TeletubbiesKredit foto: Google Maps Muhammad Lutfi

Anda tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Bukit Teletubbies, jadi siapkan uang untuk menyewa jeep atau motor trail. Sewa Jeep berkisar antara Rp 1,2 juta hingga Rp 1,5 juta per hari. Dengan harga tersebut Anda akan ditemani oleh pengemudi off-road.

Untuk berjaga-jaga jika tidak keluar, Anda bisa memesan jeep dari penginapan, homestay atau hotel yang biasa bekerja sama dengan masyarakat bromo. Sementara itu, jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu yang seru, Anda bisa menyewa sepeda motor trail. Harga sewa rata-rata adalah Rp 200.000 hingga Rp 300.000 per hari.

Sebelum menuju ke tempat tersebut, Anda juga perlu membayar tiket masuk kawasan taman nasional. Harga tiket berbeda antara hari kerja dan hari libur. Untuk wisatawan lokal, harga tiketnya Rp 29.000 per orang di hari biasa dan Rp 34.000 di hari libur. Sedangkan untuk turis asing dikenakan biaya Rp 220.000 pada hari biasa dan Rp 320.000 pada hari libur.

Kegiatan menarik di Bukit Teletubbies

Aktivitas di Bukit TeletubbiesKredit foto: Google Maps KakarotoGenx

Ketika Anda mengunjungi Gunung Teletubbies Bromo Anda tidak akan bosan karena ada begitu banyak kegiatan yang harus dilakukan. Kegiatan ini juga sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang. Tidak hanya bisa menyegarkan kembali semangat, liburan di destinasi wisata ini juga akan meninggalkan kesan yang menyenangkan.

1. Ambil foto

Tempat yang eksotis sayang sekali jika tidak menyempatkan diri untuk berfoto. Tentu saja Anda harus datang di waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan. Juga karena keindahannya, tak jarang kawasan ini menjadi tempat perayaan prewedding. Anda juga bisa menelusuri destinasi wisata ini untuk mencari spot foto terbaik lainnya.

Jangan lupa untuk berfoto dengan para badut Teletubbies. Kehadiran badut ini tidak hanya menambah kemiripan tempat ini dengan serial TV anak-anak sehingga akan menghibur Anda dengan nostalgia, tetapi juga bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan jika Anda pernah berkunjung ke destinasi wisata ini. Plus, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk memotretnya.

2. Pengejaran Matahari Terbit

Jika Anda sangat menyukai momen sunrise, maka Bukit Teletubbies sangat cocok untuk menunggu momen tersebut. Keindahan yang disuguhkan kepada Anda begitu indah sehingga Anda tidak akan menyesal datang ke kawasan ini lebih awal. Perpaduan sinar matahari yang menyinari perbukitan pasti akan memanjakan mata Anda.

Matahari terbit juga akan menawarkan keindahan yang lebih indah. Rerumputan dan pakis yang menyebar akan terlihat lebih jelas dengan latar belakang perbukitan yang berjejer. Terkadang tebing di sekitarnya diselimuti kabut, namun hal ini juga menambah keindahan pemandangan dan membuatnya lebih segar untuk dipandang.

3. Tenang

Kegiatan menarik di Bukit TeletubbiesKredit Foto: Instagram Romantic Breakfast Bromo

Tidak jauh dari Gunung Teletubbies Bromo terdapat padang sabana. Lokasi sangat dekat dengan gunung bromo dan cukup terpencil. Anda bisa datang ke daerah tersebut untuk bersantai dan menyegarkan diri. Area ini memang cukup luas, jadi tidak terasa ramai, meski pengunjungnya banyak. Anda masih bisa merasakan ketenangan dan kesegaran udara di sekitarnya.

4. Berkendara

Berkuda adalah olahraga yang menyenangkan. Banyak juga yang memiliki hobi menunggang kuda. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mencoba menikmati sensasi berkendara di antara perbukitan yang hijau, segar dan indah dipandang mata. Ada persewaan kuda di kawasan yang sudah disediakan bagi pengunjung yang datang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Bukit TeletubbiesKredit foto: Google Maps Dzikruli Ibrahim

Fasilitas yang tersedia di kawasan Bromo sebenarnya cukup lengkap. Parkir mobil yang luas dan aman tersedia di area interchange untuk memarkir kendaraan pribadi Anda, baik roda dua maupun empat. Fasilitas yang sudah pasti di tempat adalah persewaan jeep dan trail bike untuk melanjutkan perjalanan.

Ada juga mushola, pos satpam, dan toilet umum. Di rest area juga terdapat penjaja makanan untuk mengisi perut dan membawa bekal ke Bukit Teletubbies karena tidak ada penjaja lain di dekat lokasi. Selain menyewakan kendaraan berupa jeep dan sepeda trail, juga ditawarkan penyewaan kuda.

Namun, di sekitar kawasan perbukitan ini tidak ada pepohonan yang rindang, yang ada hanya hamparan rerumputan yang luas. Karena itu, Anda perlu menyiapkan kacamata hitam, topi, serta tabir surya untuk melindunginya dari sinar matahari. Saat udara dingin, Anda juga membutuhkan perlengkapan untuk menghangatkan tubuh, seperti jaket, sarung tangan, syal dan lain-lain.

Gunung Teletubbies Bromo adalah salah satu tujuan wisata paling populer saat ini karena memiliki hamparan perbukitan hijau. Ini seperti dibawa ke rumah Teletubbies, karakter dari serial televisi anak-anak. Dengan keindahannya yang eksotis, tempat ini menjadi pilihan untuk mengambil foto yang indah dan sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button