Tempat Wisata

Curug Cileat, pesona air terjun mitos yang indah di Subang

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Kec. Cisalak, Cab. Subang, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Keindahan pariwisata alam tidak terbatas untuk dinikmati. Selain itu, Indonesia memiliki banyak pesona alami dari berbagai benda wisata. Panggil aku Curug Cileat di Subang, Java Barat. Pesona alaminya terletak pada bentuk air terjun dengan debit air yang cukup kuat. Karena kecepatan, semburan air yang jatuh dari ketinggian dapat menyebar ke beberapa meter mangsa.

Lokasinya di tengah hutan dan pegunungan menjadikan pariwisata air ini menjadi fokus perhatian banyak pelancong. Terutama bagi mereka yang menikmati hiking, jarak yang ditempuh bisa menjadi tantangan tersendiri. Alasannya adalah untuk dapat mencapai air terjun yang harus Anda jalani 2 jam penuh dari tempat parkir. Jalan menuju menyeberang tidak mudah, seperti kontur pegunungan dan hutan, ada banyak hambatan untuk dilintasi.

Namun, keindahan alam di sekitarnya selama perjalanan dapat langsung membuat kelelahan hilang. Pohon yang subur dan batu dengan ukuran yang berbeda akan menjadi teman yang loyal. Suara alam melalui pohon bernyanyi dalam angin dan juga serangga adalah alasan mengapa tantangan ini harus dilakukan.

Pemandangan Curug Cileat

Daya tarik air terjun cileatKredit Foto: Google Maps Muhammad Fadil

Daya tarik Curug Cileat adalah alasan utama mengapa banyak pengunjung di luar kota ingin mengunjungi daerah tersebut dan mencoba tantangan baru. Selain menjadi air terjun, Anda mungkin tertarik pada beberapa hal tentang air terjun tertinggi di Kabupaten Subang.

1. Sejarah dan Mitos

Tidak dapat disangkal bahwa Indonesia adalah harta karun mitos dan sejarah yang harus dipercayai oleh penduduk setempat, termasuk yang ada di Curug Cileat. Dipercayai bahwa pernah ada dua pangeran yang berlomba. Kontes yang dimaksud dikatakan sebagai pesaing pertama yang tiba di laut.

Keduanya mengambil arah yang berlawanan, pangeran pertama mengambil arah utara, yang pada akhirnya berarti “tipereat,” yang berarti “tergelincir.” Dengan kejadian ini, ia menjadi pemenang karena ia adalah orang pertama yang tiba di laut. Sementara itu, pangeran kedua mengambil arah ke selatan dan akhirnya kalah, jadi dia sedih, dalam bahasa Sunda itu berarti “menghukum”.

Pada akhirnya, istilah “TipeReat” menjadi nama Cileat, yang masih digunakan sampai sekarang sebagai nama Curug. Istilah “Pugung” diyakini sebagai asal dari nama sungai Cikapundung.

2. Pesona 4 Kurug

Selama perjalanan Anda tidak hanya akan disertai dengan suara sungai dan pohon. Sebelum Anda mencapai air terjun utama, Anda akan disajikan dengan 3 air terjun lagi. Curug Cimuncang, Curug Cimuncang Pasir dan Curug Citorok masing -masing adalah nama air terjun yang dimaksud.

Semua lokasi berbeda tetapi tidak terlalu jauh. Tidak ada yang salah dengan mampir untuk mengisi bahan bakar atau meluangkan waktu untuk bermain di air. Cukup indah, karena ketinggian air terjun dapat mencapai 70 meter.

3. Tinggi air terjun

Daya tarik lain adalah tinggi badannya, yang mencapai 100 meter di atas permukaan. Juga, limpasan air dan arus mengalir dengan sangat cepat, terutama ketika datang ke musim hujan. Suara alam ketika air bertabrakan dengan batu dan juga permukaan kolam membuat liburan terasa lebih menarik. Anda dapat menyegarkan pikiran Anda dengan berfokus pada mendengarkan suara.

Alamat dan rute ke lokasi

Alamat Curug CiliaatKredit Foto: Google Maps Sky Terima kasih

Catatan pertama alamat air terjun cileat sebelum pergi ke sana yaitu Cibogo, Cupunagara, Gardusayang, Cisalak, Subang, Jawa Barat. Ini memungkinkan Anda untuk menemukan rute terbaik untuk sampai ke lokasi.

Berbicara tentang rute, ada dua rute yang dapat Anda ambil, melalui pegunungan atau melalui sawah. Rute pertama dapat disebut lebih aman, tetapi jaraknya cukup panjang. Dikatakan aman karena ada jalan yang cukup jelas, jadi kemungkinan tersesat sangat kecil.

Alternatif kedua adalah padi, yang tidak disarankan jika Anda melintasi mereka sendiri. Itu berarti Anda harus mempekerjakan penduduk setempat selama perjalanan. Ini karena jejaknya kurang jelas, sehingga Anda bisa tersesat di pertengahan Journey. Namun, beberapa pendaki lebih suka rute ini karena jaraknya tidak terlalu jauh.

Dibutuhkan setidaknya 2 jam untuk tiba di tempat itu. Tidak sedikit waktu jika dilakukan dengan berjalan kaki. Namun, Anda kadang-kadang dapat berhenti di tengah perjalanan dengan berhenti di pantai untuk beristirahat atau mengisi perut kosong.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket untuk air terjun CileatSumber Gambar: Google Maps Ada Tandi

Bukan ongkos atau harga tiket mahal, tetapi biaya untuk sampai di sana. Untuk HTM (harga tiket) itu sendiri hanya 10.000 rupiah per orang dengan pesona air terjun di Curug Cileat.

Anda juga dapat berkemah jika diinginkan, sedikit lebih mahal daripada hanya menikmati panorama air yang jatuh dari ketinggian yang merupakan 20.000 rupiah. Untuk aktivitas yang satu ini, siapkan peralatan yang diperlukan sendiri karena manajer tidak menyediakannya.

Hal -hal menarik untuk dilakukan di Curug Cileat

Kegiatan di Curug CileatKredit Foto: Instagram Jejen Jaenudin

Seperti halnya pariwisata alam, ada banyak kegiatan menarik, terutama jika Anda bepergian dalam kelompok. Beberapa kegiatan cocok untuk adrenalin, beberapa hanya dikejar sebagai hobi. Berikut ini adalah aktivitas Curug Cileat yang biasanya dilakukan oleh para pelancong dari berbagai daerah!

1. Mandi di kolam cileat curug

Selain itu, ini adalah kegiatan yang menyenangkan ketika Anda tidak mandi di air terjun atau bermain di air. Penduduk setempat percaya bahwa mandi di air terjun yang indah ini, yang terletak jauh dari bagian dalam hutan, memiliki banyak manfaat kesehatan.

Oleh karena itu, di jalan utama ke situs Curug, ada prasasti A (T) Strounot, yang merupakan singkatan dari “sejuta air terjun Rinai dan oksigen alami untuk terapi”. Manfaatnya dapat diperoleh dengan langsung berada di bawah air terjun. Tetesan air yang diyakini menghilangkan atau mencegah penyakit.

2. Kegiatan hiking yang menantang

Mereka yang tidak suka tantangan memiliki banyak hal untuk dikeluhkan dan tidak ada yang menarik tentang aktivitas yang satu ini. Namun, bagi mereka yang memiliki semangat petualang sejati, hal -hal seperti itu dapat merangsang adrenalin dan menjadi kegiatan wajib yang harus dilakukan.

Seperti disebutkan di atas, jalan yang curam dan miring selalu ada untuk menghiasi perjalanan. Belum lagi kontur batu dan tanah yang membutuhkan kehati -hatian di setiap langkah. Prosesnya juga panjang, 2 jam adalah waktu perjalanan minimum, bisa lebih lama jika perjalanan Anda sering terhalang.

3. Foto dengan adegan alam

Kegiatan menarik di Curug CileatKredit Foto: Google Maps Holie Joe

Kegiatan menarik yang tidak dapat dilewatkan bahkan saat liburan adalah selfie atau mengambil foto bersama. Saat mengemudi ke Curug Cileat ada banyak bintik -bintik liar yang dapat Anda gunakan sebagai latar belakang foto yang menarik. Aktivis media sosial pasti akan menyukai aktivitas foto ini.

Terutama ketika itu bukan hanya satu atau dua air terjun, tetapi lima air terjun yang dapat Anda ubah menjadi tempat foto yang menarik. Warna pohon dari spesies yang berbeda juga dapat menghiasi bingkai foto dengan tampilan alami. Tiba di sungai, Anda dapat berhenti dan mencari batu besar yang berfungsi sebagai sudut foto yang tidak kalah menarik.

4. Berkemah bersama

Objek wisata Curug Cileat juga sering digunakan sebagai kegiatan keluar, terutama berkemah. Sebelum atau setelah menikmati keindahan air terjun, Anda dapat berkemah dan menginap jika diperlukan. Tempat ini cukup luas, sebelumnya digunakan sebagai desa untuk penduduk setempat.

Lokasi dekat air terjun utama, di sebelah Cimuncang Pasir. Jadi, Anda tidak perlu mengemudi bolak -balik dari air terjun ke perkemahan. Selain menikmati panorama alam di siang hari, Anda dapat menikmatinya di malam hari dengan hiburan nyanyian alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Curug CileatKredit Foto: Instagram Wen

Tidak ada banyak fasilitas yang akan Anda temukan di air terjun, jadi pastikan Anda menggunakan fasilitas umum seperti ruang doa, toilet, dan kios makanan sebelum memulai perjalanan panjang. Bawa pasokan yang cukup yang tidak sulit, perjalanan yang Anda lakukan tidak pendek.

Kurangnya kamar mandi atau ruang ganti di alun -alun utama bisa sangat merepotkan saat berganti. Tapi jangan khawatir, Anda dapat menemukan lokasi tersembunyi atau menggunakan kabin yang biasanya digunakan sebagai berhenti berhenti untuk melakukan ini. Anda juga dapat menggunakan Saung di sebelah air terjun untuk mengering atau melakukan pemanasan.

Bepergian untuk menyegarkan pikiran atau menyalurkan hobi memang diperlukan. Namun, keamanan harus selalu didahulukan. Selain itu, lokasi objek wisata Curug Cileat terkenal dengan keliaran alaminya jika dilihat dari jarak dan lokasi geografis. Tapi semuanya akan terbayar ketika Anda tiba di tempat dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button