Tempat Wisata

Curug Citambur Cianjur – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 7.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Karangjaya, Kec. Pasikuda, Kab.Cianjur, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Indonesia terkenal memiliki banyak tempat yang indah, salah satunya adalah tempat wisata alam. Jika Anda berkunjung ke Cianjur, Jawa Barat, Anda akan menemukan air terjun yang indah dan asri yang bernama Curug Citambur.

Bagi Anda yang penasaran dengan tempat wisata dan fasilitas di sana, berikut informasi lengkap tempat wisata tersebut. Air terjun ini terkenal dengan pemandangan hijaunya yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Penting untuk mengetahui informasi terutama alamat, itinerary dan daya tarik tempat wisata ini. Sehingga Anda tidak mengalami kesulitan saat ingin mencapainya atau berlibur ke sana bersama keluarga dan menikmati keindahan tempat wisata tersebut.

Daya tarik air terjun Citambur

Objek Wisata Air Terjun CitaburSumber Gambar: Google Maps Dadoz Inshaf

1. Pemandangan air terjun yang tinggi

Air terjun umumnya berukuran besar, sehingga menawarkan pemandangan khas air yang jatuh dari bebatuan atau tebing. Begitu pula dengan air terjun Citambur yang memiliki ketinggian fantastis sehingga air terjunnya indah untuk dipandang.

Ketinggian air terjun ini mencapai 100-120 meter, menjadikannya tempat yang tepat untuk bermain air dan menikmati pemandangan di sana. Air terjun ini juga merupakan salah satu air terjun dengan ketinggian lebih dari 100 meter di Indonesia, jadi saya tidak ingin melewatkannya.

2. Pemandangan alam khas hutan Jawa

Tidak banyak hutan di pulau Jawa, tetapi berbeda ketika Anda mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Anda dapat menemukan dan merasakan bagaimana menemukan hutan di Jawa.

Pemandangan alam di sekitar Curug Citambur masih alami, dikenali dengan rimbunnya tanaman hijau dan udara yang sejuk. Pemandangan di sekitar air terjun Citabur juga hijau segar sehingga sangat cocok untuk bersantai.

Ketika Anda tiba setelah perjalanan panjang, rasa lelah Anda hanya akan terbayar oleh pemandangan. Hutan yang indah, udara sejuk khas pegunungan, serta lumut dan tanaman yang beradu menjadikannya surga tersembunyi.

3. Air jernih

Daya tarik lain yang membuat air terjun ini banyak dikunjungi orang adalah airnya. Air terjunnya berwarna bening dan merupakan sumber mata air asli pegunungan. Anda dapat bermain dengannya atau hanya mencuci tangan dan kaki Anda setelah perjalanan panjang.

Berlawanan dengan suhu air yang ada, air di air terjun ini tidak begitu dingin, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk bermain di sana. Seperti diketahui, cuaca di sekitar Jawa Barat khususnya Cianjur cukup dingin namun Anda tidak perlu khawatir karena airnya tidak sedingin suhu yang ada.

4. Drainase air yang melimpah

Tempat Wisata di Air Terjun CitamburSumber gambar: Google Maps Ayo Menjelajah

Daya tarik lain dari Curug Citambur adalah debit air yang melimpah dan melimpah, sehingga wisatawan yang datang bisa bermain air atau sekedar mencuci tangan dan kaki. Bahkan, Anda tetap diperbolehkan mandi dengan air yang ada di sana karena bersih dan mudah didapat.

Namun, jika ingin berenang, disarankan untuk tidak berenang di bawah air terjun, melainkan di hulu sungai yang ada. Ini karena arusnya cukup kuat dan tiba-tiba bisa menarik wisatawan ke hulu.

Limpasan air yang besar ini terjadi tidak hanya pada musim hujan tetapi juga pada musim kemarau. Jadi Anda tidak perlu khawatir datang di musim hujan atau kemarau karena debit airnya masih melimpah.

5. Punya spot foto yang menarik

Selain bagus karena memiliki pemandangan alam yang asri, pengelola dan masyarakat juga memberikan fasilitas tambahan berupa teras atau spot foto yang menarik.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Curug Citambur, Anda tidak hanya akan menikmati pemandangannya saja, tetapi Anda juga dapat merekam film dokumenter yang menarik. Terdapat spot foto di tepi air terjun sehingga Anda bisa berfoto tanpa khawatir basah.

Alamat dan rute menuju lokasi Air Terjun Citambur

Alamat Air Terjun CitaburKredit foto: Google Maps Ridwan Ahmed

Bagi Anda yang penasaran dengan Air Terjun Citabur, jangan khawatir, lokasinya bisa dengan mudah ditemukan di peta. Terletak di Cianjur Selatan, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini di Air Terjun Citambur di Desa Karangjaya.

Untuk mencapai tempat ini dengan mudah, ada dua jalur yang bisa digunakan untuk menuju tempat wisata ini, antara lain:

1. Tentang Cianjur

Jalur pertama adalah melalui Cianjur, yang dimulai dari pusat kota Cianjur menuju Cilaku. Dari sana, Anda akan melewati beberapa kecamatan dan terus berjalan hingga mencapai Simpang Sinagar. Dalam waktu 40 menit Anda akan mencapai jalan berbatu yang disebut Pasir Kuda.

Akan ada tanda yang memberitahu Anda itu dekat air terjun ini. Ikuti saja papan petunjuknya dan tanpa mencari lama Anda akan menemukan gerbang air terjun ini.

2. Melalui Cidiwey

Jika Cianjur terlalu jauh untuk Anda, Anda bisa mengambil jalur Cidiwey yang merupakan jalur yang tepat jika datang dari Bandung. Setibanya di Cidiwey, Anda tinggal mengikuti papan petunjuk yang bertuliskan Wisata Alam Situ Patengan.

Namun sebelum sampai di tempat wisata, berbeloklah ke arah perkebunan teh Sinumbra. Ikuti petunjuk arah dan Anda akan sampai di Desa Karangjaya. Sesampainya di sana, Anda sudah sampai di tempat wisata air terjun.

Jika Anda kesulitan mengakses jalan menuju tempat wisata ini, kini sudah ada biro perjalanan yang menjadikannya tujuan wisata. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berkendara ke air terjun ini karena jalan memasuki pedesaan dan oleh karena itu tidak ada kendaraan umum.

Tiket masuk air terjun Citabur

Tiket masuk air terjun CitaburKredit foto: Google Maps Sigit Agustina

Jam buka tempat wisata ini adalah 24 jam, namun disarankan untuk mengunjunginya dari pagi hingga malam untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan. Hal yang sama terjadi jika Anda datang pada musim hujan, jika cuaca tidak baik maka tempat wisata ini akan ditutup.

Kemudian dari segi biaya masuk yang umumnya cukup terjangkau dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Untuk satu orang cukup membayar 7.000 rupiah, harga yang sama untuk anak-anak dan dewasa.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Citambur

Aktivitas Seru di Air Terjun CitamburKredit foto: Google Maps Muhammad Fadil

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini diantaranya:

1. Nikmati pemandangannya

Karena tempat wisata Curug Citambur menawarkan pemandangan yang indah, Anda bisa menikmati keindahannya sambil menghirup udara khas pegunungan. Terdapat bangku-bangku yang bisa ditempati wisatawan untuk menikmati keindahan pemandangan.

Selain itu, jika Anda lapar, jangan ragu untuk mencoba makanan khas di sekitar air terjun ini. Harga makanan yang ditawarkan yang dikelola oleh warga sekitar cukup terjangkau, Anda bisa membeli makanan lokal atau sekedar jajanan.

2. Jelajahi hutan

Karena air terjun ini terletak di dekat hutan, Anda dapat dengan mudah melakukan pencarian hutan di dekat tempat wisata jika Anda mau. Jangan khawatir, hutan di sekitar air terjun bisa dijamah manusia asalkan tidak menjelajah terlalu jauh.

Tumbuhan dan hewan khas hutan di Cianjur dan desa dapat ditemukan di dekat air terjun. Jalan di sekitar tempat ini tidak sebagus jalan setapak menuju air terjun, jadi pastikan Anda memiliki sepatu yang nyaman jika ingin menjelajahi Air Terjun Citabur.

3. Berburu selfie

Karena pemandangannya yang indah, Anda bisa berburu selfie atau pemandangan di sekitar air terjun. Pemandangan yang asri dan alami menjadikannya tempat yang tepat untuk berfoto, baik bagi mereka yang tertarik dengan pemandangan alam maupun keindahan pesona lingkungan yang ada.

Ada beberapa tempat yang dapat ditemukan oleh wisatawan yang berkunjung, tempat-tempat tersebut, spot foto yang tersedia dapat digunakan oleh wisatawan secara gratis tanpa khawatir menambah biaya tiket masuk.

4. Fitur air dan bak mandi

Sebagai air terjun, Anda diperbolehkan bermain air dan mandi di tempat wisata ini. Jika Anda tertarik untuk mandi atau bermain air, sebaiknya lakukan di area yang dangkal dan dekat dengan tepian.

Hal ini untuk mencegah wisatawan terhanyut dari Air Terjun Citabur. Apalagi jika Anda membawa anak kecil dan masih kesulitan untuk berenang dan bermain air. Anda bisa bermain di hulu sungai agar tidak terbawa arus air terjun setinggi 100 meter ini.

Fasilitas Wisata di Curug Citambur Cianjur

Fasilitas di Curug Citambur CianjurKredit foto: Google Maps Indrie Setya Lestari

Fasilitas yang tersedia di air terjun ini cukup lengkap karena sudah lama dibuka sebagai objek wisata. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola dan dipelihara oleh masyarakat adalah:

1. Tempat parkir luas

Untuk memfasilitasi tingginya jumlah wisatawan, terutama pada hari libur dan akhir pekan, akan disediakan area parkir yang lebih luas. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir jika ingin datang dengan rombongan besar.

2. Toilet bersih

Kebutuhan lain yang dibutuhkan wisatawan adalah fasilitas kamar mandi dan toilet yang bersih. Di Air Terjun Citambur, fasilitas toilet yang disediakan cukup memadai dan dapat digunakan secara bebas oleh wisatawan yang berkunjung.

3. Masjid

Bagi wisatawan muslim, mushola merupakan fasilitas penting di setiap tempat wisata. Di Curug Citambur terdapat mushola yang tidak hanya digunakan untuk sholat tetapi juga sebagai tempat bersantai setelah bermain air.

4. Warung dan warung makan

Last but not least, bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini jangan takut kelaparan karena ada warung dan warung makan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Itulah berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui jika ingin berkunjung ke Curug Citambur. Semoga informasi ini dapat memudahkan Anda, terutama yang berencana ke sana dalam waktu dekat, baik bersama keluarga maupun teman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button