Tempat Wisata

Curup Kereta Api Way Kanan – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Curup Kereta di Way Kanan merupakan destinasi wisata air terjun indah yang menyuguhkan aliran air yang mempesona dan menarik pengunjung untuk menikmati keindahannya.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kotabumi Waykanan Blambangan, Kecamatan Tangkas. Kasui, Kab.Way Kanan, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Bagi Anda para traveller, ada baiknya Anda menguji adrenalin di tempat wisata bernama Curup Kereta ini.

Pada zaman dahulu, Curup ini disebut Curup Helar dan digunakan oleh penduduk setempat untuk budidaya tradisional. Curup hits di Way Kanan merupakan salah satu objek wisata alam yang sayang untuk dilewatkan.

Berdasarkan informasi warga sekitar, air terjun tersebut digunakan sebagai media tenaga penggerak baling-baling atau penggilingan, yang kemudian digunakan Helar sebagai alat penumbuk padi. Air terjun ini semakin populer setelah dikunjungi oleh tim My Trip My Advanture pada tahun 2017.

Sejak saat itu, jumlah wisatawan yang datang ke Curup Kereta semakin meningkat setiap harinya. Tak hanya wisatawan nusantara, namun juga wisatawan mancanegara. Keunikan yang ada tentu saja membuat banyak orang semakin penasaran. Di bawah ini Anda akan menemukan pilihan informasi pilihan tentang Air Terjun Kereta untuk Anda.

Atraksi yang ditawarkan Kereta Curup

Atraksi kereta api curupSumber gambar: Google Maps Anggie Permana

Suasananya masih asri dan hijau

Terletak di tempat wisata utama Kabupaten Way Kanan, tempat ini memiliki suasana yang masih asri dan penuh dengan pepohonan. Meski sudah banyak dijamah orang, namun keindahan alam di sana sangat terjaga dengan baik oleh pihak pengelola wisata.

Wisatawan yang datang dipersilakan beraktivitas namun tidak boleh merusak alam di sana. Selain itu, setiap orang dilarang membuang sampah sembarangan dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, telah disediakan ruang di beberapa sudut kawasan ini.

Sungai air terjun yang menakjubkan

Kereta Curup menyuguhkan pemandangan air terjun dengan arus yang luar biasa indah. Saat arusnya sangat deras, air terjun ini menyerupai tirai air putih besar.

Namun saat arus air tidak terlalu deras, ada aliran air di beberapa tempat di tebing air terjun yang terlihat bagus. Terdapat juga genangan atau kolam di bawah air terjun yang indah.

Terdapat tebing bertingkat

Terdapat tebing air terjun yang bisa didaki wisatawan. Pasalnya, tebing tersebut berbentuk berundak dan terdapat batu-batu untuk diinjak dan didaki. Saat Anda memanjat tebing, Anda bisa menikmati sensasi percikan air atau melompat ke genangan air di bawahnya.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat KA CurupKredit foto: Instagram Gita Wulandari

Curup Kereta merupakan sebuah tempat wisata alam yang berada di Kabupaten Way Kanan, Lampung, lebih tepatnya di Desa Rambang Jaya, Kecamatan Blambangan Umpu.

Lokasinya sendiri sebenarnya hanya berjarak sekitar 7 km dari Jalan Trans Sumatera. Rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju tempat wisata tersebut cukup mudah untuk diingat.

Jika Anda berasal dari Desa Simpang Empat Negeri Baru di Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan, Anda bisa menuju Kecamatan Kasui. Waktu perjalanannya sendiri sekitar 15 menit. Dari sana Anda bisa naik ojek yang biasanya sering berhenti di dekat tugu.

Dari Bandar Lampung jaraknya cukup jauh, 207 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam melalui Jalan Trans Sumatera. Jadi rutenya Bandar Lampung, lanjut ke Bandang Jaya, selanjutnya ke Kota Bumi, selanjutnya ke Baradatu, selanjutnya ke Simpang Empat dan terakhir ke Curup Kereta.

Moda transportasi yang dapat digunakan dari Bandar Lampung adalah bus menuju Kecamatan Kasui, Way Kanan. Tarif yang harus Anda bayar untuk naik bus adalah sekitar 60.000 rupiah.

Sebelum sampai di Kasui, Anda cukup turun di halte Simpan Empat kemudian dilanjutkan dengan ojek untuk memudahkan akses menuju destinasi wisata. Alternatif lain adalah perjalanan ke Way Kanan, meski lebih mahal dibandingkan naik bus.

Biaya masuk wisata alam

Tidak ada tiket masuk atau gratis bagi wisatawan mana pun yang ingin menghabiskan liburannya di kereta Curup yang mempesona ini. Meski masuk ke tempat wisata ini gratis, namun terdapat biaya parkir bagi Anda yang membawa kendaraan.

Jangan khawatir karena tarif parkir yang dikenakan di tempat ini tidak akan merogoh kocek Anda. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 5.000 rupiah untuk sepeda motor.

Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar 10.000 rupiah untuk satu mobil. Tempat parkir juga terletak di bawah pohon rindang sehingga kendaraan berada dalam naungan.

Tak heran jika air terjun mempesona ini kerap dijadikan destinasi wisata favorit banyak orang dengan budget terbatas. Meski tidak dipungut biaya masuk, keindahan alam Curup Kereta sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, jam buka dan operasional objek wisata ini juga membuat wisatawan senang.

Pasalnya, jam buka objek wisata alam ini adalah 24 jam. Dengan cara ini Anda dapat mengunjungi kami kapan pun Anda mau.

Namun waktu terbaik untuk berlibur ke air terjun tentunya adalah pada siang hari saat musim kemarau. Pasalnya, Anda akan sedikit kesulitan jika datang ke sini saat musim hujan.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan menyenangkan Kereta CurupSumber gambar: Resmi Google Maps DLita

1. Berburu Foto

Kegiatan pertama yang biasa dilakukan banyak wisatawan adalah menjadikan Kereta Curup sebagai spot selfie yang asyik. Dari jarak sekitar 20 m terdapat lapangan terbuka yang bisa dijadikan spot foto. Dari situ Anda akan melihat lekukan lebar dan panjang di belakangnya.

Air terjun ini bisa dikatakan sangat fotogenik. Tulisan “Curup Kereta” di puncak air terjun juga unik. Saat diambil, terlihat wisatawan sedang mengambil foto di lokasi air terjun yang indah.

2. Berenang di Curup Kereta Api

Tentu kurang sempurna rasanya jika tidak merasakan kesegaran air terjun di tempat wisata tersebut. Waterhole atau kolam di bawah air terjun selalu digunakan untuk berenang para wisatawan. Tempat ini sangat luas sehingga wisatawan bisa berenang dengan gembira.

Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan keselamatan saat berenang di kolam ini, terutama saat permukaan air naik. Tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan ini sangat seru dan membuat ketagihan.

3. Mainkan Flying Fox

Siapa sangka Kereta Curup menawarkan permainan yang banyak digemari wisatawan, terutama anak muda?

Apalagi kalau bukan Flying Fox yang bisa jadi uji adrenalin bagi Anda yang takut ketinggian. Game drive ini dipantau oleh petugas dan keamanan Anda terjamin.

4. Ajak anak ke taman bermain

Jika Anda mengajak anak Anda berkunjung ke tempat ini, tak perlu bingung aktivitas apa saja yang bisa dilakukan anak. Pasalnya, di kawasan air terjun ini terdapat arena bermain yang pastinya akan membuat anak-anak senang.

Namun, Anda tetap perlu mengawasi anak Anda saat mereka sedang bersenang-senang di taman bermain. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Kereta Api CurupKredit foto: Google Maps Mujiono Wilis09

Yang tidak kalah penting adalah memperhatikan fasilitas ketika mengunjungi suatu objek wisata alam. Perlengkapan tempat wisata juga mempunyai pengaruh besar terhadap kenyamanan dan keamanan berlibur. Anda akan merasakan ketenangan saat menghabiskan liburan di Curup Kereta.

Pasalnya, di destinasi wisata ini sudah terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap dan memadai.

Selain tempat parkir mobil yang luas, Anda akan menemukan sejumlah kios dan toko yang menjual berbagai makanan, minuman, dan makanan ringan. Setelah lelah dengan aktivitas seru, Anda bisa membeli kuliner untuk mengisi perut.

Karena sebagian besar wisatawan di sana adalah umat Islam, maka telah disediakan musala. Artinya, Anda bisa beribadah meski sedang berada di objek wisata. Selain itu tempat wisata ini juga mempunyai fasilitas umum berupa toilet yang terjamin kebersihannya.

Nah setelah menyimak berbagai informasi diatas mengenai Curup Kereta Api di Way Kanan, pesona tempat ini tidak bisa dianggap remeh.

Tentunya Anda yang berkunjung ke air terjun kereta ini tidak akan pernah kecewa dengan keunikannya. Pengalaman menyenangkan saat traveling menanti Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button