Tempat Wisata

Danau Segara Anak: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Segara Anak atau dikenal juga dengan Kawah Gunung Rinjani. Seperti namanya, Segara Anak merupakan sebuah danau kawah di bawah pegunungan Rinjani. Meski merupakan salah satu jenis danau, namun penduduk setempat menyebut kawah tersebut sebagai anak laut sesuai dengan namanya dalam bahasa Jawa. Konon warna air Segara Anak tidak seperti kebanyakan danau yang berwarna coklat atau kehijauan, melainkan biru seperti laut.

Danau Segara Anak

Danau ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl dengan luas 1.100 ha dan kedalaman 230 meter. Penduduk setempat membuat jalur pendakian yang digunakan wisatawan untuk menjelajahi lembah di sepanjang danau. Penduduk setempat percaya bahwa danau itu dihuni oleh dewa yang bersemayam di dasar danau dan memberikan persembahan kepadanya. Di dekat danau terdapat cabang Gunung Rinjani yang disebut Gunung Volcano dan sumber air panas yang dapat dinikmati pengunjung. Konon air panas di sana bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Atraksi Segara Anak:

1. Kedekatan dengan kepercayaan dan tradisi setempat

Penduduk di sekitar Gunung Rinjani Segara Anak mayoritas beragama Hindu. Mereka percaya bahwa dasar danau ditempati oleh Dewi Anjani yang menjaga danau kawah. Di sekitar pemandian air panas terdapat Goa Susu dimana banyak terdapat sesaji yang dilakukan oleh umat Hindu setempat. Di daerah yang tidak jauh juga terdapat pohon keramat yang konon dapat mengabulkan segala keinginan. Penduduk setempat percaya bahwa Dewi Anjani dikenal sebagai penguasa Gunung Rinjani.

2. Diizinkan untuk memancing

Suasana mancing di danau dengan warna airnya yang biru unik, serasa mancing di laut. Berbeda dengan kebanyakan wisata laut dengan dalih menjaga lingkungan, Segara Anak justru memperbolehkan orang untuk memancing di sana, meski mitos tentang dewi yang tinggal di sana cukup menakut-nakuti orang saat ingin memancing. Ada banyak ikan di danau dan Anda puas dengan memancingnya.

3. Pemandangan alam yang menakjubkan

Tentu ini menjadi tujuan utama wisatawan karena pemandangan di Segara Anak sangat memanjakan mata. Tidak hanya dari hamparan luas danau yang berwarna biru laut, namun jika menengok ke atas Anda bisa melihat gunung vulkanik dan Gunung Rinjani yang tertinggi dan terjauh dengan keindahan alam yang mempesona.

4. Menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia

Tak heran jika Segara Anak menjadi tempat wisata tepi danau yang banyak menyita perhatian, bahkan di dekatnya terdapat Gunung Rinjani yang sudah sangat terkenal. Hal ini tidak hanya karena keindahan danau kawahnya, tetapi juga karena merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Seperti diketahui, Danau habena (3.320 m dpl) merupakan danau tertinggi di Indonesia, disusul danau Kumbolo, danau Gunung Tujuh dan danau Segara Anak. Itu sebabnya tempat ini menjadi danau gunung terbaik dan paling direkomendasikan bagi wisatawan saat berkunjung ke Lombok.

5. Surga bagi para pendaki gunung

Pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Rinjani tentunya memulainya dari bawah. Lokasi di sekitar Danau Segara Anak sangat cocok sebagai titik awal para pendaki. Di area danau Anda bisa beristirahat sejenak lalu mendaki. Sesampainya di puncak, Anda bisa melihat Danau Segara Anak dengan jelas.

Fasilitas Segara Anak:

Dengan data sejak tahun 2017, sangat disayangkan fasilitas yang diharapkan seperti stand, shelter, tempat ibadah, dll belum tersedia. Mungkin dengan alasan untuk melestarikan suasana alam disana. Namun, berkat aksesibilitasnya yang mudah, Anda selalu dapat bolak-balik ke penginapan atau fasilitas terdekat kapan pun Anda mau.

Lokasinya yang berada di tepi danau sering digunakan pengunjung sebagai tempat menginap dan berkemah. Seperti yang sudah disebutkan, Anda juga bisa memancing di sana dan tidak dilarang membawa peralatan memancing. Oleh karena itu, pinggiran Segara Anak sangat cocok untuk berkemah. Di pagi hari saat berkemah, Anda bisa memancing dan makan ikan bersama teman berkemah Anda.

Biaya masuk ke Danau Segara Anak

  • Biaya masuk: Rp 35.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Segara Anak:

Lokasi dan Rute Segara Anak:

Danau ini berada tepat di dekat Gunung Rinjani atau Gunung Volcano. Tepatnya berada di lembah barat Rinjani. Terdekat adalah Desa Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Biasanya wisatawan pendaki Gunung Rinjani menggunakan transportasi untuk menuju titik awal pendakian. Anda dapat menemukan danau sebelum pendakian. Untuk menuju ke sana jika anda berasal dari kota Lombok, gunakan saja angkot dan usahakan langsung sampai tujuan. Jalan menuju kesana cukup baik dan tidak ada kendala. Namun, jika Anda datang untuk hiking, disarankan untuk tidak mendaki sendiri, karena banyak kasus pendaki yang hilang atau hilang dilaporkan.

Jika Anda berada di Lombang, cobalah mengunjungi Danau Segara Anak. Anda tidak akan menyesali pemandangan di sana. Selain itu, Anda juga bisa mendaki ke puncak Gunung Rinjani dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Kawasan di pesisir Segara Anak sangat cocok untuk para pecinta camping karena letaknya yang strategis dan kesempatan untuk memancing. Selain itu, suasana alam yang masih sangat segar membuat suasana liburan semakin menyenangkan.

Peta lokasi Segara Anak

Tips mengunjungi Segara Anak

Tambahkan keseruan dan kualitas liburan Anda dan keluarga di Danau Segara Anak. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Danau Segara-Anak adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Danau Segara Anak bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Danau Segara Anak.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Danau Segara Anak.

Galeri Foto Segara Anak, Kawah Gunung Rinjani

Segara AnakSegara Anak Sumber: instagram.com/ricktanz/Segara AnakSegara Anak Satu Sumber: instagram.com/wailanrick/Danau Segara Anak, di bawah kaki Gunung RinjaniGunung RinjaniPotret laut dari Gunung RinjaniAir terjun yang mengarah ke danauKeajaiban dan keindahan Danau Segara-Anak

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button