Tempat Wisata

De Ranch Lembang, tempat wisata unik sambil belajar berkuda di Bandung

De Ranch Lembang, destinasi wisata alam dengan nuansa unik di Bandung. Nikmati suasana sambil belajar naik ala Koboy yang wajib dikunjungi di Bandung.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 09.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Maribaya No. 17, Kayuambon, Kec. Lembang, Cab.Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Bandung, mendengar namanya saja kita sudah bisa membayangkan keindahan dan kuliner khas tempat wisata di Lembang ini. Di akhir pekan, Bandung juga ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah, khususnya Jakarta. Banyaknya tempat wisata menjadi daya tarik tersendiri untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

De' Ranch Lembang menjadi salah satu tempat wisata yang diusungnya Makanan, rekreasi dan pengetahuan. Dibuka pada bulan Desember 2007, objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di kota Bandung. Nuansa peternakan kuda yang kental membuat tempat ini terkenal dengan karakter koboi asal Negeri Paman Sam.

De' Ranch awalnya dimaksudkan untuk menampung beberapa sapi perah dan kuda tunggang. Melihat kontur dan pemandangan alam yang sesuai serta lokasi kawasan seluas 5 hektar ini memberi saya inspirasi untuk membangun kawasan wisata ini. Nama “De’ Ranch” sendiri dipilih karena dirasa cocok dengan suasana kawasan peternakan Eropa yang dioperasikan.

Cek tiket Bumi Pancasona Sport Club

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Unsplash De Racnh LembangFoto oleh Yolanda Djajakesukma di Unsplash

De' Ranch Lembang tak hanya menyuguhkan pemandangan bak peternakan kuda Eropa. Tempat wisata ini juga menawarkan beragam wahana dan fasilitas yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tampilannya yang menarik membuat Anda lupa waktu saat bermain bersama keluarga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Klub Pelana De Ranch

Komunitas ini diciptakan oleh De' Ranch untuk siapa saja yang tertarik dengan kuda. Di sini semua orang berkumpul untuk mempelajari bagaimana kuda bekerja sama sebagai mitra manusia. Selain itu komunitas ini juga bertujuan untuk bertukar pengetahuan tentang kuda, melatih dan bertemu dengan para pecinta kuda lainnya.

2. Menunggang kuda

De' Ranch juga menawarkan kesempatan untuk merasakan pengalaman menunggang kuda. Pengunjung juga mempunyai kesempatan untuk berkeliling ke lokasi pertanian. Anda tidak perlu takut untuk mencobanya. Setiap pengunjung ditugaskan seorang pendamping yang sangat berpengetahuan di bidangnya. Kuda-kuda yang dipilih cukup jinak untuk ditunggangi pengunjung.

De' Ranch memiliki lebih dari 20 ekor kuda yang siap memanjakan pengunjung. Selain berkuda, pihak pengelola juga menawarkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dalam perawatan kuda. Namun perlakuannya ditujukan kepada pengunjung yang datang secara rombongan.

3. Berkendara dengan Delman

Jika Anda takut atau memiliki anak kecil, Anda bisa memilih naik kereta sebagai alternatif menunggang kuda. Kusir membawa Anda melintasi lapangan. Gerobak yang tersedia berukuran kecil dan hanya mampu menampung 2 hingga 3 orang. Cocok sekali jika Anda ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil.

4. Foto gaya koboi

Belum lengkap rasanya jika belum mengabadikan momen liburan. Karena itulah De' Ranch menawarkan spot foto ala Koboi Pedesaan Paman Sam. Tersedia latar belakang dengan area hijau dan atribut tambahan seperti pakaian, topi, dan sepatu bot koboi. Foto-fotonya yang bergaya koboi bernuansa barat lengkap dan siap diunggah ke media sosial.

5. Fitur air

De' Ranch tidak hanya menawarkan menunggang kuda. Tempat wisata populer ini juga menawarkan fitur air. Jenisnya bermacam-macam, ada perahu lucu, balon air, kolam pancing, kolam pancing balita dan masih banyak lagi yang lainnya. Mungkin bisa menjadi pilihan jika Anda suka bermain kuda.

6. Zona bermain untuk anak-anak

De' Ranch menawarkan aktivitas luar ruangan tanpa akhir untuk membuat Anda tetap tertarik. Tempat ini juga menawarkan berbagai permainan lainnya. Wahana yang ditawarkan antara lain track bike, lompat anak, trampolin, panahan dan masih banyak lagi. Selain itu, tersedia perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit yang bisa dimainkan si kecil sambil beristirahat.

Cek tiket masuk Joy n Fun Panama Park 825 Bandung

7. Kursus keterampilan

Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan, De' Ranch menawarkan berbagai kursus menarik. Salah satunya adalah Cook n' Cookies. Kursus ini dirancang bagi siapa saja yang ingin mencoba membuat kue khas De Ranch. Setelah menyelesaikan kursus, De' Ranch juga akan memberi Anda sertifikat.

Manajemen juga menawarkan kelas keterampilan lain, seperti mewarnai celengan keramik besar, mewarnai ransel, dan pengetahuan memerah susu sapi. Kapan lagi Anda pergi berlibur dan sekaligus mempelajari keterampilan baru?

8. Menikmati kuliner yang nikmat

Manajemen De' Ranch melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Namun pihak pengelola telah menyediakan tempat snack dan makanan yang menggugah selera. Baik yang bernuansa Amerika seperti pizza dan sosis, maupun yang bernuansa khas Bandung seperti siomay, tahu peletok dan beberapa diantaranya.

De' Ranch memiliki satu menu utama yang wajib Anda coba saat berkunjung, yaitu sosis bakar. Menu ini sangat populer di kalangan pengunjung. Meski harga makanan lebih mahal dari biasanya, namun tetap terjangkau untuk liburan keluarga. Bukankah hal ini merupakan hal yang lumrah jika kita sedang berada di tempat wisata?

9. Toko suvenir

Jika Anda senang berjalan-jalan dan mengisi perut, Anda juga bisa membawa pulang oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. De' Ranch memiliki factory outlet yang menawarkan berbagai suvenir. Ada produk sapi seperti susu, yoghurt, sosis mentah dan lain-lain. Selain itu juga terdapat berbagai pernak pernik koboi dan kerajinan tangan khas De' Ranch.

10. Pasar tanaman hias

Jika Anda pecinta tanaman, Anda bisa datang ke pasar tanaman hias di De' Ranch Lembang. Tanaman ini didatangkan langsung dari masyarakat sekitar, khususnya dari petani tanaman hias. Anda juga bisa membeli bunga potong. Pasar tanaman hias ini bisa Anda temukan di area parkir De Ranch.

Lihat penawaran hotel di Bandung

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Shutterstock De Ranch LembangFoto oleh Tridrian di Shutterstock

De' Ranch Lembang memiliki fasilitas umum yang sangat lengkap. Pemerintah menyediakan tempat parkir yang luas, toilet di setiap titik, musala, jalur kursi roda dan lain-lain. Jika berkunjung ke masjid pada hari Jumat, pengunjung pria muslim tetap bisa menjalankan kewajiban salat Jumat di masjid yang hanya berjarak 250 meter dari kawasan wisata.

Pengelola De' Ranch juga bekerjasama dengan “Asosiasi Pariwisata Delman” untuk membawa Anda ke berbagai tempat menarik di Lembang. Ada juga mobil wisata “De Ranch Lembang n Beyond”. Mobil ini akan menjemput Anda dari hotel dan mengantarkan Anda ke berbagai tempat wisata di Lembang.

Biaya masuk ke De' Ranch

Harga objek wisata De' Ranch Lembang masih tergolong murah dan terjangkau yakni Rp 20.000. Tiket ini juga berfungsi sebagai voucher yang dapat ditukarkan dengan susu murni. Namun, tiket ini tidak termasuk berbagai wahana yang tersedia. Anda harus membeli tiket tambahan.

Kisaran harga yang ditawarkan untuk permainan di kawasan wisata ini berkisar antara Rp 20.000 hingga 40.000. Sedangkan harga naik kereta ke kawasan luar kawasan wisata sekitar Rp 100.000/jam untuk 3 orang.

Jika ingin bersepeda di luar kawasan wisata, De' Ranch menawarkan paket ini dengan minimal 2 pengunjung. Harganya Rp 200.000/orang/jam. Kisaran harga kursus keterampilan sekitar Rp 20.000 hingga 200.000.

Lamanya dan jumlah orang tergantung pada jenis kursus keterampilan yang harus diselesaikan. De Ranch juga menawarkan harga khusus untuk pengguna paket grup. Kisaran harga paket rombongan bisa Anda konfirmasi langsung dengan pihak pengelola tempat wisata di Jawa Barat ini.

Biaya masuk dan jam buka

Jam Operasional Shutterstock De Ranch LembangFoto oleh Tridrian di Shutterstock

De' Ranch Lembang juga buka pada hari libur nasional dari Selasa hingga Minggu. Jangan coba-coba datang di hari senin, pasti harus kembali karena pihak pengelola menutup objek wisata di hari itu. Jam operasional De' Ranch Lembang adalah pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Jam operasional ini berlaku pada masa new normal.

Alamat dan rute menuju lokasi

Jika menggunakan angkutan umum, ambil saja halte St. Hall – Lembang dari Bandung. Kemudian dilanjutkan dengan alat transportasi lain seperti delman atau ojek untuk sampai di depan De' Ranch. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tempat wisata ini berjarak sekitar 1km dari Bundaran Lembang.

Demikianlah informasi De Ranch Lembang yang perlu anda ketahui sebelum berlibur kesana. Liburan peternakan koboi yang mengasyikkan bisa memberikan dampak yang lebih besar jika dinikmati bersama orang yang Anda cintai. Liburan yang menyenangkan!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button