Tempat Wisata

Desa Wisata Yenisari: sejarah, objek wisata, lokasi dan rute

Memang Yogyakarta dikenal sebagai daerah dengan banyak tempat wisata. Banyak orang datang ke kawasan khusus ini untuk berlibur dari jauh. Salah satu tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan adalah Desa Wisata Pentingsari.

Banyak hal baru yang akan kamu rasakan di desa ini, mulai dari pengalaman hingga kesempatan belajar banyak. Desa ini secara keseluruhan telah memenangkan banyak penghargaan dan menjadi terkenal di kancah dunia.

Ada banyak atraksi dan aktivitas menarik yang bisa Anda coba di desa ini. Selain hari libur, Anda juga bisa melihat bagaimana penduduk desa bekerja dan hidup. Anda juga bisa melihat budaya yang melekat di desa ini.

Sejarah Desa Wisata Pentingsari

Didirikan oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, desa wisata di Yogyakarta ini mengusung konsep desa wisata alam, budaya, dan pertanian yang ramah lingkungan dengan menampilkan berbagai aktivitas.

Sejak tahun 1990-an, desa ini berkembang menjadi salah satu desa termiskin bersama desa-desa lain di lereng Gunung Merapi. Tingkat perekonomian dan pendapatan masyarakat ini relatif rendah sehingga berdampak pada kehidupan masyarakat.

Selain itu letak geografis desa ini yang tergolong terpencil membuat akses menjadi sulit ditambah dengan lahan yang kurang subur.

Pada tahun 2008, masyarakat mulai mengambil langkah kecil untuk membuat perubahan besar dalam hidup mereka menjadi lebih baik. Mereka mulai membuka diri untuk berinteraksi dengan masyarakat luar dan menjadikan desanya menjadi desa wisata.

Latar belakang berdirinya desa wisata

Latar belakang dibuatnya desa wisata ini adalah pemerintah kota meyakini bahwa transformasi menjadi desa wisata akan membawa perubahan dan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dari segi perekonomian.

Desa wisata dengan luas lahan 103 hektar ini terletak di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Merapi yang memberikan inisiatif kepada pemerintah kota untuk mencari keunikan desa tersebut agar bisa menjadi desa wisata.

Berkat kegigihan masyarakatnya, desa ini telah mendapatkan beberapa penghargaan, mulai dari tingkat lokal hingga internasional. Misalnya saja ISTA Perunggu Hijau pada kategori ekonomi pada tahun 2017 dan masuk dalam 100 besar destinasi pariwisata paling berkelanjutan di dunia pada tahun 2019 menurut GGDD.

Atraksi Desa Wisata Yenisari

Desa wisata ini menawarkan banyak atraksi. Desa dengan kearifan lokalnya ini menyimpan sejuta hal menarik yang bisa Anda nikmati untuk dikunjungi.

1. Panorama alam yang indah

Sungai, gunung, bukit, sawah, dan pepohonan berpadu indah di sini. Saat berkunjung, Anda bisa menikmati keindahan alam yang tiada tara. Panorama di sini cukup terkenal dan tak perlu diragukan lagi.

Desa ini juga cocok bagi Anda yang ingin melepaskan diri dari kehidupan perkotaan. Suasana sejuk menghadap kawasan pegunungan akan memberikan ketenangan dan ketenangan pikiran.

2. Kehidupan desa

Selain pemandangan pedesaan, kehidupan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, terutama yang berasal dari kota. Kehidupan masyarakatnya yang masih menjaga kearifan lokalnya mampu menarik perhatian banyak pengunjung.

Anda tidak hanya bisa menyaksikan tetapi juga merasakan nuansa kehidupan desa. Anda bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat, belajar tentang kehidupan desa dan masih banyak lagi.

3. Wisata edukasi

Tak hanya menjadi objek wisata alam dan budaya, namun juga menjadi wisata edukasi yang cocok untuk dewasa dan anak-anak.

Wisata edukasi yang bisa Anda ikuti adalah tentang peternakan dan pertanian yang merupakan industri utama masyarakat desa. Anda bisa langsung mempelajari cara menanam padi dan membajak sawah dengan cara beternak secara tradisional.

Sangat cocok untuk anak yang sedang belajar dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar. Anak Anda dapat belajar bagaimana rasanya menjadi penduduk desa yang bermata pencaharian sebagai peternak dan petani.

4. Naik jip pulang pergi

Jika wisata alam, budaya, dan edukasi belum cukup menantang, Anda patut mencoba wahana ini. Di desa ini Anda bisa berwisata bersama keluarga dan rombongan serta menggunakan wahana yang berbeda-beda.

Selain wahana seru, anak-anak juga bisa belajar tentang kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka pada tamasya ini. Persyaratan usia minimum untuk pariwisata asing adalah 13 tahun.

Selain perjalanan keliling, Anda juga bisa menjelajahi desa dengan menggunakan mobil jeep. Di beberapa trek yang menantang, Anda bisa merasakan sensasi menggunakan mobil jeep di pedesaan. Akan sangat seru jika Anda menyukai tantangan.

5. Pancuran Suci Sendangsari

Saat Anda berkunjung ke Desa Wisata Importantsari, Anda akan melihat sebuah air mancur yang diyakini masyarakat setempat sebagai tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarup yang disebutkan dalam legenda setempat.

Air dari pancuran ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan dapat membuat kulit tampak awet muda jika Anda mencuci muka dan meminum air tersebut. Nuansa mistis di sekitar pancuran air ini semakin menambah kesan sakral tersendiri.

Meski demikian, keindahan alam akan Anda saksikan di dekat air mancur, tepat di Sungai Kuning. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi Sumur Suci Sendangsari selama berlibur di desa wisata ini.

6. Seni lokal yang menakjubkan

Anda bisa mengagumi kesenian lokal yang dipamerkan di sini meski baru tiba di lokasi. Sebagai ucapan terima kasih, Anda akan disambut dengan tarian tradisional yaitu tari Punakawan.

Punakawan tersebut merupakan lima tokoh Pamomong dari lima Pandawa dalam cerita rakyat, yaitu Semar, Bagong, Petruk dan Gareng. Anda juga akan diajak menari bersama, bukan sekadar menonton.

alamat dan rencana perjalanan

Lokasi Desa Wisata Pentingsari berada di Dsn. Peningsari, Ds. Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta.

Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus melalui Jl. berlari. Panembahan Senopati di timur laut. Lurus sampai pertigaan lalu belok utara menuju Jl. Mayor Suryatomo.

Kemudian terus lurus menuju Jl. Mataram hingga mencapai pertigaan lalu belok kanan menuju Jl. Mas Suharto Jambu dan anda akan sampai di sebuah perempatan. Anda bisa berbelok ke arah Jl. Bekerjalah hingga mencapai pertigaan dan belok ke arah Jl. Piala.

Dari jalan ini anda dapat terus berjalan lurus hingga mencapai desa tujuan anda. Jika bingung, Anda bisa bertanya pada warga sekitar atau menggunakan Google Maps agar lebih mudah.

Harga paket Desa Wisata Serangan

Masuk ke kawasan desa wisata ini tidak dipungut biaya kecuali Anda mencoba wahana dan fasilitasnya. Harga paket yang tersedia cukup terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp500.000 tergantung fasilitas dan wahana yang ingin dinikmati.

Menutup

Berwisata di Desa Wisata Pakarsari akan menghadirkan banyak pengalaman menarik bagi Anda. Anda tidak hanya menikmati keindahan alam, tetapi Anda juga dapat menyaksikan dan berpartisipasi dalam budaya dan pekerjaan sehari-hari.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button