Tempat Wisata

Embung Batara Sriten, pesona alam eksotik yang memukau di Gunung Kidul

Embung Batara Sriten merupakan destinasi wisata alam eksotik yang menakjubkan di Gunung Kidul dengan ketinggian 859 meter.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Sriten, Kecamatan Pilangrejo. Nglipar, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Batara Sriten Embung telah dibuka sejak tahun 2014 dan juga telah mengalami beberapa perbaikan. Keindahannya yang mempesona dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan yang berkunjung ke Embung. Wisatawan bisa melihat danau buatan dengan latar belakang Gunung Batur Agung.

Pesonanya memang mampu membuat hati wisatawan berdebar kencang. Waduk tertinggi ini juga menawarkan spot foto dengan berbagai pilihan background. Setiap mengambil foto, wisatawan pasti menyukai latar belakang danau, pemandangan perbukitan, gunung, dan perkebunan di Embung Batara.

Alhasil, tempat wisata menarik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di kawasan destinasi, wisatawan diperbolehkan berkemah agar bisa menyaksikan perubahan langit yang dihadirkan oleh Embung Batara Sriten. Wisata alam di Gunung Kidul memang selalu menarik minat banyak orang.

➥ Cek penawaran hotel di Gunung Kidul

Daya tarik Batara Sriten Embung

Shutterstock Himbauan Batara Sriten EmbungFoto oleh Akmal.Sarimbit di Shutterstock

Ketinggiannya mencapai 859 meter

Batara Embung mempunyai ketinggian hingga 859 m di atas permukaan laut. Tempat wisata ini merupakan waduk tertinggi di kawasan tersebut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek wisata ini didirikan untuk mencegah bencana banjir dan menjaga kualitas tanah di sana dari intrusi air hujan. Wisatawan pasti akan senang ketika melihat objek wisata ini, karena di banyak tempat lain terdapat waduk yang tidak begitu tinggi.

Alam yang indah

Kota wisata mempesona ini tidak hanya memiliki waduk yang tinggi. Ada juga wisata alam lainnya seperti kebun kelengkeng atau kebun manggis. Bahkan, dari puncak Embung Batara Sriten, wisatawan bisa melihat ketinggian Gunung Batur dan jajaran perbukitannya.

Jadi, berlibur ke suatu destinasi wisata pasti akan menyenangkan karena banyaknya pesona alam yang tampak terpancar indah. Anda dijamin akan langsung terkesima dengan keindahan alam tempat ini.

Tersedia tempat selfie

Tempat wisata yang menawan dan indah ini tentunya sangat cocok untuk olahraga selfie. Selain itu, di kawasan ini Anda bisa melihat pegunungan, danau, dan perkebunan yang semuanya sangat indah. Berfoto sambil berjalan-jalan di tempat wisata alam ini akan memberikan Anda banyak koleksi foto.

Selain itu, wisatawan juga bisa menunggu indahnya momen senja untuk berfoto dengan efek siluet. Untuk itu wisatawan harus selalu menyiapkan kamera atau smartphone untuk mengabadikan berbagai objek dan momen.

➥ Paket tour Jogja 2 hari 1 malam (Gua Pindul, Heha Sky View dan tempat lainnya)

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Embung Batara SritenFoto oleh Alfiyan Naja di Shutterstock

Batara Embung tepatnya terletak di Desa Sriten, Gunung Kidul, Yogyakarta, dimana wisatawan harus melintasi daerah yang sedikit menanjak untuk mencapainya. Kota wisata dataran tinggi ini memiliki jalan yang sedikit berkelok-kelok dan masih belum beraspal di beberapa tempat.

Namun yang pasti seru ke sana karena setiap sudut pusat kota menawarkan keindahan. Wisatawan bisa menuju Embung sambil berkendara melalui pusat menuju Jalan Bausasran. Lurus saja menuju Jalan Kenari dan belok ke Jalan Wonosari.

Beberapa kilometer jauhnya, wisatawan akan melintasi Jalan Nglipar Ngawen dan terus berjalan lurus hingga mudah mencapai Desa Sriten. Saking tingginya tempat wisata ini, wisatawan harus berjalan kaki di tanjakan. Namun biasanya ada masyarakat yang pergi ke Embung dengan menggunakan sepeda. Agar tidak tersesat, perjalanan juga bisa diakses menggunakan navigasi.

➥ Jogja Day Tour: Arung Jeram Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Biaya masuk dan jam buka

Embung Batara Sriten buka dari jam 5 pagi sampai jam 6 sore. Buka sampai larut malam dan tidak pernah tutup dari Senin hingga Minggu. Mengunjungi destinasi ini pasti menjadi dambaan setiap orang, apalagi harga tiket masuknya hanya 4.000 saja.

Dari kedatangan Anda hingga keberangkatan Anda di sore hari, biaya masuknya tetap sama. Akan dikenakan tarif berbeda untuk setiap kendaraan yang menempati tempat parkir. Biaya parkir hanya 10.000 dan ditetapkan sejak kedatangan hingga keberangkatan tour. Tarif sepeda motor kini hanya 2.000.

Jangan khawatir, harga parkir di kawasan ini hampir tidak pernah berubah. Jadi Anda bisa menganggarkan dana yang cukup jika ingin mengunjungi wisata ini.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Kegiatan Batara Sriten EmbungFoto oleh Umi Solihah di Shutterstock

1. Saksikan matahari terbenam

Embung Batara Sriten menjadi tempat yang tepat untuk menunggu matahari terbenam. Momen sore menjelang malam kerap dicari wisatawan di tempat ini. Bahkan, pemandangan matahari terbenam di sana kerap dijadikan latar belakang fotografi.

Karena tingginya Embung, sudah tidak diragukan lagi kalau tempat ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang terbaik. Namun jika Anda memang berniat menikmati matahari terbenam di sini, bersiaplah karena jalanan akan gelap dan sulit hingga Anda harus berkendara pulang. Jika belum siap, sebaiknya bermalam saja di kawasan wisata ini.

2. Cari foto Instagrammable di Embung Batara Sriten

Anda yang berada di puncak Embung Batara bisa menyaksikan beberapa keindahan alamnya. Terdapat taman dan pegunungan tinggi di kawasan ini. Bahkan, wisatawan bisa menikmati pemandangan perairan yang sangat menarik dari atas.

Tentu saja, Anda juga merasakan dorongan untuk memotret semua objek alam ajaib yang ada. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan aksesoris yang akan membantu Anda menemukan foto Instagramable.

3. Bersantai dan piknik

Menikmati pesona alam Embung belum lengkap jika hanya berdiam diri. Biasanya wisatawan membuka perbekalan makanan yang telah mereka siapkan di rumah sekaligus memilih tempat duduk menikmati keindahan.

Melakukan kegiatan piknik sangat digemari banyak wisatawan karena suasana alamnya terasa sangat segar. Selain itu, kebersihan tempat wisata sangat mendukung kegiatan tersebut.

4. Berkemah

Batara Sriten Embung dikelilingi keindahan alam dan sangat cocok dijadikan tempat untuk kegiatan berkemah. Di kawasan ini terdapat tempat perkemahan yang selalu ramai dan digunakan untuk mendirikan tenda kemah. Jangan lupa membawa perlengkapan berkemah jika memang ingin melakukan aktivitas ini.

Berkemah sendiri merupakan kegiatan seru dan menantang yang hampir tidak pernah ditinggalkan oleh wisatawan di Embung. Nah, camping ini bisa Anda lakukan dengan mengajak orang-orang terdekat seperti teman atau saudara sambil menunggu indahnya pemandangan matahari terbit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Batara Sriten EmbungFoto oleh Alfiyan Naja di Shutterstock

Embung Batara telah menyiapkan fasilitas umum yang memadai di kawasan wisata ini. Di kawasan tersebut terdapat pendopo yang terlihat kuno dan terletak tidak jauh dari pusat Embung. Spot foto instagenik bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan dengan pemandangan alamnya yang beragam dan indah.

Toilet yang biasa dicari wisatawan juga tersedia di beberapa ruangan. Loket pemesanan tiket terletak tepat di luar gerbang masuk Embung. Lalu terdapat tempat parkir kendaraan hanya beberapa meter jauhnya. Pemerintah telah menyiapkan tempat parkir yang luas.

Di tempat wisata terdapat musala, sehingga wisatawan tidak perlu keluar rumah jika ingin beribadah. Kawasan Embung juga menawarkan tempat berburu kuliner yang mudah Anda kunjungi. Bahkan ada juga pedagang keliling yang menjual kopi atau teh hangat.

Sekian ulasan lengkap tentang Embung Batara Sriten sebagai tempat bersantai yang tepat. Banyak hal yang bisa kamu jelajahi saat berada di Embung. Mengunjungi Embung yang mempesona tentu menyenangkan jika Anda mengajak rombongan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button