Tempat Wisata

Gardu Pandang Merapi, nikmati keindahan Gunung Merapi dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Sleman

Gardu Pandang Merapi di Sleman merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi. Menawarkan pengalaman menikmati pemandangan pegunungan yang spektakuler dengan latar belakang alam yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Kecamatan Hargobinangun. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Gardu Pandang Merapi atau disebut juga Gardu Pandang Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Gardu Induk ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kaliurang sendiri merupakan salah satu kawasan dataran tinggi di Yogyakarta. Gardu Induk ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Dari sini Anda bisa menikmati keindahan alam Gunung Merapi dan sekitarnya.

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi tempat wisata ini wajib untuk masuk Daftar Keinginan Anda. Pemandangan hijau serta suasana sejuk nan asri dijamin akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai tempat wisata Viewpoint di Kaliurang.

Jika Anda berwisata ke Yogyakarta, Anda patut mencoba mengunjungi gardu induk ini satu kali saja. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 26,3 kilometer. Tempat ini cocok bagi anda yang sedang berwisata bersama keluarga.

Paket wisata satu hari Lavatour Merapi, Candi Plaosan dan Tebing Breksi

Daya tarik Gardu Pandang Merapi

Atraksi Gardu Pandang MerapiFoto oleh Haruyuki di Google Maps

Gardu Pandang Merapi memiliki tiga gardu di tempat terbaik untuk menikmati indahnya panorama Gunung Merapi dan sekitarnya. Tentu saja fasilitas ini menjadi daya tarik tersendiri karena Anda bisa menikmati alam sekitar tanpa hambatan apapun. Selain sekedar menikmati pemandangan, Anda juga bisa mengabadikan momen indah melalui foto selfie dengan latar belakang yang eksotis.

Karena merupakan dataran tinggi, Anda bisa merasakan kesejukan pegunungan meski cuaca sedang panas di siang hari. Anda juga bisa menikmati suasana pedesaan yang menenangkan. Rasanya seperti kembali ke kampung halaman dan betah.

Selain itu, diketahui kawasan ini pernah dijadikan tempat peristirahatan seorang ahli geologi Belanda dan keluarganya pada abad ke-19. Jadi Anda bisa menemukan banyak akomodasi seperti hotel, villa, dll keluarga angkat di daerah Kaliurang.

Paket tour Jogja 3 hari 2 malam (The Lost World Castle, Tebing Breksi dan tempat lainnya)

Tur dan perjalanan

Jika Anda ingin melihat keindahan Gunung Merapi, Anda tidak perlu lagi bersusah payah berjalan jauh atau bahkan mendaki ke puncak gunung. Karena saat ini sudah ada kawasan yang dikembangkan untuk bisa melihat panorama tersebut. Inilah tujuan dari viewpoint agar Anda bisa menikmati Gunung Merapi tanpa harus mendaki.

Untuk lebih menikmati keindahannya, Anda bisa menyewa teropong dengan biaya sekitar Rp 5.000 selama 30 menit. Hanya dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam sekitar, mulai dari lereng gunung hingga puncak gunung. Anda juga akan ditampilkan matahari terbit disertai kabut tipis di sekitar lembah pegunungan.

Jika Anda datang bersama keluarga, Anda juga akan menemukan wahana anak-anak di sini. Terdapat fasilitas bermain khusus untuk anak-anak di sekitar gardu pandang Merapi Sleman. Beberapa diantaranya adalah bianglala, perosotan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi.

Dan yang paling menarik dari wahana ini adalah Anda dapat menggunakannya secara gratis dan tanpa dipungut biaya apapun. Berbeda dengan menyewa teropong yang tetap dikenakan biaya sewa. Apakah Anda tertarik untuk mengikuti tur ini bersama keluarga?

Promo hotel di Sleman

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gardu Pandang MerapiFoto oleh Paradikta Prameswara di Google Maps

Jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta, menuju Gardu Pandang Merapi cukup mudah. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 26,3 kilometer menuju Kaliurang Barat. Dibutuhkan waktu sekitar 46 menit hingga 1 jam untuk sampai ke gardu pandang dari pusat kota Yogyakarta.

Situs tersebut terletak di bawah Bukit Turgo, tepatnya di Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sekitar 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Selain itu gardu pandang ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Gua Jepang, Telogo Kaliurang, dll.

Biaya masuk dan jam buka

Anda akan dikenakan tiket masuk untuk memasuki kawasan wisata Gardu Pandang Merapi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, biaya masuknya masih sangat terjangkau dan ramah di kantong. Anda dapat berpartisipasi hanya dengan Rp 5.000.

Biaya masuk untuk dewasa dan remaja sekitar Rp5.000/orang, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp3.000. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati wisata pegunungan, panorama alam dan wahana yang ditawarkan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di sudut pandang MerapiFoto oleh Alvin Tanjung di Google Maps

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda dan keluarga lakukan di Gardu Pandang Merapi Sleman. Ada pula yang merasakan keindahan Gunung Merapi, mengabadikan momen hingga mengunjunginya Festival Lampu (FOL) atau bahkan melakukan aktivitas lain yang bisa Anda dapatkan dari operator tur.

Selain itu, Anda perlu memastikan untuk membawa bekal makanan ringan tambahan. Jika beruntung, Anda mungkin akan bertemu dengan sekelompok monyet yang sedang mencari makan.

Tur jalan kaki di dekat sudut pandang

Tur jalan kaki di dekat sudut pandangFoto Rumah Produksi Paper Bag di Google Maps

Setelah selesai berwisata di Gardu Pandang Merapi, Anda juga bisa mampir ke objek wisata yang jaraknya tidak jauh. Di bawah ini beberapa destinasi wisata di dekat gardu pandang.

1. Taman Lentera

Saat masih berada di kawasan Kaliurang, Anda bisa mampir ke Taman Lampion untuk mengagumi keindahan ribuan lampion yang dihias. Taman ini sudah ada sejak tahun 2014 dan menjadi salah satu tempat wisata di Kaliurang yang sangat populer. Suasana malam hari bisa Anda rasakan dengan kesan romantis.

Taman Lampion terletak tidak jauh dari Gardu Pandang Merapi di Malang. Waktu tempuhnya sekitar 28 menit, setara dengan jarak sekitar 14,6 kilometer. Oleh karena itu, setelah mengunjungi viewpoint, Anda dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan menuju Taman Lampion.

2. Tlogo Putri di sekitar gardu pandang Merapi

Destinasi selanjutnya masih di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, di kawasan yang sama dengan gardu pandang. Tlogo Putri merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Selain pemandangannya yang indah, Anda juga bisa menikmati wahana menarik lainnya.

Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti kano, flying fox, duck boating dan lain-lain. Kawasan Tlogo Putri juga dilengkapi dengan musala dan area Penganiayaan, Toilet, taman bermain dan lain-lain. Dari lokasi pandang, Anda hanya perlu menempuh jarak 1,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 5 menit dengan mobil atau sepeda motor dan sekitar 22 menit berjalan kaki.

3. Gua Jepang

Ada pula objek wisata peninggalan zaman penjajahan Jepang yaitu Gua Jepang yang lokasinya berada di area yang sama dengan gardu pandang. Dari gardu pandang hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit berjalan kaki dan setelah menempuh jarak sekitar 450 meter Anda akan sampai di kawasan hutan dimana Anda bisa mengamati kawanan kera di lingkungan alaminya.

Itulah beberapa tempat wisata terdekat dari Gardu Pandang Merapi yang bisa Anda jadikan destinasi wisata saat berkunjung ke Yogyakarta. Anda bisa memasukkannya terlebih dahulu Daftar Keinginan Liburan bersama keluarga. Perlu diketahui bahwa biaya masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button