Berita Wisata

Green Magnitude Park, taman keluarga di seberang PG Jatibarang Brebes

Taman Besar Hijau adalah cara lain untuk mengunjungi Pabrik Gula Jatibarang, tempat yang nyaman untuk dikunjungi bersama keluarga atau tempat berkumpul bersama sahabat.

Dengan banyaknya jenis permainan yang bisa dimainkan, anak-anak pasti akan senang. Selain keren, banyak juga hal seru yang bisa dilakukan.

Lokasi Green Magnitude Park berada tepat di depan Pabrik Gula Jatibarang, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas tiang-tiang tinggi khas pabrik tersebut.

foto dengan kereta bersejarahfoto dengan kereta sejarah Google Maps. sumber: tukang Maido

lihat juga: cabai

Berikut deskripsi Taman Besaran Hijau Jatibarang sebagai referensi wisata keluarga untuk dikunjungi saat liburan nanti atau akhir pekan ini.

Lokasi Taman Magnitudo Hijau

Lokasi Green Magnitude Park berada di Jalan Raya Timur Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Jalan menuju Taman Besar Hijau cukup dekat dengan pusat kota Brebes yang hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Yaitu dengan mengarahkan kendaraan Anda ke arah Jl. Slamet lalu belok kiri di Jl. Wahid Hasyim.

Belok kanan di Jl. Sultan Agung hingga akhirnya sampai di Jl. Raya Jatibarang, Taman Besar Hijau ada di kiri jalan seberang Pabrik Gula Jatibarang.

Pabrik Gula JatibarangPabrik Gula Jatibarang. Peta Google. sumber: Mohammad Sohirin

lihat juga: jalinan waduk

Jam Taman Magnitudo Hijau

  • Jam operasional Green Magnitude Park adalah Senin hingga Minggu
  • Mulai beroperasi pada pukul 08:00 hingga pukul 14:00.

Biaya masuk untuk Green Magnitude Park

Tiket masuk Taman Besar Hijau sangat murah, Rp 5.000,- saja per orang

Fasilitas Green Magnitude Park

Fasilitas wisata di sekitar kawasan Green Magnitude Park antara lain :

  • area parkir kendaraan,
  • tempat bermain anak,
  • warung makanan dan minuman,
  • Untuk menyeimbangkan,
  • kolam terapi ikan,
  • Toilet,
  • Kolam renang,
  • tempat duduk,
  • ruang sholat

putaran kolamkolam renang. Peta Google. sumber: Novie Sumardi

lihat juga: pasir gibug

Atraksi Green Magnitude Park

1. Kunjungan Sejarah Keluarga

Green Magnitude Park sering dijadikan tempat wisata oleh keluarga untuk mengajak anaknya menghabiskan waktu bersama. Lokasinya cukup luas dan juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata sejarah.

Karena disini adalah kantor pemasaran Pabrik Gula Jatibarang, dengan model rumah khas beraksen Eropa. Selain itu, ada juga bangunan ikonik lain yang ukurannya lebih besar dari sebelumnya, biasa disebut Rumah Mbesar.

Sisi kreatif pengelola Taman Besar Hijau tercermin dari beberapa sisi yang terbuat dari bahan rel kereta api, misalnya terdapat tempat duduk yang terbuat dari rel kereta api bahkan roda kereta api yang berukuran sangat besar.

Lebih asyik bepergian dengan kereta api, anak-anak pasti senang apalagi bentuk keretanya unik dan beda dari biasanya. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000,- saja, untuk sekali naik.

berbagai permainanberbagai permainan. Peta Google. sumber: Nafatul Amanah

Lihat juga: Waduk Malahayu

2. Banyak tempat bermain anak

Lokasi taman Magnitudo Hijau sangat luas, sehingga bisa menampung banyak wahana. Misalnya ada mobil mini, permainan pasir, mewarnai, rumah balon, ayunan dan berenang.

Tentu saja jenis wisata di atas membutuhkan biaya tambahan, namun jangan khawatir, harganya murah. Oh iya Taman Besar Hijau juga ada kolam terapi ikan, bayarnya Rp 5.000,-

Selain digunakan sebagai tempat wisata keluarga, Taman Besar Hijau juga sering menjadi tempat acara pernikahan dan pertemuan. Tempat yang sejuk menjadi salah satu daya tariknya.

3. Sisi Lain Permen Jatibarang

bangunan ikonikbangunan ikonik. Peta Google. sumber: Dewanti (Ms Mediator)

Lihat juga: Harvestjoan Salem Hill

Keberadaan Taman Besar Hijau tidak lepas dari Pabrik Gula Jatibarang, sebuah pabrik pengolah tebu menjadi gula yang mulai beroperasi sekitar tahun 1842. Di dalam gedung pabrik, masih terdapat mesin-mesin yang sering digunakan sebelumnya.

Pabrik Gula Jatibarang terakhir beroperasi pada tahun 2017 dan kini dijadikan tempat wisata sejarah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Meski sudah berusia ratusan tahun, Pabrik Gula Jatibarang tetap mengagumkan, apalagi jika melihat Locomotief Remise yang memiliki 9 pintu ikonik mirip kartun Thomas & Friends.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button