Tempat Wisata

Gua Langse. Nikmati keindahan alam yang mempesona dengan nuansa mistis di Gunung Kidul

Gua Langse di Gunung Kidul menawarkan pesona alam yang mempesona. Nikmati keindahan alam dengan suasana mistis yang mempesona.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Gua Langse merupakan objek wisata dan juga tempat religi yang banyak dikunjungi wisatawan. Faktanya, tidak banyak yang terjadi di sini saat ini dibandingkan dengan lokasi lain. Namun karena pesona yang ditawarkannya, bukan tidak mungkin suatu saat akan semakin menarik pengunjung. Gua ini menawarkan beberapa keistimewaan yang berbeda dengan gua lainnya.

Bukan di bawah tanah, melainkan di atas tebing yang cukup tinggi. Meskipun gua ini terbentuk secara alami selama ribuan tahun, gua ini baru ditemukan pertama kali sekitar tahun 1940. Saat itu belum dijadikan objek wisata. Di sisi lain, gua ini digunakan sebagai tempat meditasi beberapa kelompok antara lain Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Ir Sukarno.

Karena kemungkinan besar kedua tokoh ini bermeditasi di dua tempat tersebut, kini banyak wisatawan yang mengikuti jejak mereka. Namun selain untuk tujuan meditasi, tidak dapat dipungkiri bahwa objek wisata cantik ini juga memiliki keindahan yang ditawarkan. Mulut gua menghadap langsung ke Pantai Selatan sehingga Anda bisa mengagumi keindahannya.

Jogja Day Tour : Sunrise Lava Tour Merapi, Gua Pindul dan Sungai Oya

Daya tarik Gua Langse

Objek wisata Gua LangseFoto oleh Agung Purnomo di Google Maps

Nama Gua Langse di Gunung Kidul mungkin terdengar unik, namun sebenarnya ada cerita di balik namanya. Langse merupakan sejenis kain berwarna putih yang menyerupai kain kafan. Konon saat pertama kali ditemukan, pintu masuk gua ditutupi kain tersebut. Selain itu, merupakan ide bagus untuk mendiskusikan tempat wisata tersebut sebelum kunjungan Anda.

Keindahan dan keunikan Gua Langse

Keindahan menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan ingin berkunjung. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gua ini berbeda dengan gua bawah tanah kebanyakan. Faktanya, yang terjadi justru sebaliknya karena letaknya di atas tebing. Jadi bisa dikatakan gua ini terletak di dataran tinggi yang sulit dijangkau.

Mulut Gua Langse Gunung Kidul berada tepat di pantai selatan yang ombaknya tinggi. Anda bisa melihat deburan ombak yang berpacu dari jauh, cukup eksotis dan mengesankan. Bebatuan karang yang mengelilingi pantai semakin menambah pesonanya, terlihat sangat eksotik dan sayang untuk dilewatkan.

Tidak jarang ombak menghantam tebing di bawahnya sehingga menimbulkan suara deburan yang sangat khas. Terdapat beberapa tanaman di sekitar gua yang menenangkan suasana. Kehadiran pohon ini tak hanya mempercantik tempat wisata tersebut, namun juga menyejukkan pemandangan. Gugusan bukit tersebut terlihat ketika Anda berdiri di depan pintu masuk gua.

Tiket Arung Jeram Gua Tanding Gunung Kidul Jogja (TC)

Sebuah gua yang penuh dengan cerita mistis

Daya tarik Goa Langse selanjutnya adalah konon penuh dengan hal mistis. Dari cerita penemuan di atas, sebenarnya Anda sudah bisa menebak bahwa ini bukanlah gua biasa. Kain putih yang menutupi pintu masuk gua menjadi pertanda bahwa tempat ini mengandung unsur yang tidak biasa. Selain itu, beberapa tokoh menggunakannya sebagai tempat meditasi.

Konon dulunya gua ini merupakan tempat pertemuan antara raja zaman dahulu dengan ratu pantai selatan. Tak heran jika saat ini banyak wisatawan yang datang karena alasan ritual. Gua ini juga dijadikan tempat wisata religi dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan mencari inspirasi. Pada malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon malam, jumlah pengunjung gua ini meningkat pesat.

Pelacakan yang canggih

Meski melelahkan untuk mencapai Gua Langse, namun semua akan terbayar ketika sudah sampai di kawasan utama. Beberapa wisatawan menganggap pertarungan tersebut sebagai daya tarik tersendiri. Untuk mencapai gua tersebut Anda harus menaiki dan melewati ratusan anak tangga.

Akses sangat bagus, tangga terbuat dari batu paving dan beton. Beberapa masih terbuat dari kayu, namun cukup tebal dan kokoh untuk dilalui wisatawan. Lereng yang harus diatasi sebagian curam. Cukup menantang karena harus mendaki dengan sudut hingga 90 derajat.

Promo hotel di Gunung Kidul

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gua LangseFoto oleh Simon Thuresson di Google Maps

Gua Langse bisa dijadikan sebagai alternatif tempat wisata religi tergantung tujuan kunjungan anda. Meski jauh dari pusat kota, namun dijamin Anda tidak akan bosan sepanjang perjalanan. Disarankan untuk mengunjungi gua ini menggunakan kendaraan pribadi. Mengingat jaraknya yang jauh, Anda bisa menghemat waktu.

Jarak objek wisata dari Alun-Alun Wonosari sekitar 40 kilometer. Sebenarnya untuk menemukan objek wisata tersebut sangat mudah karena Anda hanya perlu berkendara menuju pantai. Untuk jarak tersebut rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah lebih dari 1 jam. Untuk jalur termudah Anda bisa mengambil Jalan Girijati – Legundi.

Untuk mengetahui lebih detail rute menuju gua mistis ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Cukup masukkan nama atau alamat lokasi. Wisata gua ini berlangsung di Dusun Girijati, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Biaya masuk dan jam buka

Meski harga tiketnya untuk wisatawan yang masuk, namun tetap terjangkau. Berbeda dengan tempat wisata di Gunung Kidul pada umumnya, Anda harus membatasi jumlah biasanya sebesar 10.000 rupiah. Harga tersebut tentunya sangat terjangkau karena nantinya Anda bisa menikmati semua atraksi dan berbagai aktivitas.

Terdapat biaya tambahan untuk tiket masuk Gua Langse Gunung Kidul. Ini adalah biaya parkir yang tentunya juga murah. Jika membawa sepeda motor siapkan dana tambahan sebesar 3.000 rupiah, untuk mobil 5.000 rupiah. Gua ini buka 24 jam setiap harinya. Silakan tentukan tujuan kunjungan Anda.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan menarik Gua LangseFoto oleh Anto Ndo46 di Google Maps

Hal yang biasa Anda lakukan saat mengunjungi gua bisa dilakukan di sini. Misalnya menjelajahi gua, menikmati keindahan alam sekitar dan lain sebagainya. Namun karena gua ini mengandung unsur mistis, ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan.

1. Jalur menuju gua

Perjalanan menuju Gua Langse sangat mengasyikkan, meski membutuhkan perjuangan yang panjang dan melelahkan. Sudut kemiringan saat pendakian bervariasi, bahkan ada yang 90 derajat Celcius. Bukit kapur ini cukup terjal dan menantang. Namun, saat berkendara Anda akan selalu ditemani pepohonan yang tumbuh subur di kanan dan kiri akses jalan.

2. Menikmati pemandangan alam Gua Langse

Perjalanan panjang dan menantang yang Anda jalani dijamin akan membuahkan hasil saat Anda mencapai puncak. Tebing tempat Anda berdiri ini bukan satu-satunya, tapi ada banyak di sekitarnya. Batu ini menjulang tinggi dan mempunyai bentuk yang sangat eksotik. Sebaliknya, Laut Selatan selalu menampakkan pesonanya dengan ombak dan anginnya yang tinggi.

3. Petualangan di dalam gua

Berpetualang di Gua Langse Gunung Kidul merupakan kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Seperti di goa pada umumnya, di sini juga terdapat hiasan stalaktit dan stalagmit. Bentuknya sangat natural sehingga terlihat begitu eksotis. Jika Anda takut berpetualang sendirian, pengelola akan memberi Anda pemandu profesional.

4. Meditasi untuk mencapai kedamaian batin

Karena gua cantik ini memiliki unsur mistis, tak jarang wisatawan memanfaatkannya untuk bermeditasi. Enggak salah, lokasinya yang terpencil dan jauh dari pusat kota membuatnya semakin cocok. Biasanya orang bermeditasi untuk mencari ketenangan batin, namun ada juga orang yang melakukannya secara sadar untuk mendapatkan bimbingan atau inspirasi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gua LangseFoto oleh Aris Faria Muhammadun di Google Maps

Gua Langse di Gunung Kidul memang terpencil dan akses menuju lokasinya sulit, namun bukan berarti minim fasilitas. Tempat parkir yang tersedia di sini cukup luas untuk sepeda motor dan mobil. Terdapat toilet bersih dan musala tempat ibadah di sekitar parkiran. Jika Anda lapar, silakan pergi ke warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Tidak sulit mencari tempat wisata selama berada di Jogja. Sebenarnya ada banyak kategori wisata yang tersedia di sini yang bisa Anda pilih tergantung tujuan Anda. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam sekaligus berpetualang, Gua Langse adalah destinasi terbaiknya. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang saat berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button