Tempat Wisata

Gunung Limo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan keistimewaan dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di waktu luang kita. Tentunya dalam keseharian kita banyak melakukan aktivitas yang sering membuat kita stress atau bosan, belum lagi kemacetan lalu lintas dan polusi di perkotaan yang menambah rasa lelah kita, setelah selesai semua aktivitas kita bisa kembali lagi. rumah. Perasaan lelah, stres, dan bosan ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita jika kita membiarkannya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, termasuk traveling ke berbagai tempat. Anda bahkan tidak perlu membuang uang, karena sudah banyak tempat wisata di daerah Anda yang bahkan tidak memungut biaya masuk.

Contoh tempat wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Gunung Limo yang terletak di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Bagi Anda yang sangat menyukai tantangan petualangan dan mendaki gunung, datang ke sini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dari segi fisik, Gunung Limo merupakan gugusan dari beberapa gunung di wilayah Pacitan yang berjajar lima dan terlihat unik jika dilihat dari pusat kota atau sekitar Gunung Limo. Gunung ini juga menjadi keistimewaan Kabupaten Pacitan karena sejarah Gunung Limo berpengaruh signifikan terhadap sejarah Pacitan. Gunung Limo merupakan simbol lambang kota 1001 Goa. Gunung Limo terdiri dari lima gunung yaitu Gunung Gembuk, Gunung Pakis Cakar, Gunung Lanang, Gunung Kukusan dan Gunung Lima Mantra. Namun yang lebih dikenal dengan Gunung Limo dan lebih sering dikunjungi adalah Gunung Limo Satu atau Gunung Limo Mantra.

Jalur menuju puncak Gunung Limo memang cukup menantang, apalagi saat transisi dari tangga besi vertikal menuju tanah sempit sebelum memasuki Selo Matangkep. Disebut demikian karena bentuknya yang sebenarnya menyerupai batu berbentuk mangkok, menyisakan celah sempit di antaranya sebagai lorong. Untuk melewatinya Anda perlu memiringkan tubuh dan mengambil posisi yang tepat untuk melewati Selo Matangkep yang panjangnya sekitar 10 meter. Kemudian jalan menanjak dengan kemiringan yang tinggi dan diantara akar-akar pohon.

Fasilitas di Gunung Limo

Sayangnya, Anda tidak bisa berharap banyak dari peralatannya. Karena masih sedikit yang bisa ditemukan dan dimanfaatkan disana, seperti :

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– pos istirahat

Jika Anda pergi ke sana untuk mendaki, Gunung Limo memiliki beberapa tempat istirahat di mana Anda dapat beristirahat, baik untuk sekedar duduk-duduk dan mengatur napas atau menikmati makanan dan minuman yang Anda bawa dari rumah.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Gunung Limo, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar kecil tidak perlu bingung lagi karena di tempat ini terdapat dua kamar kecil yang bisa anda gunakan.

Semoga kedepannya pemerintah atau mungkin pihak swasta dapat lebih baik dalam mengelola Gunung Limo dan membangun fasilitas lain yang dapat meningkatkan daya tariknya bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berburu foto di Gunung Limo

Jika Anda menyukai seni fotografi, tempat ini akan memanjakan Anda dengan pemandangan yang berbeda dan spot foto yang menarik seperti pepohonan yang indah dengan latar belakang pemandangan Kabupaten Pacitan. Di sini Anda bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai tempat berfoto saat bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa mengabadikan berbagai panorama kawasan tersebut seperti panorama hutan dan pedesaan yang bisa Anda lihat dari Batu Pongaan. Dan karena masih banyak pendaki lain di sini, Anda bisa memanfaatkan pandangan mereka untuk membidik lensa kamera Anda. Setelah mendapatkan foto yang cukup, jangan lupa untuk mengunggahnya di media sosial. Kami dapat mengandalkan Anda untuk membantu menyebarkan berita tentang objek wisata Gunung Limo kepada masyarakat umum.

Baca juga: Teluk Kletekan, Travel dan Snorkeling

Akses jalan menuju Gunung Limo

Dari Terminal Bungurasih, naik bus langsung ke Pacitan (Aneka Jaya) yang hanya beroperasi pada pukul 08.30, 09.30, 17.30, dan 18.30. Namun jika Anda ketinggalan bus ini atau ingin berangkat sesuai jadwal bus, pilihlah rute yang agak panjang yaitu bus ke Ponorogo lalu lanjut ke Pacitan.

Tidak ada angkutan umum menuju Gunung Limo dari terminal Pacitan. Untuk mencapai Gunung Limo, Anda bisa menggunakan ojek atau angkutan umum yang jumlahnya banyak. Harga biasanya harga murah.

– Dengan Kereta Api: Dari Surabaya, Anda bisa naik kereta KRD ke Kediri atau Tulungagung kemudian dilanjutkan dengan bus ke Pacitan.

Biaya masuk ke Gunung Limo

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gunung Limo

Tips liburan di Gunung Limo

  • Pastikan Anda dalam kondisi prima
  • Kenakan sepatu yang nyaman
  • Siapkan kendaraan yang ingin digunakan
  • Bawa makanan dan minuman dari rumah

Galeri Foto Gunung Limo

Gunung Limo di Pacitan
Potret Gunung Limo dari kaki gunung
Potret Gunung Limo di pagi hari
Pemandangan dari Gunung Limo
Puncak Gunung Limo
berburu foto
Matahari terbenam di Gunung Limo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button