Tempat Wisata

Gunung Mutis: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Nusa Tenggara Timur memang dikenal sebagai daerah yang alamnya kering. Udara juga sangat panas di Pulau Timor (NTT). Hal ini disebabkan oleh curah hujan yang rendah dan juga oleh dasar sekitarnya yang dipenuhi bebatuan karang. Namun dibalik suasana panas di Pulau Timor tersimpan keindahan alam yang mempesona. Contohnya adalah Cagar Alam Gunung Mutis.

Mendaki Gunung Mutis

Di kawasan wisata ini pengunjung dapat menikmati pemandangan hutan hijau yang luas dengan puluhan pohon yang rindang. Cagar Alam Gunung Mutis terletak di Kabupaten Timor Tengah. Ada beberapa pintu masuk yang bisa dilalui untuk sampai ke tempat wisata. Salah satu pintu masuk yang paling mudah dijangkau adalah ds. Fatumnasi, kec. Fatumnasi, kab. Timur Tengah Selatan.

Daya Tarik Gunung Mutis:

Mengunjungi tempat wisata Gunung Mutis, wisatawan disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Di kawasan wisata ini terdapat flora dan fauna yang besar. Pemandangan alam yang mempesona ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung yang singgah untuk menikmati keindahan pulau Timor.

Salah satu pemandangan yang paling indah untuk dinikmati adalah pohon-pohon tinggi dengan ranting dan dahan yang memberikan keteduhan. Pohon-pohon ini merupakan penopang ekonomi bagi masyarakat setempat. Setiap ranting dan dahan pohon dipenuhi madu hutan. Warga berharap dapat memanfaatkan madu hutan ini untuk menunjang kehidupan ekonomi mereka selain pertanian dan peternakan.

Peneliti kawasan wisata alam Gunung Mutis, Dr. Leo Banilodu, istri dari Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, mengungkapkan kekagumannya terhadap keindahan dan potensi alam daerah tersebut. Itu sebabnya dia menyarankan untuk mengubah cagar alam ini menjadi taman nasional.

Kawasan wisata alam ini telah lama menjadi bahan penelitian para peneliti lokal maupun mancanegara. Sayangnya, beberapa spesies hewan yang dilindungi di Gunung Mutis terancam punah. Dengan menjadikan wisata alam ini sebagai taman nasional, diharapkan berbagai satwa yang dilindungi tetap lestari dan tidak terancam punah.

Wisata Gunung Mutis terletak di sebuah desa bernama Fatumnasi. Desa ini dihuni oleh salah satu suku asli di pulau Timor yaitu suku Dawan. Udara di desa ini sangat sejuk dan segar. Desa ini terletak di kaki Gunung Mutis. Menurut cerita, Fatumnasi terdiri dari dua kata yaitu Fatum dan Nasi. Fatum adalah bahasa Dawan yang berarti batu, sedangkan Nasi adalah istilah yang menggambarkan banyaknya bebatuan di desa ini yang berbentuk seperti nasi.

Ada juga kawasan pemukiman di desa yang bisa dijadikan tempat menginap. Ada warga setempat yang menjadikan rumahnya homestay dengan gazebo atau lorong, ruang tamu dan rumah adat beratapkan rumbia khas Timor. Rumah adat beratap kerucut ini sering disebut ume kebubu. Pada umumnya seluruh warga Desa Fatumnasi memiliki Ume Kebubu sebagai tempat tinggalnya yang bersebelahan dengan rumah induk.

Saat ini, Ume Kebubu di Desa Fatumnasi digunakan sebagai gudang atau dapur penyimpanan makanan. Ada juga yang menggunakan rumah adat tersebut sebagai tempat menginap para wisatawan baik dari mancanegara maupun dari luar negeri.

Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Mutis, kita harus melalui pintu gerbang tempat membayar retribusi. Setelah itu pemandangan menarik menanti kita berupa kawanan kuda dan sapi yang sedang merumput di bawah pohon. Pohon yang menjulang tinggi itu disebut eucalyptus.

Tanaman eucalyptus mengeluarkan aroma harum saat tertiup angin. Selain pohon-pohon tersebut, ada juga tumbuhan lain yang melengkapi rerimbunan di kawasan wisata ini, misalnya paku-pakuan rotan, kayu cendana dan juga berbagai jenis tumbuhan lumut. Mungkin Anda akan terkagum-kagum dengan hutan kayu putih yang ada di kawasan wisata ini. Biasanya pohon ini hanya terdapat di negara yang memiliki empat musim seperti Selandia Baru dan Australia.

Fasilitas Gunung Mutis:

  • keluarga tamu
  • Aula/Paviliun
  • Parkir di area perumahan
  • warung makan

Biaya masuk ke Gunung Mutis

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Gunung Mutis:

Tempat wisata di Gunung Mutis ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Tarif masuk kawasan wisata ini bervariasi tergantung hari kunjungan. Namun harga yang dipatok sangat terjangkau mengingat tempat wisata ini tidak dikelola oleh pemerintah melainkan hanya oleh masyarakat setempat yang mengelola Gunung Mutis.

Lokasi dan Rute Gunung Mutis :

Wisata Gunung Mutis terletak di Ds. Fatumnasi, Kec. Mollo Utara, taksi.TTS. Kawasan wisata ini terletak di timur laut kota Kupang, sekitar 140 km. Untuk mencapai tempat wisata tersebut, Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Kupang menuju SoE.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan bus umum menuju desa Kapan dan Fatumnasi. Setibanya di desa wisata, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Sebagai aturan, penduduk setempat juga menawarkan diri sebagai pemandu untuk menemani Anda dalam wisata alam Anda.

Cagar Alam Gunung Mutis merupakan salah satu tempat wisata alam yang menarik di Nusa Tenggara Timur. Bagi Anda yang berkunjung ke NTT, tidak ada salahnya memilih tempat wisata ini sebagai tujuan wisata bersama teman dan keluarga.

Di balik keindahan tersebut, belum banyak orang yang mengetahui tentang kawasan wisata Gunung Mutis. Meski tempat wisata alam ini sudah banyak dikenal di kalangan peneliti asing seperti Belanda dan Australia.

Peta lokasi Gunung Mutis

Tips mengunjungi Gunung Mutis

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Mutis semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Gunung Mutis adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Gunung Mutis bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gunung Mutis.

Galeri foto Gunung Muti

Gunung MutisGunung Mutis Sumber : www.instagram.com/ayodolanGunung MutisSumber Gunung Mutis : instagram.com/adhymooy/Gunung MutisSumber Gunung Mutis : instagram.com/gerraldylukehSelamat datang di Gunung MutisAkses jalan menuju Gunung MutisTempat foto terbaikberburu fotoKabut di Gunung MutisBerkemah di Gunung MutisPuncak Gunung Mutis, 2427 m dpl

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button