Tempat Wisata

Gunung Pancar: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika Anda berada di kawasan Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, maka Anda akan menemukan sebuah properti wisata yang digemari banyak penikmat travel. Utamanya Jakarta dan sekitarnya. Gunung Pancar, tempat ini bisa Anda kunjungi saat penat dari hiruk pikuk kota dan mandi air panas di sana.

Di tempat wisata ini terdapat jalur sepeda gunung, jalur pendakian, menunggang kuda, pondok hutan, penangkaran rusa dan taman burung. Tersedia 10 unit forest cabin dengan kapasitas 4 orang atau large single bed. Anda juga mendapatkan menu sarapan, jagung mentah, pemandian air murni dan sumber air panas, serta api unggun.

Fasilitas di Gunung Pancar

Selain menikmati suasana pegunungan, Anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas seperti Farming Park, Outbound yang meliputi Flying Fox, Suspension Bridge, Elvis Bridge, Rope Bridge, Hell Barrier, Spider Web, Close Eye, Paintball, Ice Breaking dan Cliff Climbing.

Selain itu, terdapat 200 tenda untuk perkemahan dan 30 toilet. Di Farming Park, kamu bisa melihat tanaman yang tumbuh di sekitar rumah penduduk. Menawarkan jalur sepeda di taman pertanian. Ada beberapa jenis burung yang bisa anda jumpai antara lain elang, kutilang, ayam hutan merah, srigunting, jalak, rangkong dan jenis rusa seperti rusa totol, jawa dan bawean.

Sejarah Gunung Pancar

Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakann Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung ini penuh dengan mitos. Konon menurut masyarakat setempat, gunung ini dianggap sebagai awal dan akhir kehidupan di bumi. Dulu, sebelum ada kehidupan di bumi, belum ada gunung dan seringkali tempat ini bergetar, sering mengobrak-abrik isinya. Namun, tidak seberapa tinggi, yakni 800 meter di atas permukaan laut

Menurut laporan, muncul sesuatu yang besar yaitu Gunung Pancar karena sering berguncang. Tempat ini juga menjadi tempat bagi pengunjung yang ingin mempelajari ilmu gaib. Diyakini bahwa Gunung Pancar merupakan fondasi bumi yang paling penting. Kata memancar sendiri berarti tiang atau pasak. Jika gunung ini hancur akibat letusan, maka itu pertanda kehancuran alam semesta.

Dipercayai bahwa gunung ini adalah pusat kerajaan roh magis, dan beberapa orang bahkan percaya bahwa sebelum hari kiamat, semua roh bangsa jin, setan dan iblis yang menghuni gunung terlibat dalam perang dan keinginan. dimenangkan oleh mahluk halus yang menguasai di puncak Gunung Pancar, dimana terdapat makam – makam suci yang sangat kuno.

Beberapa tokoh legendaris disini adalah makam Mbah H. Dalem Putih, Ki Mas Bungsu, Mbah Raden Lawulung, Mbah Raden Surya Kencana, Mbah Kalijaga, dll. Ada pusaka yang angker dan misterius. Yakni Besi Koneng, yang memiliki pancaran cahaya dan daya magis yang tinggi. Dipercaya sebagai peninggalan sosok keramat di salah satu makam keramat di sana.

Akses lokasi Gunung Pancar

Untuk menuju Gunung Pancar yang berada sekitar 800 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melewati jalan tol dan keluar di pintu tol Sentul Selatan. Kemudian lanjutkan menyusuri jalan melewati desa Babakan Mandag dan Karang Tengah.

Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak tempuh sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Jika menggunakan sepeda motor atau sepeda, Anda bisa melalui desa Cimahpar yang juga mengarah ke Sentul Selatan. Namun harus diingat bahwa medan gunung membutuhkan energi tambahan.

Biaya masuk ke Gunung Pancar

hari dalam seminggu

  • Tiket masuk untuk wisatawan domestik: Rp 5.000/orang
  • Tiket masuk untuk wisatawan mancanegara: Rp 100.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

akhir pekan

  • Tiket masuk untuk wisatawan domestik: Rp 7.500/orang
  • Tiket masuk wisatawan mancanegara: Rp 150.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 7.500
  • Biaya parkir: Rp 15.000

Buku tahunan sekolah : Rp 1.500.000 (tidak termasuk tiket dan kendaraan)

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gunung Pancar

Tips Liburan ke Gunung Pancar

Sebelum berkunjung, sebaiknya simak dulu tips persiapan liburan berikut ini. Ajaklah banyak teman atau kerabat Anda ke Gunung Pancar jika Anda merasa sendirian atau hanya berdua saja yang terlalu takut untuk mengingat mitos tersebut. Persiapkan perbekalan secukupnya karena perjalanan yang cukup melelahkan.

Pastikan kesehatan Anda optimal. Medan untuk sebuah gunung tidaklah mudah, meski tidak setinggi itu. Jika Anda ingin bepergian menggunakan fasilitas yang disediakan, lakukan reservasi jauh-jauh hari. Ikuti aturan yang berlaku di sana, mis. B. Membayar harga tiket prewedding yang sesuai atau menyiapkan buku tahunan sekolah. Jangan curang karena hal ini dilarang oleh pengelola.

Perhatikan kebersihan dan tata krama saat berkunjung ke tempat wisata karena percaya atau tidak Gunung Pancar terkenal dengan makam keramatnya. Berencana untuk menginap semalam atau dua hari karena jika hanya datang satu hari akan terasa lelah dan butuh waktu istirahat.

Itulah beberapa ulasan dan informasi tentangnya Gunung Pankar. Semoga melengkapi referensi perjalanan Anda.

Galeri foto Gunung Pancar

Mendaki Gunung Pancar
potret sungai
Tempat foto terbaik
Pilihan akomodasi terdekat
Berkemah di Gunung Pancar

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button