Tempat Wisata

GUNUNG PUTRI Lembang Februari 2023 Tiket & Aktivitas

Harga Tiket Masuk Gunung Putri Lembang: Rp 10.000 hingga Rp 22.000. Jam buka: 24 jam. Nomor Telepon : 082117598382. Alamat / Tempat : Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391.

Bosan bepergian bolak-balik saat di Bandung? Gunung Putri Lembang bisa menjadi pilihan. Gunung ini cukup bersahabat bagi pendaki pemula. Jalurnya berupa tangga yang tersusun rapi dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncak. Sebagai penanda, di puncaknya terdapat tugu yang terkenal dengan namanya Monumen Sespim.

Gunung yang menurut mitos sangat erat hubungannya dengan legenda Sangkuriang. Dipercaya sebagai tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri dari Sangkuriang. Dari gunung tersebut, Sangkuriang mendorong perahu yang berubah menjadi gunung Tangkuban Parahu.

Harga tiket masuk Gunung Putri Lembang

Untuk menginap di ketinggian dan menikmati sejuknya suasana hutan pinus, tiket masuk objek wisata ini relatif murah.

Harga tiket masuk Gunung Putri Lembang
Tiket Masuk Pendakian Rp 10.000
tiket berkemah Rp 22.000

Baca: Tiket Masuk BEGONIA GARDEN Lembang & 10 Wahana

Syarat mengunjungi Gunung Putri Lembang :

  • Bawa KTP Anda dan tunjukkan kepada petugas untuk pendataan.
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.

Jam Buka Kawasan Wisata Gunung Putri Lembang

Jam operasional Gunung Putri
Setiap hari 24 jam

Kegiatan wisata di Gunung Putri Lembang

Lautan awan di Gunung Putri LembangMenikmati lautan awan dari puncak perbukitan yang mengelilingi kawasan pegunungan – Foto: instagram/shafaaqila7574

Dengarkan kicau burung, bangun tempat tidur gantung, bersantai dengan teman-teman. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di kawasan wisata ini. Aktivitas yang berhubungan dengan aktivitas alam menjadi menu utama para wisatawan. Inilah beberapa di antaranya.

1. Trekking di sekitar kawasan wisata

Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk mencapai puncak. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi fisik masing-masing individu.

Jalur yang dilalui untuk menuju puncak cukup bersahabat bagi para pendaki, terutama pemula. Medan yang akan dilalui cukup menanjak, namun tidak sulit. Disarankan untuk tidak mendaki terlalu larut karena saat mencapai puncak matahari akan tepat berada di atas kepala tanpa ada pepohonan yang menghalangi.

Baca: Tiket Masuk FARM HOUSE SUSU Lembang & 5 Wahana

2. Berkemah di puncak Gunung Putri

Pengunjung berkemah di tendaMenikmati suasana nokturnal kawasan pegunungan sambil camping – Foto: instagram/xx_ant

Salah satu kegiatan yang sangat populer di kawasan wisata adalah berkemah. Suasana hutan dan udara dingin di ketinggian 1587 mdpl akan menemani pengunjung saat berkemah. Perlengkapan camping seperti tenda, lampu dan alat masak bisa dibawa sendiri-sendiri.

3. Cahaya Kota bandung

Lampu kota berkelap-kelip dari atasKelap-kelip lampu kota dari puncak Gunung Putri – Foto: google.maps/Cadil Eka

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di kawasan wisata Gunung Putri Lembang adalah menikmati cahaya kota. Kilauan lampu warna-warni dari kejauhan menambah romantis suasana malam itu. Apalagi bagi yang camping di sini, pemandangan lampu kota Bandung di malam hari bisa jadi hiburan tersendiri.

Tentu saja, itu sangat bergantung pada cuaca. Saat cuaca cerah, keindahan lampu kota akan terlihat sangat jelas. Namun, jika kurang beruntung, lampu kota akan tertutup kabut.

4. Menikmati matahari terbit di Gunung Putri Lembang

Matahari terbit di Gunung Putri Suasana romantis sunrise di kawasan wisata Gunung Putri – Foto: instagram/@zimymaulana

Daya tarik utama tamasya adalah mengamati fenomena alam yang sulit ditemukan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Jika Anda sempat berkemah di sini, jangan lewatkan fenomena matahari terbit dari puncak gunung ini.

Tidak ada pohon yang menghalanginya, memungkinkan pengunjung untuk memandang pemandangan di depan mereka. Pengunjung juga bisa melihat keindahan gunung lainnya seperti Gunung Tangkuban Parahu, Rakutak, Burangrang, dll.

Baca: Tiket Masuk ORCHID Forest Cikole Lembang & Top 6 Aktivitas

5. Hutan pinus

Tutupan kabut di kawasan hutan pinusSelimut kabut di kawasan hutan – Foto:instagram/@herinherlina

Di sekitar kawasan pegunungan masih terdapat hutan yang didominasi oleh pohon pinus. Hutan pinus ini tidak menariknya sebagai tempat peristirahatan. Mulai dari bersantai, trekking atau sekedar berfoto.

Pepohonan hijau dan lebat di hutan ini menambah kesejukan suasana alam. Apalagi pada saat-saat tertentu saat terjadi kabut tebal, pengunjung bisa berfoto dengan kesan mistis.

perabot

Tempat pegunungan ini meliputi area yang dikelola oleh Perum Perhutani RPH Lembang. Perhutani bekerja sama dengan organisasi kepemudaan untuk memastikan dan menjaga keamanan lokasi perkemahan dan sekitarnya. Fasilitas seperti toilet terbilang mudah ditemui di kawasan wisata.

Lokasi Gunung Putri Lembang

Properti wisata ini terletak di Desa Jayagiri tepat di Jl. Gunung Putri No. 184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Untuk mencapai tempat wisata ini dari Pasar Lembang, ambil arah menuju Gunung Tangkuban Parahu hingga melewati Masjid Raya. Ada sebuah gang di sebelah kiri yang terlihat tanda yang mengarah ke kawasan pegunungan. Jalannya berliku dan menanjak, sekitar 15-20 menit Anda akan sampai di tempat parkir objek wisata ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button