Tempat Wisata

Gunung Singgah Mata : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Jika anda berlibur ke Aceh, sudahkah anda merencanakan tempat mana saja yang akan anda kunjungi? Aceh menawarkan begitu banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, kuliner dan religi hingga wisata bagi pecinta petualangan. Jika Anda termasuk penyuka tantangan ekstrem, datanglah ke Gunung Singgah Mata yang terletak di dua kabupaten sekaligus yakni Nagan Raya dan Aceh Tengah.

Gunung Singgah Mata masih menjadi bagian dari ekosistem Pegunungan Leuser yang dikenal luas. Gunung ini memiliki ketinggian setidaknya 2.800 meter di atas permukaan laut. Salah satu daya tarik yang ditawarkan tempat wisata ini adalah pemandangan yang mempesona dari atas puncak. Kabut putih dan udara sejuk berpadu dengan keindahan alam pepohonan hijau menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Gunung Singgah Mata

Berbeda dengan gunung lain di Aceh, Gunung Singgah Mata mempunyai keunikan. Lahan di lereng gunung dibuka untuk membangun jalan antara Nagan Raya dan Aceh tengah dan sebaliknya. Jarak yang harus ditempuh wisatawan untuk mencapai kaki gunung di Kecamatan Beutong ini sekitar 44 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Pertama-tama, wisatawan bisa mengharapkan jalan yang mulus dan beraspal baik. Namun sesampainya kami di distrik Beutong, petualangan sesungguhnya baru saja dimulai. Wisatawan terpaksa berkendara di jalan yang cukup sempit, yang kondisi jalannya dipenuhi tikungan, tanjakan ekstrim, dan jurang di salah satu sisinya. Pengunjung diimbau berhati-hati karena longsor sering terjadi di jalan lereng Gunung Singgah Mata.

Jaga konsentrasi tetap tinggi saat melintasi jalan ekstrem ini, karena jika lengah sedikit saja, wisatawan bisa terjerumus ke jurang yang dalam. Selain itu, masih banyak jalan berlubang dan beberapa titik jalan rusak parah. Saat berada di kaki Gunung Singgah, udara mulai turun drastis dan seringkali kabut tebal menghalangi jarak pandang.

Keajaiban Gunung Persinggahan Mata

Untuk mendaki Gunung Singgah Mata wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor seperti jalur pendakian. Karena area pendakian penuh tanjakan, wisatawan terkadang terpaksa turun dari kendaraan dan berjalan melewatinya. Sepanjang perjalanan wisatawan disuguhi pemandangan alam berupa pepohonan hijau yang asri, barisan perbukitan, dan pegunungan.

Gunung Singgah Mata sebenarnya merupakan bagian dari kawasan ekosistem Lueser yang terkenal dengan keanekaragaman flora dan faunanya. Saat wisatawan berkunjung ke tempat ini, terkadang masih bisa melihat berbagai satwa liar berkeliaran bebas seperti tupai, rusa, babi bahkan satwa liar seperti harimau. Namun hewan ini biasanya hidup di hutan dan sangat jarang ditemui manusia sehingga cukup aman.

Gunung Singgah Mata

Perjuangan para wisatawan untuk mencapai puncak Gunung Singgah Mata seolah membuahkan hasil di destinasi tersebut. Di puncak pendakian, wisatawan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa seperti hutan yang masih alami, pepohonan hijau, deretan perbukitan, dan tebalnya gelombang kabut di depan mata. Udara yang semakin dingin menjadi teman setia wisatawan.

Gunung Singgah Mata tidak hanya menjadi tujuan wisata, namun juga memiliki kekayaan alam berupa batu giok yang sering diburu penduduk setempat. Tak jarang wisatawan datang mendaki dan bertemu dengan warga sekitar yang sedang menambang batu giok di gunung tersebut. Batu giok inilah yang kemudian dijadikan berbagai jenis perhiasan dan souvenir yang belakangan ini populer di Indonesia.

Gunung Singgah Mata merupakan spot populer yang tidak pernah sepi, terutama oleh wisatawan yang menyukai tantangan. Gunung ini memiliki ciri khas tersendiri dan terkesan dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan di puncaknya. Saat cuaca cerah dan tidak tertutup kabut, wisatawan bisa menyaksikan keindahan kota Nagan Raya bahkan Meulaboh.

Keindahan alam Gunung Singgah Mata patut dilestarikan. Diharapkan pula pemerintah lebih memperhatikan fasilitas yang ada di gunung ini, seperti pembangunan jalan dan fasilitas umum lainnya. Bukan tidak mungkin jika dicermati, gunung ini mampu menarik minat wisatawan dalam dan luar negeri.

Fasilitas Gunung Singga Mata

Fasilitas yang tersedia di Gunung Singgah Mata sangat terbatas. Di sini wisatawan tidak akan menemukan fasilitas seperti toilet umum dan mushola. Hanya ada satu pos kecil di puncak yang sering digunakan sebagai tempat peristirahatan para pendaki untuk memulihkan tenaga setelah perjalanan jauh.

Jika tidak, jalan di Gunung Singgah Mata dinilai sangat buruk. Terdapat beberapa titik jalan yang rusak parah dan berlubang. Selain itu, kondisi jalan yang sering terjadi longsor juga dapat membahayakan wisatawan dan pengendara yang melewati jalur tersebut. Di tempat wisata ini juga tidak ada warung yang menjual makanan atau minuman. Sebaiknya wisatawan membawa perbekalan terlebih dahulu sebelum menuju ke gunung ini.

Baca juga: Sungai Krueng Isep, wisata sungai dengan pemandangan alam yang mempesona

Jika ingin bermalam, wisatawan bisa memilih beberapa akomodasi dan hotel di Kecamatan Beutong atau juga di Takengon, Aceh Tengah. Namun jika ingin pengalaman berbeda, pengunjung bisa mendirikan tenda dan bermalam di puncak Gunung Singgah Mata.

Mengunjungi Gunung Singgah Mata bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai wisata alam dan menyukai tantangan. Berikut aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini.

Nikmati pemandangan alam

Begitu sampai di puncak, Anda akan disuguhkan keindahan alam Aceh yang lestari. Hijaunya pepohonan dan perbukitan menjadi fenomena yang sangat memanjakan mata. Anda juga akan merasakan betapa dinginnya udara di atas yang merupakan ciri khas daerah dataran tinggi.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan Kota Takengon dan Nagan Raya dari ketinggian. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari objek wisata yang jauh dari hiruk pikuk kota. Datanglah di akhir pekan untuk sekadar menghilangkan penat menjalani kehidupan sehari-hari.

Perburuan Foto

Di zaman modern seperti ini, kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen di puncak Gunung Singgah Mata melalui foto-foto lucu. Di sini Anda bisa memotret berbagai keindahan alam dan juga dijadikan background untuk selfie. Tentu saja menjadi pengalaman tersendiri jika berfoto dengan latar belakang pemandangan dari puncak gunung.

Jika ingin menghasilkan foto yang lebih menarik, Anda bisa menggunakan drone untuk mengambil foto dari ketinggian. Keindahan Gunung Singgah Mata semakin mempesona bila difoto dari udara. Lokasi ini juga bisa menjadi pilihan fotografi menarik bagi anda yang ingin mencari tempat wisata untuk foto prewedding.

Baca juga:

Peta lokasi Gunung Singgah Mata

Jam buka dan tarif masuk Gunung Singga Mata

Untuk menikmati keindahan Gunung Singgah Mata, Anda bisa berkunjung kapan saja dan tidak perlu khawatir dengan biaya masuk karena gratis. Namun perlu diketahui bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu oleh manajemen setempat.

Tips Berwisata di Gunung Singga Mata

  • Pastikan kondisi fisik Anda dalam kondisi prima sebelum menuju Gunung Singgah Mata.
  • Pastikan Anda membawa sepeda motor yang bagus karena medan yang akan Anda lalui sangat sulit.
  • Berhati-hatilah saat sampai di kaki gunung karena jalannya cukup berbahaya dan ekstrim.
  • Bawalah pakaian hangat karena kondisi udara di gunung ini sangat dingin.
  • Sebaiknya membawa makanan dari rumah karena tidak ada penjual makanan dan minuman di sini.
  • Selalu memperhatikan kebersihan dan jangan sembarangan membuang sampah di gunung.
  • Berhati-hatilah dan berdoa sebelum berangkat agar liburan Anda berjalan lancar.

Galeri foto Gunung Singga Mata

Potret Gunung Singgah Mata di Aceh
Puncak Gunung Singga Mata
Potret pengunjung
Koneksi jalan
Spot foto di pinggir tebing

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button