Tempat Wisata

Harga tiket CURUG CIPANA Lembang dan aktivitas September 2023

Harga tiket CURUG CIPANA Lembang dan aktivitas September 2023

Air Terjun Cipanas Nagrak Biaya masuk: Rp25.000-Rp. 35.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Jalan Nagrak Kulon Sukajaya Lembang, Cihideung, Parongpong, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Siapa bilang berendam air panas harus mengeluarkan biaya banyak? Kabupaten Bandung Barat menawarkan solusi bagi wisatawan yang ingin merasakan manfaat pemandian air panas pegunungan sesungguhnya tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Adalah Air Terjun Cipanas Nagraksebuah objek wisata alam dengan sumber air panas alami.

Pemandian air panas ini bukan sekedar kolam melainkan air terjun alami yang berada di tengah areal perkebunan. Mata air tersebut mengalir deras menjadi air terjun kecil di tengah lanskap perbukitan hijau. Pengunjung akan serasa sedang mandi di kolam air panas menyenangkan yang dikelilingi alam terbuka.

Biaya masuk air terjun Cipanas

Air Terjun Cipanas Nagrak merupakan pemandian air panas terbuka dengan tarif masuk yang terjangkau. Dengan biaya masuk sebesar Rp 25.000, pengunjung sudah bisa menikmati manfaat air panas dari sumber mata air alami.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk dewasa/anak-anak Rp 25.000
Tiket masuk perkemahan Rp 35.000
Tiket parkir sepeda motor Rp 5.000
Tiket parkir untuk mobil Rp 10.000

Biaya masuk air terjun Cipanas

Baca : Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Layung Bandung Barat

jam operasional

Pemandian air panas di sini terbuka untuk umum 24 jam sehari. Untuk pengalaman baru, pengunjung bisa mencoba berendam di malam hari.

Daya tarik air terjun Cipanas Nagrak

Berenang di Air Terjun Cipanas, Nagrak, LembangWisatawan bisa berenang di kolam yang berada di bawah air terjun. Foto: Google Peta/
Cadil Eka

Baca: Tiket Masuk CURUG Tilu Bandung dan Keindahannya yang Mempesona

Sesuai dengan namanya, Curug Cipanas Nagrak merupakan sebuah air terjun air panas yang berada di Desa Nagrak, Lembang. Air panas yang mengalir ini bukanlah air panas buatan, melainkan berasal dari sumber alami yang bersumber dari energi panas bumi.

Airnya mengandung belerang yang mempunyai efek positif bagi kesehatan. Kawasan pemandian air panas ini juga dikelilingi perbukitan dan perkebunan yang indah dan memanjakan mata.

Alam yang indah dan indah

kolam berundakAir terjun Cipanas Nagrak dengan kolam nyaman di lahan bertingkat – Foto: Google Maps/Jasa Kontraktor Interior Jakarta

Baca: Tiket Masuk Orchid Forest dan 6 Aktivitas Pilihan

Pemandian air panas di Curug Cipanas Nagrak ini terletak di tengah areal perkebunan milik warga sekitar. Meski tak jauh dari jalan raya dan diakses melalui pemukiman warga, namun lokasinya tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan. Letaknya juga sedikit di bawah dan diapit oleh perbukitan.

Dari tempat parkir pengunjung masih harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun. Meski jalurnya sempit dan jalan tanah, perjalanan tidak akan melelahkan. Pemandangan hijau di sekelilingnya, sejuknya udara ditambah dengan nada jenaka dari rambu-rambu tersebut semakin membangkitkan semangat untuk terus melangkah.

Meski jalur setapaknya terlihat asri dengan deretan tanaman hias, pengunjung akan dibawa melintasi beberapa sungai kecil berisi air panas. Jalan ini mungkin sulit dinavigasi selama musim hujan. Khususnya bagi pengguna kursi roda atau orang yang kesulitan berjalan.

kolam berundak

Kolam ketigaKolam terbesar dengan air terjun lebar, kolam ketiga – Foto: Google Maps/Ajeng Kartini

Baca: Tiket Masuk Dago Dream Park dan Top 4 Wahana

Air panas di kawasan wisata Cipanas Nagrak mengalir di permukaan tanah dengan kontur landai. Dengan sedikit inisiatif, beberapa tingkat aliran air telah diubah menjadi air terjun. Air terjun ikonik tersebut merupakan air terjun yang tidak terlalu besar. Airnya dialirkan ke beberapa kolam buatan di bawahnya.

Terdapat tiga lantai dengan kolam di setiap anak tangganya. Kedalaman kolam rata-rata hanya 50 hingga 70 sentimeter sehingga aman untuk segala usia. Ketiga kola tersebut membentuk rangkaian sumber air panas yang dipisahkan oleh dinding batu dan jembatan bambu.

Kolam pertama terletak tepat di bawah air terjun, konon suhu air di sana lebih hangat dibandingkan di kolam lainnya. Sedangkan cekungan kedua terbagi menjadi dua bagian, salah satunya sengaja berbentuk hati jika dilihat dari atas. Berikutnya kolam ketiga merupakan kolam terbesar dengan air terjun buatan yang luas. Tempat ini paling cocok untuk bersantai atau bermain air.

Visibilitas menyeluruh

Kolam Termal Air Terjun Cipanas LembangCurug Cipanas Nagrak memiliki aliran air hangat alami dengan kandungan yang menyehatkan – Foto: Google Maps/ADIASSIDIK

Baca : Tiket Masuk D’Dieuland Bandung dan Aktivitasnya

Air di Pemandian Curug Nagrak Cipanas tampak berwarna biru kehijauan saat tidak ada pengunjung. Karena mengandung belerang, warnanya pekat dan sedikit berbau. Belerang terlihat pada dinding batu berwarna kuning, hal ini disebabkan adanya residu belerang yang terbawa aliran air.

Pemandian air panas Curug Cipanas Nagrak menawarkan pengalaman termal luar ruangan. Terletak di tengah perbukitan, wisatawan dimanjakan dengan manfaat air panas dan tanaman hijau serta panorama alam yang mempesona. Merasakan hangatnya tubuh, mata terhibur dengan pemandangan sekitar yang kaya akan pepohonan dan deretan kebun sayur.

tempat perkemahanTersedia tempat perkemahan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Dedi Priadi

Jika kurang puas, tambah pengalaman dengan camping. Bermalam di alam terbuka ditemani suara air terjun dan uap panas menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Cukup bawa perlengkapan berkemah Anda dan rasakan sensasinya.

Baca: 15 Tempat Wisata Menarik di Lembang Bandung

Indah untuk diabadikan

InstagramableDeretan payung berjejer di jalan menuju kolam pemandian – Foto: Google Maps/Bow Denz

Baca: Tiket Masuk Farm House Lembang dan 5 Wahana Spesial

Selain tampilan air terjun alami yang mempesona, pengunjung juga disuguhi fasilitas yang memadai. Apalagi setelah melalui proses renovasi yang cukup lama, Air Terjun Cipanas Nagrak kini terlihat lebih megah.

Jalan setapak yang terpelihara dengan baik, penataan stand dan gubuk yang tertata rapi serta tersedia spot-spot yang bagus bagi para penggemar selfie.

Kabin yang nyamanGubuk-gubuk di sekitar kolam mengundang Anda untuk bersantai – Foto: Google Maps/Mulyadi Hadiwijaya

Baca: Tiket Masuk TEBING KERATON Bandung dan Kegiatannya

Pondok peristirahatan yang ada terlihat cantik dengan hiasan tirai dan bantalan kursi yang nyaman. Jalan setapaknya juga terlihat cantik, dengan bebatuan di sisinya yang memisahkan kolam air panas alami.

Kawasan ini semakin dipercantik dengan dekorasi lampu-lampu yang digantung di balik payung warna-warni yang bertebaran. Kalaupun ke Air Terjun Cipanas Nagrak, rasanya tak seperti tempat wisata alam yang berada di tengah kawasan perkebunan di Bandung Barat, bukan?

Fasilitas Air Terjun Cipanas Nagrak

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Cipanas Nagrak cukup lengkap dan memadai. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada, tempat parkir, toilet, kamar mandi, musala dan warung. Ada juga pondok istirahat dan tempat perkemahan yang nyaman.

Lokasi air terjun Cipanas Nagrak

Air Terjun Cipanas Nagrak terletak di Jalan Nagrak Kulon, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Akses menuju lokasi kini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi roda empat atau dua. Dari tempat parkir, pengunjung selanjutnya harus berjalan kaki menuju air terjun dan kolam termal.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button