Tempat Wisata

Harga tiket DE TJANGKUL & berbagai wahana Desember 2022

Biaya masuk De Tjangkul : Rp 25.000Jam buka: 09.00 – 17.00 WIBTidak Telepon: 08001593333Alamat: Jalan Abdul Gani Atas No. 12, Desa Ngaglik, Batu, Batu, Jawa Timur, Indonesia, 65311

De Tjangkul merupakan tempat rekreasi keluarga yang menggabungkan wisata edukasi dan taman foto. Wisata ini sudah ada di Kota Batu sejak tahun 2018 lalu. Konsepnya sendiri mengusung tema keindahan alam nusantara dan Belanda.

Kawasan tersebut menyuguhkan pesona alam yang hijau dengan latar belakang Gunung Arjuna sebagai ciri khasnya. Ada juga kebun buah-buahan seperti jeruk dan jambu biji. Lalu ada taman khas Belanda yang berisi berbagai spot foto unik. Salah satu yang paling terkenal adalah pembangunan kincir angin dengan baling-baling besar.

Biaya masuk ke De Tjangkul

Soal harga tiket, Anda tidak perlu khawatir karena harganya masih terjangkau. Namun tiket spot foto tidak termasuk dalam tiket masuk.

Harga tiket wisata De Tjangkul
tiket masuk Rp 25.000
Tiket Spot Foto Rp 10.000 – Rp 20.000
persewaan kostum Rp 15.000 – Rp 30.000

Baca: Tiket & Wahana Kusuma Waterpark Batu

Jam buka De Tjangkul

De Tjangkul selalu Senin sampai Minggu. Termasuk hari libur nasional dan tanggal merah, wisatawan tetap akan berkunjung seperti biasa. Adapun jam buka dari pagi hingga sore hari.

jam buka
Setiap hari 09.00 – 17.00 WIB

Wisata De Tjangkul yang Seru

Jika ingin mencari spot foto unik, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengunjungi wisata De Tjangkul. Karena di kawasan ini terdapat banyak tempat unik yang tidak boleh dilewatkan. Ada rumah kincir, rumah terbalik, rumah kelinci dan balon udara. Selain itu, ada wahana ekstrim seperti sepeda udara dan ayunan.

Rumah terbalik

Temukan rumah terbalik De Tjangkul.Rumah terbalik. Foto: Googlemap/Sri Wahyuni

Salah satu objek foto favorit pengunjung wisata De Tjangkul adalah rumah terbalik. Modelnya sangat berbeda dengan rumah kebanyakan. Di mana letak atap di bawah. Sedangkan bagian atas yang merupakan lantai rumah dihiasi dengan patung bulan dan bunga.

Ciri khas dari kendaraan yang satu ini adalah semuanya terbalik. Mulai dari teras, dapur, ruang tamu, kamar tidur bahkan semua furniture yang ada di dalamnya. Warna rumahnya juga unik, terlihat dari luar, dindingnya berwarna hijau muda dengan sentuhan garis-garis putih. Sedangkan area sekitarnya dihiasi dengan banyak rerumputan hijau dan bunga-bunga yang indah.

Baca: Harga Tiket JATIM PARK 1, Jam Operasional, dan 10 Wahana Seru

rumah kelinci

Selanjutnya ada area rumah kelinci yang berada di bawah jembatan merah. Rumahnya berbentuk jamur dan berukuran mini. Jumlah bangunan sekitar 3 buah dengan ukuran yang berbeda-beda. Rumah besar ada di depan dan rumah terkecil ada di belakang.

Ketiga rumah tersebut memiliki atap bertitik setengah lingkaran yang dihiasi warna-warna cerah. Ada merah, biru muda dan hijau. Jangan lupa sertakan gambar jendela melengkung di atap. Dan pintu masuknya ada di batang jamur.

Baca: Tiket STONE NIGHT SPEKTAKULER BNS Malang & 10 Wahana Keren

Pabrik

Sekelompok foto keluarga di depan rumah penggilingan Belanda De Tjangkul.Peluang foto gaya Belanda dengan bangunan kincir angin dan pakaian tradisional. Foto: Googlemap/Tirai Gorden

Jika ingin mengambil foto ala Belanda, tidak perlu jauh-jauh ke negara asal. Datang saja ke De Tjangkul Tour di Jawa Timur. Ada tempat di sini untuk rumah kincir angin yang mirip dengan yang ada di Belanda. Lokasinya persis di sebelah kanan jembatan lengkung merah.

Rumah penggilingan berbentuk prisma heksagonal dengan permadani merah. Ada kincir angin di depan dan satu lagi di belakang. Itu ada di jendela putih kecil di bagian atas. Di sini pengunjung bisa berfoto dengan pakaian tradisional Belanda.

Baca: Tiket Selecta MALANG & 7 Wahana Keren

balon

Naik foto balon udara di De Tjangkul BatuSebuah photo booth yang berbentuk seperti balon udara, meskipun tidak bisa terbang akan terlihat seperti terbang jika anda mengambil foto yang tepat. Foto: Google Maps/Irma Mustafa

Atraksi unik lainnya adalah balon udara yang bisa menjadi spot selfie. Lokasinya bersebelahan dengan patung singa di sebelah tangga menuju rumah terbalik. Sayangnya balon udara disini hanya replika, jadi tidak bisa terbang.

Namun setidaknya pengunjung bisa masuk ke dalam dengan menaiki tangga di bawah. Di atas, suasana terlihat berbeda. Segala sesuatu di bagian bawah akan terlihat sangat kecil. Posisi balon udara ini seperti pusat tempat pengunjung terbang di langit.

Baca: Tiket BATU SECRET ZOO & 10 Zona Terbaik

sepeda udara

Bagi yang ingin memacu adrenalin, Anda wajib mencoba wahana airbike. Pengunjung tidak mengayuh sepedanya di tanah. Tapi dengan lintasan tali yang menggantung di udara. Sebuah sepeda hanya muat untuk 1 sampai 2 orang.

Tidak perlu takut saat mengendarai sepeda motor. Karena pengunjung mendapat sejumlah alat pengaman. Jadi naik sepeda saja sesuai petunjuk petugas. Di wahana ini, pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan di sekitar De Tjangkul.

Baca: Tiket & Atraksi MILENIAL GLOW GARDEN

wahana ayunan

wahana ayunanSwing Spot menawarkan sensasi berayun di ketinggian yang cukup ekstrim. Foto: Googlemap/Bro Yonathan Channel

Wahana ayunan tidak kalah serunya dengan sepeda udara. Karena keduanya berada pada ketinggian yang cukup ekstrim. Saat bermain, pengunjung berayun hanya dengan sabuk pengaman yang terpasang di pinggang. Sabuk tersebut nantinya akan dihubungkan dengan dua tali ayunan di kanan dan kiri.

Meski ekstrim, tidak mengurangi semangat mencoba. Saat berayun, pengunjung disuguhkan dengan latar belakang alam yang sangat indah. Yakni berupa langit biru dan rangkaian pegunungan. Ditambah angin sepoi-sepoi khas Kota Batu.

Baca: 4 Tempat Petik Apel di Kota Batu

Fasilitas De Tjangkul

Manajemen telah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk menambah kenyamanan. Di bawah ini terdapat toilet, tempat parkir, musala dan beberapa tempat duduk bersantai. Pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar karena terdapat warung makan. Jangan lupa sediakan juga pusat oleh-oleh yang menjual berbagai oleh-oleh khas Kota Batu.

Lokasi De Tjangul

De Tjangkul masih satu kawasan dengan Agrowisata Kusuma. Situs tersebut terletak di Jalan Abdul Gani Atas No. 12, Desa Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit. Dengan jarak sekitar 21 kilometer.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button