Tempat Wisata

Harga Tiket, Fasilitas, Atraksi!

wisata Coban Sewu – Kota Malang memiliki potensi wisata yang besar, baik wisata alam maupun wisata buatan.

Memang alam pelosok Malang begitu asri dan asri sehingga wisatawan selalu memasukkan Malang sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Nah, salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Sewu atau biasa disebut Coban Sewu.

informasi Umum

Alamat: Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Bendosari, Malang, Jawa Timur 65391
Peta: Peta Google
Biaya masuk: Rp 5.000 per orang
Waktu aktif: Setiap hari
Nomor telepon: 0813-3318-3380

via Instagram.com Foto oleh @alegunturvia Instagram.com Foto oleh @aleguntur

Coban Sewu merupakan destinasi wisata yang seeksotis Air Terjun Niagara di luar negeri. Banyak pelancong menghabiskan waktu liburannya dengan bersantai, berfoto atau bermain air.

Selain itu, suasana pegunungan yang begitu sejuk seperti ciri khas hampir semua air terjun, bukan? Nah, buat kamu yang suka banget fotografi, kenapa tidak mampir ke Coban Sewu, hasilnya pasti lumayan heboh.

via Instagram.com Foto oleh @tikapus257via Instagram.com Foto oleh @tikapus257

Kunjungi juga: 52 Pantai Terbaik di Malang

Daya tarik Coban Sewu

Daya tarik Wisata Coban Sewu ini sesuai dengan namanya. Jika air terjun biasanya memiliki satu atau dua aliran air yang begitu deras, berbeda dengan Coban Sewu. Air Terjun Sewu atau Coban Sewu memiliki banyak air terjun yang tersebar di kawasan Coban Sewu.

Kalaupun tersebar, bukan berarti tempat-tempat itu terpencar, melainkan menjadi satu dalam satu kawasan. Airnya yang tawar juga sering digunakan untuk permainan air atau mandi oleh pengunjung atau wisatawan.

Tempat wisata Coban Sewu MalangTempat wisata Coban Sewu Malang

Lokasi Coban Sewu

Tempat wisata Coban Sewu diapit oleh dua kabupaten yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang. Tepatnya di kawasan Pujon, Malang. Masih ingat lokasi Pujon seperti yang disebutkan di artikel tentang hutan pinus Bendosari.

Jadi Anda bisa mengikuti rute menuju Pujon. Karena lokasi Coban Sewu berada di antara dua kabupaten, tidak ada salahnya untuk mengikuti rute di bawah ini.

Dari kota Malang: Jika tempat awal Anda di kota Malang, akan memakan waktu sekitar 2 jam. Rutenya adalah Kota Malang-Bululawang-Dampit-Tirtomulyo-Pronojiwo.

via Instagram.com Foto oleh @badrut.tamamvia Instagram.com Foto oleh @badrut.tamam

Dari sana, sekitar 100 meter, Anda akan menemukan tugu perbatasan Malang dan Lumajang serta sebuah gang menuju ke bawah di sisi kanan jalan. Jika Anda mengikuti jalur ini, Anda akan sampai di situs Coban Sewu.

Dari Lumajang: Saat berada di Kabupaten Lumajang, Anda bisa mengakses Jln. Probolinggo-Wonorejo, atau kalau masih bingung pakai GPS saja. Tempat wisata Coban Sewu sudah terpampang di Google Maps.

Meski tempat wisata ini berada di antara dua kabupaten, namun wisata ini dikelola dengan sangat adil oleh pemerintah setempat. Oh iya, kalau kamu tidak terbiasa dengan trekking yang terjal, coba bawa perlengkapan yang bisa membantumu tetap aman.

via Instagram.com Foto oleh @achmadrieqzavia Instagram.com Foto oleh @achmadrieqza

Biaya masuk ke Coban Sewu

Nggak perlu merogoh kocek terlalu banyak untuk masalah harga tiket, sob. Cukup Rp 5000 Rupiah per orang saja. Namun, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Untuk perubahannya mungkin tidak terlalu drastis, intinya view yang begitu indah dengan harga tiket segitu pasti murah banget ya guys.

Sedangkan bagi yang datang dengan kendaraan bermotor harus membayar biaya parkir sepeda motor hanya Rp 2.000 dan biaya parkir Rp 5.000.

Nantinya, dari tempat parkir kendaraan, Anda akan menemukan pos jaga yang jaraknya hanya 10 meter dan perjalanan Anda baru akan dimulai dari sini.

Fasilitas yang tersedia di Coban Sewu

Kredit foto Google Maps (Ahmad Ridwan)Kredit foto Google Maps (Ahmad Ridwan)

Bicara soal fasilitas yang tersedia, tempat wisata alam di Malang ini sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang lengkap lho, sudah ada toilet, toko souvenir dan tempat ibadah. Area parkirnya juga sangat luas.

Pesona wisata air terjun

Wisatawan perlu trekking ke Coban Sewu melalui anak tangga via Google Maps @Bambang Eko ListriantoWisatawan perlu trekking ke Coban Sewu melalui anak tangga via Google Maps @Bambang Eko Listrianto

Oh iya, untuk menuju air terjun keren ini, wisatawan harus menuruni anak tangga yang cukup banyak. Sebelum sampai di lokasi air terjun, Anda akan dihadapkan dengan suara dan pemandangan indah air terjun dari ketinggian.

Jarak burung parkit dengan air terjunnya sendiri cukup jauh, sekitar 500 meter. Jadi jika ingin datang ke sini, fisik Anda harus fit.

Tempat parkir kendaraan air terjun ini cukup luas, jadi anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir kendaraan. Selain tempat parkir yang disiapkan pengelola, wisatawan juga bisa menggunakan berbagai fasilitas penunjang lainnya mulai dari kamar mandi, toilet, warung makan kecil, hingga musala dan banyak warung.

pemandangan dari atas

Air Terjun Coban Sewu MalangAir Terjun Coban Sewu Malang

Setelah sekitar 5 meter dari loket tiket, Anda akan sampai di sebuah perempatan. Di sebelah kanan Anda akan sampai ke air terjun dari daerah Malang dan sebaliknya dari Lumajang.

Obyek wisata disini memiliki 2 nama yaitu Coban Sewu dan juga Panorama Coban Sewu. Sehingga wisatawan yang ingin belok kanan akan melalui trekking yang lebih ekstrim. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan air terjun dari ketinggian bisa mengunjungi Panorama Coban Sewu, dimana pemandangan air terjun dari ketinggian disuguhkan kepada para wisatawan.

Obyek wisata panorama Coban Sewu sendiri sangat cocok bagi para wisatawan yang gemar berfoto, karena dari ketinggian panorama Coban Sewu wisatawan dapat berpose dengan background air terjun yang indah.

Untuk penyeberangan sebelah kiri, wisatawan diminta melewati jalan ekstrim, wisatawan harus menuruni tebing dengan tangga, bukan sembarang tangga.

Tangga yang Anda lewati terbuat dari batu yang jaraknya hanya beberapa meter, kemudian tangga selanjutnya yang harus Anda lewati terbuat dari bambu yang dihubungkan dengan tali ban untuk membuat anak tangga.

Anda harus menaiki beberapa anak tangga yang cukup curam di sepanjang sisi tebing. dan di bagian lain, wisatawan harus berjalan sedikit dengan merangkak menuruni tangga bambu.

Harus berhati-hati saat melintasi tangga ini, jangan lupa berpegangan pada bambu dan tali yang diikatkan di samping. Berbahaya, tetapi juga sangat menantang.

Selama perjalanan menuju lokasi air terjun ini, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang sangat indah, yang bisa dilihat dari jauh. Anda juga akan diguyur oleh cipratan air terjun yang jatuh dari ketinggian ini.

Dibutuhkan usaha ekstra untuk menuju lokasi air terjun ini, sehingga hanya wisatawan yang bermental baja saja yang bisa sampai ke lokasi air terjun.

Kredit foto Google Maps (Ivan Permana)Kredit foto Google Maps (Ivan Permana)

Karena akses ke tempat air terjun ini satu-satunya, terkadang kita harus bergantian jika ada yang mau naik atau turun dari Malang. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin berbelok ke arah Lumajang, mengarah ke Panorama Coban Sewu.

Di rest area ini, wisatawan bisa bersantai sejenak di tempat yang telah disediakan sambil mengamati keindahan alam yang terhampar.

Namun, semua rasa lelah itu akan terbayar dengan keindahan alam yang tersaji, meski kita belum sampai di tempat air terjunnya, baru sampai di rest area. Begitu melanjutkan perjalanan dan sampai di titik air terjun, rasa lelah pun langsung hilang.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan sungai yang mengalir di bawahnya, Anda juga dapat menikmati pemandangan Air Terjun Coban Sewu yang indah.

Wisatawan yang datang ke sini perlu berpose di belakang air terjun, bermain air di sepanjang sungai, dan melanjutkan perjalanan menyusuri sungai untuk berolahraga. arung jeram

Wisatawan perlu berhati-hati dan mengingat derasnya aliran air terjun. Oleh karena itu tidak disarankan untuk berenang dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Panorama Coban Sewu

Wisata bisa berfoto di Coban Sewu.  Foto Google Maps @Aris Dwi RohmanaWisata bisa berfoto di Coban Sewu. Foto Google Maps @Aris Dwi Rohmana

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Air Terjun Coban Sewu yang lebih indah, Anda perlu ke Coban Sewu.

Di sini Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat spektakuler. Namun wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan tali dan menuju ke bawah atau ke belakang.

Masing-masing rute ini cukup menuntut. Jika wisatawan memilih jalan naik, Panorama Coban Sewu akan memandu mereka ke arah yang berbeda. Ada gazebo di sini di mana Anda dapat menikmati pemandangan.

Di samping paviliun juga terdapat restoran tempat Anda bisa beristirahat dan bersantai sambil menikmati kuliner khas Malang dan minuman nikmat untuk menambah energi.

Bagi yang ingin lebih asyik lagi, Anda bisa menginap di homestay yang bisa Anda gunakan sebagai tempat bermalam yang disediakan oleh penduduk setempat dengan harga yang relatif murah.

Selain menginap di penginapan yang disediakan pengelola, Anda juga bisa mendirikan tenda dengan berkemah di alam.

Bagi wisatawan yang ingin berkemah, cukup membayar pengelola sebesar Rp 35.000 untuk biaya izin mendirikan tenda.

Periksa juga: 22 Kafe di Malang Paling Hits

Tips liburan ke Coban Sewu

Kredit foto Twitter.com @sunriseinbromoSumber gambar Twitter.com @sunriseinbromo

Bagi wisatawan yang berencana ke Air Terjun Coban Sewu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar liburan Anda semakin berkesan, antara lain:

  • Wisatawan wajib menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman, jika memungkinkan pakailah sepatu atau sendal gunung agar leluasa bergerak dan tidak terpeleset.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan seperti kantong sampah, jaket, dan pakaian.
  • Bawa juga baju ganti karena rugi kalau kesini tapi tidak kebasahan.
  • Kalau bisa bawa baju cepat kering ya, karena bakal kena “gerimis” air terjun yang terus jatuh dari ketinggian.
  • Bawa bekal, bisa air minum atau makanan, karena butuh tenaga ekstra untuk menuju lokasi air terjun.
  • Tetap waspada dan perhatikan langkahmu karena banyak area yang basah sehingga agak licin sehingga perlu berhati-hati.

Jadi tunggu apalagi, ajak teman, orang tersayang, dan keluarga Anda untuk melihat betapa indahnya Coban Sewu yang tak kalah indahnya dengan Air Terjun Niagara di luar negeri. Anda bepergian dengan anggaran terbatas, tetapi Anda masih bisa merasakan keindahan yang sesungguhnya di sini, kawan.

* * * *

Demikian rating tempat wisata Coban Sewu yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan untuk anda dan rombongan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain agar air terjun ini semakin populer.

Kunjungi juga: Pantai Teluk Asmara Malang

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button