Tempat Wisata

Hutan Kota Langsa: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Langsa dikenal sebagai daerah yang mampu memajukan sektor pariwisata dengan baik. Oleh karena itu, tidak heran jika kota kecil ini berkembang menjadi destinasi wisata yang mampu menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota ini tidak hanya memiliki hutan bakau, namun juga beberapa tempat wisata mempesona seperti Hutan Kota Langsa yang menjadi destinasi liburan populer bagi keluarga.

Tak lengkap rasanya jika berada di Kota Langsa namun tidak mengunjungi Hutan Kota Langsa. Di hutan ini terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang bisa ditemui wisatawan. Salah satu tanaman yang paling banyak dicari adalah bunga Rafflesia yang hanya mekar setahun sekali. Hutan tidak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga paru-paru kota Langsa yang berperan dalam mengurangi pemanasan global.

Hutan kota Langsa

Secara geografis Hutan Kota Langsa terletak di Jalan Perumnas, Desa Paya Bujok Seulemak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, Aceh. Untuk mengunjungi hutan ini, wisatawan setidaknya perlu menempuh jarak sekitar 6 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dari pusat kota Langsa. Terdapat berbagai alternatif transportasi umum, namun pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Hutan Kota Langsa tidak hanya ramai dikunjungi oleh pengunjung dari kota saja, namun juga sering dikunjungi oleh wisatawan dari daerah setempat seperti Aceh Tamiang, Aceh Timur bahkan Sumatera Utara. Padahal, jarak Sumut ke Kota Langsa cukup pendek jika dibandingkan dengan Banda Aceh.

Keajaiban hutan kota Langsa

Pemerintah setempat bertujuan mengembangkan Hutan Kota Langsa tidak hanya sebagai destinasi wisata tetapi juga sebagai media edukasi bagi masyarakat. Di hutan ini terdapat lebih dari 300 jenis tumbuhan serta puluhan satwa yang didatangkan dari berbagai daerah di nusantara. Wisatawan bisa belajar mengenal jenis tumbuhan dan juga mengenal lebih dekat dengan hewan.

Hutan kota Langsa tertata cukup rapi, pepohonan hijau tumbuh lebat dan dihiasi bunga berwarna-warni. Jenis pohon yang ditanam di hutan ini antara lain merbau, damar, palem, jati, dan meuranti. Kehadiran pepohonan di hutan ini juga menciptakan suasana rindang dan asri, serta wisatawan juga bisa menghirup udara segar bebas polusi.

Hutan kota Langsa

Saat memasuki gerbang depan Hutan Kota Langsa, wisatawan langsung disambut dengan kandang yang penuh dengan satwa seperti buaya, rusa, ular, kera, musang, landak dan berbagai jenis burung. Wisatawan dapat memberi makan rusa dengan membeli wortel kemasan seharga Rp. 2.000. Anak-anak kecil asyik memberi makan rusa di hutan ini ditemani orang tuanya.

Di tempat wisata ini juga terdapat kolam renang, namun sayangnya airnya keruh. Kolam ini juga memiliki wahana untuk anak-anak seperti sepeda bebek yang bisa disewa untuk berkeliling kolam. Harga sewanya cukup murah, namun airnya yang keruh agak mengaburkan pemandangan hutan. Jika airnya jernih, pasti hutan ini akan terlihat semakin menawan.

Wisatawan juga bisa berjalan kaki melewati hutan yang luasnya mencapai 9 hektar ini. Menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau berupa deretan pepohonan mampu menghilangkan penat setelah penat beraktivitas sehari-hari. Tempat ini menjadi tempat wisata populer bagi keluarga ketika hari raya tiba.

Saat libur panjang, hutan kota Langsa ramai dikunjungi. Pada hari normal jumlah pengunjung rata-rata 3000 orang per hari. Pengunjung juga mungkin akan mengalami lonjakan saat libur Idul Fitri dan Tahun Baru. Kebanyakan wisatawan bersantai di atas karpet di bawah pohon, makan sesuatu dan bercanda dengan kerabat mereka.

Kawasan hutan kota Langsa

Fasilitas yang ada di Hutan Kota Langsa juga cukup lengkap, terdapat fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir yang luas dan juga tempat sampah. Selain itu, terdapat juga musala yang dapat digunakan wisatawan untuk kebaktian gereja. Di hutan ini juga terdapat kabin-kabin untuk wisatawan yang ingin beristirahat setelah lelah berjalan-jalan di hutan.

Saat berkunjung ke hutan ini, wisatawan tidak perlu takut kelaparan karena di hutan ini terdapat banyak penjual makanan dan warung yang menjual berbagai macam kuliner lezat. Salah satu yang wajib dicoba adalah singkong gaul dengan rasa yang berbeda-beda.

Baca juga: Pelabuhan Kuala Langsa, objek wisata terpopuler di kota Langsa

Ada pula jasa sewa karpet di Hutan Kota Langsa yang bisa disewa wisatawan dengan harga Rp 20.000 saja. Ada juga wisata sepeda air yang memungkinkan pengunjung menjelajahi kolam-kolam di dalam hutan. Ada juga permainan outbound yang bisa dicoba pengunjung.

Mengunjungi tempat wisata ini bisa menjadi pilihan menarik jika anda sedang mencari objek wisata untuk berlibur bersama keluarga. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Hutan Kota Langsa.

Menikmati keindahan hutan

Jika anda sedang berada di kota Langsa, sempatkanlah untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Anda akan disuguhi hutan yang terawat dan terjaga kelestariannya. Di sini Anda akan menemukan berbagai jenis tanaman yang tumbuh dan ditanam dengan baik, bahkan ada beberapa jenis tanaman langka. Anda juga bisa melihat bunga Rafflesia bermekaran antara bulan November dan Desember.

Selain itu, hutan ini juga memiliki berbagai koleksi satwa yang bisa Anda lihat di kebun binatang mini. Terdapat berbagai jenis hewan dari berbagai daerah, seperti rusa, monyet, buaya, dan juga berbagai jenis burung. Suasana yang menyenangkan dan udara segar sepertinya bisa menjadi obat yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah Anda.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang gemar berfoto, Hutan Kota Langsa juga bisa menjadi destinasi berburu Anda selanjutnya. Ada berbagai objek menarik di sini yang bisa Anda potret dengan kamera Anda, seperti deretan pepohonan hijau, kolam, dan berbagai satwa yang ada di kebun binatang mini. Banyak juga pengunjung yang tak lupa mengabadikan momen tersebut dengan berswafoto.

Anda dapat menggunakan latar belakang yang berbeda seperti kolam dan deretan pepohonan yang rimbun. Selain itu, jembatan di dalam hutan juga menjadi tempat populer untuk fotografi. Jika Anda sedang mencari tempat wisata untuk foto prewedding, hutan ini bisa menjadi pilihan menarik.

Harga tiket Hutan Kota Langsa dan jam buka

Untuk memasuki Hutan Kota Langsa, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 dan bayar parkir Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Objek wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Baca juga:

Peta lokasi hutan kota Langsa

Tips Berwisata di Hutan Kota Langsa

  • Jika Anda membawa anak-anak, selalu awasi mereka agar tidak tersesat di hutan.
  • Berhati-hatilah saat melintasi jembatan karena jembatan tersebut hanya mampu menampung 40 orang.
  • Selalu menjaga kebersihan hutan dan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah hutan dan jangan merusak apapun yang ada di dalamnya.

Galeri foto hutan kota Langsa

Hutan kota Langsa
Potret sungai
Potret pohon besar
Berburu foto di jembatan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button