Tempat Wisata

Hutan Kota Malabar: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Tempat wisata di Indonesia sangat banyak sehingga tidak perlu jauh-jauh pergi ke negara lain padahal masih ada tempat wisata menarik di negara kita sendiri agar lebih banyak orang tahu. Malang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata alam karena letak geografisnya. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, banyak bangunan didirikan di sana di atas tanah hijau. Kelangkaan ruang terbuka hijau di Kota Malang menyebabkan udara yang tadinya dingin dan sejuk terasa semakin panas. Untungnya, masih ada beberapa alun-alun atau ruang hijau yang bisa digunakan warga lokal atau turis mancanegara untuk liburan murah meriah.

Hutan Kota Malabar merupakan objek wisata di persimpangan Jalan Malabar dan Merbabu di kota Malang. Sebagai hutan atau taman kota, tempat ini berfungsi untuk menyeimbangkan udara di kota Malang agar tidak terlalu panas dan kotor akibat polusi kendaraan sehari-hari. Luas hutan kota ini sekitar 16.718 meter persegi, dan terdapat cekungan air di tengah hutan kota yang konon memiliki beberapa keunggulan. Tempat ini bisa digunakan untuk rekreasi karena suasana disini sangat tenang, sehingga suasana hati bisa terasa tenang dan damai. Karena banyaknya tanaman dan pohon dengan nama spesies yang berbeda, perjalanan ke sana juga bisa mendidik.

Ketika anda memasuki kawasan Hutan Kota Malabar, anda langsung merasakan udara yang begitu sejuk dan sejuk serta anda juga dapat mendengar kicauan burung liar disana. Di hutan kota ini, pepohonan semakin lebat. Sehingga saat Anda sedang duduk di bawah pohon atau sedang piknik, udara akan terasa begitu segar. Lokasinya yang berada di tengah kota juga memudahkan semua orang untuk berkunjung.

Dahulu, Hutan Kota Malabar bernama Kebon Rodjo atau Bon Rodjo, yang kemudian berubah nama menjadi Hutan Kota Malabar setelah diresmikan, peresmian dilakukan pada tanggal 4 April 2016. Oksigen yang banyak fungsinya, wahana edukasi lingkungan , rekreasi dan menjadi sarana kesehatan. Mencapai kawasan ini sangat nyaman karena sudah ada jalan beraspal di sekitar hutan.

Fasilitas di Hutan Kota Malabar

Meski fasilitas yang ada di objek wisata ini belum begitu lengkap, namun Pemerintah Kabupaten Malang menyediakan beberapa fasilitas pendukung bagi pengunjung, antara lain:

– Area parkir

Kendaraan pribadi yang dibawa pengunjung dapat tertampung di tempat parkir mobil yang cukup luas. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi. Biaya parkirnya juga murah.

– Tempat peristirahatan umum

Tidak banyak toilet umum di Hutan Kota Malabar, namun setidaknya ada sehingga pengunjung yang ingin menggunakan toilet tidak perlu repot mencarinya.

– Paviliun

Di tempat wisata ini terdapat beberapa paviliun untuk pengunjung bersantai, menikmati makanan atau minuman yang dibawa dari rumah sambil jalan-jalan.

– Jalan aspal

Jalanan berbatu di sekitar hutan memang sengaja ditata agar wisatawan bisa berjalan-jalan santai tanpa menginjak tanaman yang ada. Rute ini juga populer untuk jogging.

– Bilik atau tempat makan

Keluar dari Hutan Kota Malabar, Anda bisa dengan mudah menjumpai berbagai warung atau restoran yang menjual makanan khas Malang atau makanan lainnya dengan harga terjangkau.

– Tempat bermain anak-anak

Bagi Anda yang membawa anak, telah disediakan area bermain anak di Hutan Kota Malabar.

Berburu foto di Hutan Kota Malabar

Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, disini Anda dapat mengabadikan pemandangan yang indah dan memukau dari panorama indah di sekitar Hutan Kota Malabat sepuasnya. Pepohonan yang lebat dan asri memberikan kesan alam yang mempesona. Karena di latar belakang air terjun. Ada juga jalan beraspal di sekitar hutan dimana Anda bisa berfoto atau selfie bersama teman, keluarga. Keberadaan reservoir bisa dijadikan sebagai target jepretan kamera Anda. Banyak pengunjung yang datang ke Hutan Kota Malabar hanya untuk berfoto lalu mengunggahnya ke berbagai media sosial.

Baca juga: Kasembon Rafting, Wisata Sambil Rafting

Akses jalan menuju Hutan Kota Malabar

Lokasi hutan kota ini cukup strategis karena tidak jauh dari pusat kota Malang. Dari Alun-alun Kota Malang, Anda cukup berkendara ke arah utara lalu belok kiri menuju Jalan Semeru. Sampai di perempatan sebelum ujung Jalan Semeru, belok kanan menuju Jalan Merapi, lurus dan sampai di lokasi Hutan Kota Malabar. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk berkunjung. Jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, ada banyak pilihan transportasi umum yang tersedia termasuk ojek, angkutan umum, dan bus. Ada juga banyak perusahaan rental mobil di Malang.

Biaya masuk ke Hutan Kota Malabar

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam Operasional Hutan Kota Malabar

Tips berlibur di Hutan Kota Malabar

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Hutan Kota Malabar semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Hutan Kota Malabar adalah saat liburan panjang.
  • Ajak orang-orang tercinta ke Hutan Kota Malabar untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Hutan Kota Malabar.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Hutan Kota Malabar.

Galeri Foto Hutan Kota Malabar

Selamat datang di kota hutan Malabar
Potret Hutan Kota Malabar
Potret pengunjung Hutan Kota Malabar
Potret Tupai
Potret Bunglon

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button