Tempat Wisata

Indahnya Air Terjun Pasir Reungit, surga tersembunyi di lereng Gunung Salak Bogor

Curug Pasir Reungit di Bogor menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dengan air terjunnya yang mempesona, menjadikannya surga wisata tersembunyi di lereng Gunung Salak.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Raya Gunung Salak Endah, Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Bagi Anda yang berencana berlibur ke kawasan Bogor, Jawa Barat, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Air Terjun Pasir Reungit yang berada di lereng Gunung Salak.

Tempat wisata alam ini sangat cocok bagi anda yang ingin bermain air meski berada di dataran tinggi. Sejuknya udara Bogor serta keindahan alam Gunung Salak menjadi magnet tersendiri.

Namun air terjun yang menakjubkan dengan kolamnya yang berwarna biru kehijauan pasti akan menyegarkan mata dan pikiran Anda. Objek wisata ini buka setiap hari dan merupakan destinasi liburan ideal bagi keluarga.

Namun perlu diingat bahwa jalurnya mungkin sedikit curam dan Anda harus dalam kondisi prima untuk mengunjungi tempat ini.

Air terjun Pasir Reungit menawarkan atraksi

Daya Tarik Air Terjun Pasir ReungitFoto: Google Maps/Dewi Fitriasih

Lokasi strategis

Kawasan wisata Curug Pasir Reungit terletak di jalur pendakian menuju Kawah Ratu. Oleh karena itu, banyak orang yang memutuskan untuk mengunjungi air terjun ini setelah puas dengan pemandangan kawahnya, atau sebaliknya.

Jika Anda berasal dari Kota Bogor, sebenarnya Anda bisa menempuh perjalanan selama beberapa jam. Alternatifnya, Anda bisa menginap di beberapa homestay di kawasan tersebut. Ini memberi Anda lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan alam taman nasional ini.

Air terjun dan kolam jernih

Berbeda dengan Air Terjun Pangeran yang tidak terlalu tinggi, Air Terjun Pasir Reungit Bogor memiliki ketinggian hingga 30 m.

Dari pintu masuk terdengar suara air terjun. Dan setelah kurang dari 10 menit berjalan kaki, Anda sudah bisa melihat dan merasakan gemericik air terjun yang melimpah.

Namun bukan hanya air terjunnya saja yang membuat Anda takjub. Kolam dengan airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan juga tampak memancarkan cahaya.

Dekat tempat wisata lainnya

Selain Kawah Ratu, air terjun cantik ini juga dekat dengan berbagai tempat wisata lainnya seperti Air Terjun Goa Lumut Endah. Beberapa air terjun yang juga berada di lokasi yang sama adalah Curug Cigamea, Curug Pangeran dan Curug Ngumpet. Hal ini memudahkan Anda mengunjungi berbagai tempat wisata dalam waktu bersamaan.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun Pasir ReungitFoto: Facebook/Syafiya Aninditha

Ada beberapa jalur yang bisa menuju ke kawasan wisata Curug Pasir Reungit. Namun umumnya yang datang untuk wisata ini mengikuti arah menuju Kawah Ratu dan masuk jalur melalui Gerbang Jalur Gunung Bunder.

Alamat resmi air terjun ini terletak di taman nasional yaitu Jalan Raya Gunung Salak Endah, Gunung Sari, Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dari pintu masuk ini Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga 20 menit sebelum menemukan tanda yang menunjukkan pintu masuk air terjun.

Karena sebagian besar jalan di jalur ini belum beraspal, sebaiknya gunakan sepeda motor yang masih bertenaga untuk menanjak.

Biaya masuk wisata alam

Tiket masuk kawasan Curug Pasir Reungit Bogor hanya seharga Rp 10.000,00 per orang. Namun biaya tersebut belum termasuk dalam biaya parkir dan juga tiket masuk kawasan wisata Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Anda harus menyiapkan jumlah pasti untuk membayar tiket masuk. Pasalnya, kawasan air terjun masih hanya menerima uang tunai dan belum menerapkan metode pembayaran lainnya.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak buka 24 jam sehari untuk memfasilitasi berkemah. Namun kawasan air terjunnya sendiri hanya buka hingga jam 5 sore.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun Pasir ReungitFoto: Google Maps/Herry Wolff

1. Berkemah

Anda bisa berkemah di perkemahan Pasir Reungit. Lokasinya yang berjarak sekitar 200 meter dari air terjun sehingga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang masih belum puas melihat keindahan alam Gunung Salak.

Biaya bermalam di Curug Pasir Reungit adalah Rp 20.000,00 per tenda. Dan biaya tersebut masih di luar biaya parkir mobil dan motor yang juga menginap.

2. Menikmati hutan pinus di kawasan Air Terjun Pasir Reungit

Kawasan sekitar air terjun berupa hutan pinus juga tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menikmati pemandangan dengan piknik atau bersantai di antara pepohonan Tempat tidur gantung.

Pihak pengelola air terjun menyewakan hammock dengan harga yang cukup terjangkau. Nikmati udara khas pegunungan ditemani suara burung, serangga, dan monyet dari hutan.

3. Berenang di kolam dekat air terjun

Meski kecil, namun kolam di air terjun ini cukup dalam dan bisa digunakan untuk berenang. Selain itu, airnya yang berwarna hijau kebiruan terlihat sangat menarik dan Anda mungkin tidak bisa menahan diri untuk tidak berenang.

Namun aliran di air terjun cantik ini bisa dibilang cukup deras karena terhubung dengan sungai yang bersumber dari air terjun dan sumber mata air lainnya di kaki Gunung Salak. Jadi Anda harus berhati-hati saat mencoba air di kolam air terjun tersebut.

4. Fotografi

Penggemar fotografi juga bisa menikmati keindahan alam air terjun ini. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk fotografi.

Untuk hasil terbaik Anda bisa datang pada pagi dan sore hari. Jika beruntung, Anda bisa mengambil foto indah dengan pelangi diiringi suara air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas air terjun Pasir ReungitFoto: Facebook/Febriani

Objek wisata alam ini menawarkan banyak kesempatan untuk berbagai aktivitas. Mulai dari tempat parkir yang cukup luas hingga tersedianya toilet yang bersih untuk buang air besar dan mandi.

Namun hampir tidak ada pedagang di kawasan air terjun, sehingga disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri. Lengkap dengan kantong plastik untuk membuang perbekalan yang Anda bawa.

Berwisata ke kawasan Bogor belum lengkap rasanya tanpa menikmati keindahan Gunung Salak. Terdapat puluhan air terjun dan tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi. Keindahan air terjun Pasir Reungit dengan kolam berwarna biru jernih.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button