Tempat Wisata

Kampung Jodipan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Setiap kali Anda merasa lelah di tempat kerja atau hal-hal lain, pasti Anda memikirkan hiburan yang menyenangkan, baik itu berdua saja dengan keluarga atau teman-teman Anda. Namun tidak sedikit yang menyarankan untuk tidak pergi berlibur karena kebanyakan berpikir bahwa Anda selalu harus mengeluarkan banyak uang untuk berlibur. Ada berbagai jenis tempat wisata di dekat Anda yang tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmatinya. Apalagi jika Anda tinggal di Malang, sebuah kabupaten di Jawa Timur. Anda tidak perlu berkendara jauh dari kota untuk beristirahat sejenak setelah seharian bekerja. Di Malang, ada beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi dengan harga murah, seperti Kampung Jodipan.

Desa Jodipan merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang lokasi tepatnya berada di desa tersebut. Kecamatan Jodipan. Blimbing, Kota Malang. Tidak banyak desa di Jawa Timur yang sengaja dijadikan objek wisata untuk umum. Namun jika Anda berkunjung ke Malang, Anda akan menemukan desa yang kini menjadi objek wisata populer. Tempat ini adalah Kampung Jodipan atau juga dikenal dengan Kampung Warna-Warni Jodipan.

Seperti namanya, desa ini benar-benar penuh warna. Sebuah rumah di desa memiliki dinding dan atap yang dicat setidaknya dalam tiga warna berbeda. Jika Anda kebetulan melihat foto desa ini, Anda mungkin mengira itu bukan di Indonesia. Kampung Jodipan sebenarnya merupakan kawasan kumuh di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Bahkan menjadi salah satu dari 11 desa dengan permukiman kumuh terbanyak di Indonesia. Semuanya berubah ketika sekelompok mahasiswa humas dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat pekerjaan humas dan event management. Mereka mencoba mengajukan inisiatif kepada perusahaan cat untuk bekerja sama dalam proyek ini. Ternyata perusahaan juga akan membuat program CSR dan bergotong royong untuk membuat kawasan kumuh di Jodipan menjadi berwarna.

Desa ini dipilih sebagai tujuan karena desa ini memiliki view yang bagus dari jembatan di Jalan Gatot Subroto. Namun, warga setempat sering membuang sampah ke sungai, yang memperburuk keadaan. Program ini bertujuan untuk “membersihkan” desa dan mengedukasi masyarakat tentang sanitasi. Warga, prajurit TNI AU, dan seniman mulai mengecat desa tersebut pada Juni 2016.

Perusahaan cat menyediakan tiga ton cat untuk mewarnai desa ini. Sekitar 107 rumah di desa ini dicat dengan warna-warna cerah seperti hijau, kuning, pink, dan ungu. Beberapa komunitas lukis mural di Malang juga melukis bagian utara desa ini (dikenal sebagai Kampung Tridi) dengan seni 3D. Di desa tersebut juga terdapat sebuah gang yang dihiasi dengan payung warna-warni.

Fasilitas di Desa Jodipan

Berbicara tentang fasilitas, sedangkan fasilitas yang tersedia di Kampung Jodipan Tourism Property tidak terlalu banyak atau lengkap, ada beberapa yang bisa Anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Saat menikmati tempat wisata Kampung Jodipan, perut pasti akan terasa lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar desa Anda akan menemukan warung-warung yang dikelola penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan rumah warna-warni sambil menyantap bahan makanan yang Anda beli di sekitar.

– Akomodasi

Di sekitar desa Jodipan, Anda yang sedang mencari akomodasi akan menemukan akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar objek wisata Kampung Jodipan.

Berburu foto di desa Jodipan

Anda tertarik untuk datang ke tempat ini? Jadi jangan lupa membawa kamera anda, karena disini anda akan dipuaskan dengan spot-spot foto menarik untuk background foto anda, seperti:

Jembatan Embong Brantas

Jembatan yang berjarak sekitar 500 meter di selatan stasiun kereta api kota Malang ini pasti akan membuat Anda takjub saat melihat deretan kampung warna-warni di sebelah timur jembatan. Tak heran banyak wisatawan yang sangat menyukai pemandangan dari jembatan ini, dari mana Anda bisa melihat seluruh desa warna-warni Jodipan dan desa Tridi Kesatrian di sebelahnya.

Lantai dan dinding berwarna-warni di bawah jembatan

Dindingnya berwarna-warni, mulai dari merah jambu, gelap, dan hijau, dan lantainya dicat menyerupai lingkaran cahaya warna-warni. Bingkai jembatan di sebelahnya yang juga dicat sangat berwarna membuat latar belakang foto sangat menarik bagi pengunjung di titik ini. Tak heran, pengunjung bergiliran berfoto dengan latar dinding, lantai, dan jembatan.

Baca juga: Edukasi Satwa Petungsewu, Jalan-jalan sambil mengikuti program edukasi

Akses jalan menuju Kampung Jodipan

Lokasi Kampung Warna Warni berjarak sekitar 500 meter arah selatan stasiun kereta api. Cukup dekat kalau mau jalan kaki atau naik becak dari stasiun kereta. Bagi yang membutuhkan angkutan umum, disarankan untuk menggunakan Angutan Kota Malang yang melintasi kawasan Kampung Warna Warni. Angkutan umum beroperasi di sekitar lokasi, termasuk ABG/ABH, AJG/AJH, AMG/AMH dan MT, yang melintasi Jalan Jembatan Brantas. Gatot Subroto.

Harga tiket masuk Kampung Jodipan

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Jam buka desa Jodipan

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Kampung Jodipan

Menambah keseruan dan kualitas liburan Anda dan liburan keluarga di Kampung Jodipan. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi desa Jodipan adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Kampung Jodipan bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Kampung Jodipan.

Galeri foto desa Jodipan

Selamat datang di Desa Jodipan
Taman bunga
jembatan estetika
Potret udara desa Jodipan
Potret Kali
potret kereta api
tempat foto
Spot foto di tangga
Warna desa Jodipan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button