Tempat Wisata

Kartiko Traditional Heritage Culinary: jam buka dan harga menu terkini

Kartiko Traditional Heritage Culinary: jam buka dan harga menu terkini

Ada sebuah restoran di Surabaya, Jawa Timur yang menyajikan berbagai masakan Indonesia. Namanya Kartiko Traditional Heritage Culinary, kaya akan masakan tradisional Indonesia.

Kebanyakan pelanggan yang datang ke restoran ini adalah penggemar masakan khas Indonesia. Di tengah gempuran jajanan modern dari luar negeri, Kartiko Traditional Heritage Surabaya tetap ramai dikunjungi pengunjung.

Menu lokal Indonesia yang menjadi jantung restoran ini sudah terlihat dari namanya. Selain menu yang kaya akan tradisi Indonesia, bangunan resto ini juga mengusung konsep tradisional Jawa.

Alamat kuliner warisan tradisional Kartiko

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, sehingga wajar jika banyak pusat keramaian di kota pahlawan ini. Salah satu kawasan yang paling ramai di Surabaya adalah Jalan Raya Darmo Permai.

Di jalan ini terdapat restoran dengan menu lokal di Surabaya yaitu Kartiko Traditional Heritage Culinary. Karena lokasinya yang strategis, restoran ini mudah ditemukan. Alamatnya Jalan Raya Darmo Permai Nomor 45-47, Pakis, Surabaya, Jawa Timur.

Anda tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi karena jalan utama juga digunakan oleh berbagai bentuk angkutan umum. Restoran kuliner tradisional ini mudah ditemukan di tengah gedung-gedung tinggi karena desainnya yang mencolok.

Keunikan tradisi kuliner tradisional Kartiko

Satu hal yang menarik dan unik dari restoran di Jalan Raya Darmo Permai Surabaya ini adalah perpaduan harmonis antara Jawa dan Cina. Ya, meski mengandalkan masakan tradisional Indonesia, pemilik restoran tersebut adalah keturunan Tionghoa.

Apa lagi yang unik dan menjadi daya tarik Kartiko Traditional Heritage Surabaya? Berikut adalah beberapa keunikan tersebut.

1. Arsitektur perpaduan Jawa-Tionghoa

Kartiko Heritage relatif mudah ditemukan di pusat kota karena desain arsitektur restoran yang tidak biasa. Unsur kayu yang dominan membedakan bangunan restoran dengan gedung perkantoran dan pertokoan di jalan utama.

Restoran ini dibangun dengan konsep perpaduan masakan tradisional Jawa dan Cina. Ornamen yang digunakan juga memperkuat konsep ini dengan hadirnya sangkar burung berciri khas Jawa dan tempayan Tionghoa.

Saat memasuki restoran, pengunjung melihat meja dan kursi panjang dengan gaya angkringan Jawa, sambil melihat ke atas, lampu gantung seperti lampion berfungsi sebagai sumber cahaya. Material kayu bangunannya mengingatkan pada joglo yang biasanya terbuat dari kayu yang kokoh.

Selain itu, penggunaan kayu sebagai material utama pada bangunan resto memberikan kesan elegan dan mewah. Selain itu, material kayunya terasa lebih hangat dan bersahabat bagi setiap orang yang menginjaknya.

2. Penjualan aneka jajanan pasar

Jika Anda sedang mencari tempat beli jajanan pasar di Surabaya, Kartiko Traditional Heritage Culinary bisa menjadi alternatif. Restoran ini tidak hanya menjual hidangan, tetapi juga menawarkan pilihan jajanan pasar.

Bahkan, jajanan pasar ini bisa langsung ditemukan begitu pengunjung memasuki area restoran. Dari pintu masuk, pengunjung akan menjumpai rak-rak yang tertata rapi di mana berbagai jajanan pasar seperti lumpia, omelet, kue lumpur, lemper dan lain-lain tertata.

Aneka kue basah seperti bolu gulung, lapis surabaya, dll juga bisa dibeli disini. Rata-rata harga jajanan pasar Rp 10.000 per buah. Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan membeli di pasaran, namun suasananya sangat nyaman dan ukurannya lebih besar.

3. Aneka menu masakan tradisional Peranakan

Memang, restoran Kartiko Heritage fokus menyajikan berbagai hidangan tradisional. Terutama dari Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya. Di sini pengunjung bisa memesan dan menyantap rujak cingur, gado-gado, nasi pecel, nasi goreng, rawon, dll.

Sedangkan harga seporsi makanan di sini bisa berkisar antara Rp30.000 hingga Rp60.000. Ada juga menu aneka bakmi, kwetiau dan lontong cap gomeh yang merupakan masakan Cina.

4. Menu Seafood Peranakan yang Bervariasi

Sesuai dengan namanya, restoran bernama Kartiko Traditional Heritage Culinary ini menjual berbagai kuliner khas Indonesia khususnya ala Jawa dan Chinese.Untuk rasa sudah tidak diragukan lagi, review konsumen hampir semuanya mengatakan enak.

Surabaya yang dekat dengan laut menawarkan banyak menu seafood. Begitu juga di Kartiko Traditional Heritage yang menu utamanya banyak menggunakan bahan makanan laut seperti cumi-cumi, udang, dan berbagai jenis ikan.

Contoh hidangan berat yang disajikan di restoran ini adalah nasi amoy, hidangan nasi dengan sisi menyerupai steak ayam yang dipadukan dengan sambal dan kuah terpisah. Menu lainnya adalah Nasi Segara, nasi yang dibungkus daun pisang dan diisi dengan aneka seafood.

Selain menu tersebut, ada juga cumi bumbu hitam, lauk kerang, tuna dan lain sebagainya. Nasi yang disajikan di Kartiko Heritage selalu pulen, membuat siapa saja yang memakannya ketagihan.

5. Aneka minuman tradisional yang segar

Terletak di kawasan Darmo Surabaya, restoran ini tidak hanya menawarkan pilihan jajanan pasar dan hidangan tradisional yang lezat. Konsumsi makanan tentu tidak lengkap jika tidak disertai dengan minuman. Menu minuman segar di Kartiko juga berdasarkan resep tradisional.

Di antara berbagai minuman tradisional segar yang bisa pengunjung coba adalah nasi kencur, wedang jahe, jus dele, kolak, kacang hijau, es krim melon, es krim sirsak dan masih banyak lagi. Harga minuman tradisional mulai dari Rp 8.000 – Rp 20.000.

Sarana dan Fasilitas Kuliner Peninggalan Tradisional Kartiko

Jika ingin makan di Kartiko Heritage tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat parkir. Meski berada di area ramai, restoran ini memiliki tempat parkir yang luas. Selain tempat parkir, masih terdapat berbagai fasilitas dan kemudahan untuk memberikan kenyamanan pengunjung.

Sarana dan fasilitas yang dapat digunakan pengunjung antara lain tempat makan indoor dan outdoor, spot foto, mushola dan toilet. Bagi yang tidak memiliki uang tunai dalam jumlah besar tidak perlu khawatir karena metode pembayaran dapat dilakukan dengan kartu debit.

Selama pandemi Covid-19, restoran ini juga menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah dengan ketat. Meski pandemi berakhir, semua fasilitas protokol kesehatan tetap tersedia di restoran

Jam buka Kartiko Traditional Heritage Culinary

Setiap orang dipersilakan untuk berkunjung dan makan di Kartiko Heritage, baik warga Surabaya maupun orang asing. Hanya saja: Jika Anda ingin makan di sana, tentunya Anda harus melakukannya setiap hari selama jam buka restoran tersebut.

Jam buka resto ini pada hari kerja yaitu Senin hingga Jumat adalah pukul 08.00 hingga 20.00 WIB atau pukul 20.00. Di akhir pekan atau akhir pekan, Sabtu dan Minggu, restoran ini buka mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.

Menutup

Kartiko Traditional Heritage Culinary adalah restoran yang menyajikan pilihan hidangan dan hidangan tradisional Jawa dan Cina. Restoran ini terletak di kawasan Jalan Raya Darmo Permai Surabaya. Harga sembako mulai dari Rp10.000 hingga Rp60.000.

Tradisi pernikahan Jawa dan Tionghoa juga dapat ditemukan pada desain bangunan restoran berbahan kayu. Dekorasi yang dipasang di restoran juga bergaya Jawa dan Tionghoa, seperti sangkar burung dan lampion.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button