Tempat Wisata

Kebun Binatang Bandung, wisata edukasi liburan keluarga yang populer

harga tiket: Rp50.000, Waktu aktif: 10.00 – 16.00 Alamat: Kebun Binatang JL.No.6, Lebak Siliwangi, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; map: Cek lokasi

Tempat wisata berupa kebun binatang masih menjadi pilihan utama untuk mengisi waktu liburan. Ada satu kebun binatang di Bandung yang cukup unik dilihat dari nilai sejarahnya, yaitu Kebun Binatang Bandung. Menurut informasi kami, kebun binatang ini sudah ada sejak tahun 1930-an yang dibangun oleh lembaga saat itu yaitu Bandung Zoological Park.

Itu ditinggalkan ketika Jepang menjajah Indonesia, kemudian direnovasi dan digunakan kembali setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tahun 1948 atas perintah dan inisiatif Raden Ema Bratakusumah. Dari awal, nama yang disematkan adalah kebun binatang, namun dalam bahasa sunda berarti “derenten”.

Keunikan kebun binatang yang terletak di Siliwangi ini terletak pada jumlah satwa yang ada. Anda dapat melihat lebih dari 800 hewan dari berbagai spesies mulai dari reptil, spesies monyet, mamalia, ikan hingga hewan liar dan jinak. Selain sebagai objek wisata, kebun binatang yang juga digunakan sebagai sarana penangkaran hewan ini merupakan media edukasi yang cocok.

Tempat Wisata Kebun Binatang Bandung

Tempat Wisata di Kebun Binatang BandungKredit foto: Google Maps Paul Dinardi

Setiap objek wisata biasanya memiliki daya tarik tersendiri, yang bisa berupa koleksi satwa, wahana di dalamnya, fasilitas yang disediakan dan masih banyak lagi. Khusus untuk Kebun Binatang Bandung, mari kita telusuri satu per satu atraksi yang membuat pengunjung betah berlama-lama selama berada di lokasi.

1. Koleksi hewan lengkap

Bukan rahasia lagi bahwa tujuan utama mengunjungi kebun binatang adalah untuk melihat koleksi hewan yang ada di sana. Dengan 800 hewan yang disebutkan di atas, pengunjung akan merasa betah melihat hewan secara individu. Selain itu, setiap hewan memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi tingkah laku, bentuk tubuh maupun kelucuannya.

Dari sekian banyak hewan yang bisa dilihat dari jauh, spesies monyet adalah yang paling populer. Tingkahnya yang aktif dan kelucuannya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pengunjung, terutama anak-anak. Belum lagi keberadaan hewan jenis burung ini dengan bulu warna warni yang indah.

Beberapa hewan langka juga melengkapi koleksi hewan yang ada, antara lain Binturong, Linsang Air, Unta Berpunuk Satu, Tapir Tapir dan lain sebagainya. Dari jenis reptil, pengunjung dapat melihat ular, buaya, kura-kura dan sejenisnya. Jaraknya cukup jauh dan ada pagar pembatas sehingga tidak perlu khawatir dengan keselamatan.

Tempat Wisata Kebun Binatang BandungSumber gambar: Google Maps Alin Imani

2. Pertunjukan budaya

Kehadiran pertunjukan budaya juga menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang ke sini, terutama dari luar Jawa, termasuk wisatawan mancanegara. Pertunjukan ini sering diadakan pada akhir pekan atau hari libur nasional. Tujuannya untuk memperkenalkan budaya lokal di Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Pertunjukan budaya yang dimaksud berupa musik angklung atau tarian Sunda. Di sini pengunjung dapat berhenti sejenak, beristirahat dan menikmati merdunya suara alat musik tradisional tersebut.

3. Pertunjukan Hewan

Selanjutnya ada show atau atraksi satwa yang menjadi daya tarik utama dari Kebun Binatang Bandung. Semua pengunjung pasti akan menyukai teater ini, terutama anak-anak. Keunikan kakatua yang terlatih dapat menghibur pengunjung.

Dipasangkan dengan anjing bertipe pudel, yang biasanya menunjukkan keahliannya dengan melompati benda-benda yang berbentuk seperti lingkaran. Tak lupa ada monyet yang bertingkah lucu dan aneh hingga membuat penonton tertawa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Binatang BandungKredit foto: Google Maps Ivan Kurniavan

Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata tersebut perlu mengetahui alamat dan itinerary agar tidak tersesat. Untuk alamat harap dicatat Jl. Tamansari No.71, Lb.Siliwangi, Coblong, Bandung, Jawa Barat.

Rute yang akan dilalui cukup mudah karena lokasinya yang berada di kawasan perkotaan. Tetapi Anda juga bisa datang dengan transportasi umum. Silakan naik angkutan kota menuju Cicaheum-Ledeng atau Cisitu-Tegalega dan minta sopirnya berhenti di kebun binatang yang Anda maksud.

Bagi yang membawa kendaraan sendiri, lebih baik menggunakan tol Pasteur sebagai titik awal perjalanan. Dari sana Anda hanya perlu berkendara sekitar 20 menit dengan jarak tempuh sekitar 5 km. Jangan bingung karena ada rambu-rambu jalan untuk memandu Anda.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Kebun Binatang BandungSumber Gambar: Google Maps Amalia Alia

Sebelum memasuki Kebun Binatang Bandung, pastikan Anda membawa tiket yang dibeli di loket dekat gerbang masuk. Harga saat ini adalah 50.000 rupiah untuk seorang pengunjung. Anda bisa mengunjungi tempat ini sesering mungkin untuk mengenal keanekaragaman satwa yang ada di Indonesia. Anak-anak dengan tinggi di bawah 80 cm tidak perlu membawa tiket, yaitu mereka memiliki akses masuk gratis.

Ada juga harga khusus untuk kelas sekolah sebesar 45.000 rupiah. Untuk rombongan wisata berjumlah 30 orang atau lebih, berlaku biaya 40.000 per orang plus bonus 1 tiket, berlaku kelipatan. Untuk menghindari kesalahpahaman dengan kasir, Anda harus ingat bahwa harga khusus ini tidak berlaku pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Aktivitas Menarik di Kebun Binatang Bandung

Kegiatan Kebun Binatang BandungKredit foto: Google Maps Irwan Mediriana

Anda dapat melakukan berbagai jenis kegiatan saat berada di kebun binatang. Kegiatan ini sangat menarik dan tentunya banyak yang berhubungan dengan hewan. Tapi jangan tertipu, beberapa aktivitas non-hewan juga menarik. Di sini Anda akan menemukan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan bersama anak-anak Anda atau kelompok rekreasi!

1. Pengamatan jenis fauna

Tentu saja, aktivitas menarik pertama adalah animal watching di Kebun Binatang Bandung. Jumlah spesies hewan mungkin tidak cukup hanya dalam satu kali kunjungan. Namun Anda bisa mengamati hewan yang dianggap penting, misalnya hewan mana yang dilindungi dan mana yang tidak.

Setiap kandang berisi informasi penting tentang hewan di dalamnya. Bisa berupa nama, nama latin, jenis dan berbagai informasi penting lainnya. Ada beberapa spesies hewan yang terkenal dan langka yaitu harimau bengal, elang ular bido, harimau sumatera dan orangutan kalimantan.

2. Sebagai wisata edukasi

Dari sekian banyak koleksi hewan yang ada di luar sana, kamu bisa menjadikannya sebagai media edukasi untuk anak-anak. Ajari anak-anak nama-nama binatang, karakteristik mereka dan apa yang dapat mereka lakukan. Anda dapat memasukkan materi tentang pentingnya konservasi, terutama spesies hewan langka.

Tidak hanya harus berhubungan dengan hewan atau alam, Anda juga bisa mengenalkan budaya lokal kepada anak-anak. Demikian pentingnya pertunjukan budaya yang menjadi daya tarik kebun binatang yang juga dikenal sebagai Kebun Binatang Bandung ini.

3. Naik gunung

Ada tiga jenis hewan yang bisa ditunggangi, yaitu gajah, unta, dan kuda. Anak-anak dapat mengalami sensasi yang sebaliknya hanya dapat ditemukan pada wisata kebun binatang ini. Ketiga hewan tersebut telah dilatih secara khusus untuk tidak marah saat ditunggangi. Memiliki petugas yang selalu mendampingi juga menambah faktor keamanan sehingga tidak perlu terlalu khawatir.

Untuk bisa menunggangi beberapa hewan ini, Anda harus membayarnya sendiri. Karena fasilitas tersebut belum termasuk dalam biaya masuk. Tenang, harganya tidak terlalu mahal, lebih mahal dari tiket masuk ke lokasi.

4. Permainan anak-anak

Kegiatan selanjutnya khusus untuk anak-anak dimana mereka bisa bermain skuter, kereta mini dan juga beberapa taman bermain yang tersedia. Semua permainan ini pasti disukai oleh anak-anak, jadi awasi dengan baik karena biasanya anak-anak sering lupa waktu ketika mereka sibuk bermain.

5. Kegiatan Outbound

Aktivitas seru di Kebun Binatang BandungKredit foto: Google Maps Didi Sukatani

Bawa mereka selain permainan anak-anak di lokasi outbond yang disediakan. Beberapa wahana yang tersedia antara lain Flying Fox, Suspension Bridge, Climbing Ropes dan lain-lain, kegiatan ini cukup seru, selain mengenal lebih jauh tentang alam juga bisa menguji keberanian. Khusus untuk Flying Fox, dewasa dan anak-anak bisa menikmatinya.

6. Perjalanan perahu di danau

Jauh dari peradaban hewan di lokasi Kebun Binatang Bandung, Anda bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, yaitu wisata perahu. Di atas danau Anda bisa menikmati sensasi wahana air yang satu ini. Tidak ada biaya tambahan untuk perjalanan karena sudah termasuk dalam biaya masuk. Namun Anda harus bersabar dalam mengantri, karena antrean biasanya cukup panjang.

7. Naik Perahu Bebek Dayung

Masih di tempat yang sama, Anda bisa menaiki perahu kayuh berbentuk bebek untuk sekedar berjalan menyusuri tepian danau. Kapasitasnya untuk dua orang, tetapi Anda bisa mengendarainya bersama istri dan juga anak di bawah umur. Anda harus membayar untuk ini sesuai dengan kondisi saat ini, karena tidak termasuk tiket masuk.

8. Kegiatan Fotografi

Kegiatan menarik terakhir tidak lain adalah berfoto bersama keluarga dan rombongan. Merupakan kegiatan wajib untuk rekreasi, Anda bisa menjangkau banyak tempat menarik di lokasi kebun binatang dengan luas hampir 14 hektar. Pengunjung biasanya lebih suka berfoto selfie dengan hewan yang ada, baik untuk latar belakang dari jauh maupun di samping mereka (terutama hewan jinak).

Selain mengobrol dengan hewan untuk berfoto, anak-anak juga bisa berfoto dengan karakter badut. Banyak badut yang siap difoto bersama, di antaranya badut Frozen, Doraemon, dan juga dari kartun Masha. Tidak ada biaya tambahan untuk berfoto selfie karena mereka adalah petugas pengelola khusus yang menghibur anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kebun Binatang BandungSumber Gambar : Google Maps Agus Nurdiawan., ST.

Bisa dikatakan fasilitas Kebun Binatang Bandung cukup lengkap, baik yang gratis maupun yang berbayar. Selain tempat parkir yang luas dan toilet yang bersih, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti mushola dan aula yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat.

Fasilitas food court juga tersedia untuk menunggu kedatangan Anda dan rombongan jika lapar. Banyak sekali pilihan kuliner yang bisa Anda pilih baik berupa makanan maupun minuman. Harganya juga tidak terlalu mahal, mengingat standar di tempat wisata yang menarik ini.

Selain itu, ada juga pusat oleh-oleh berupa pernak-pernik khas Kebun Binatang Tamansari Bandung. Namanya Bandung Wonders, banyak aksesoris yang bisa kamu beli disana. Beberapa di antaranya adalah topeng binatang, kostum binatang, boneka, baju atau kaos dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung setelah apa yang kami sampaikan di atas, ada baiknya Anda mempersiapkan rencana dari sekarang. Menjaga stamina sebelum melakukan perjalanan adalah hal pertama yang harus dipersiapkan. Jangan biarkan aktivitas liburan Anda terganggu oleh kondisi yang kurang berkelas. Apalagi jika Anda mengunjungi Kebun Binatang Bandung yang luasnya hampir 14 hektar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button