Tempat Wisata

Pantai Tanjung Dewa Tanah Laut – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Tanjung Dewa Tanah Laut – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Tanjung Dewa, tempat menikmati panorama eksotis dan kehadiran lumba-lumba di Tanah Laut, mengejutkan pengunjung dengan pemandangan perahu nelayan yang berjejer rapi di tepi pantai.

Harga tiket: -, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Batakan, Kec. Panyipatan, Cab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Saat Anda sedang berada di kota Banjarmasin, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata populer disana. Jadi, sangat direkomendasikan untuk menjelajahi Pantai Tanjung Dewa di Kabupaten Tanah Laut. Destinasi ini memiliki daya tarik tersendiri karena letaknya yang dekat dengan Pulau Datu.

Pulau Datu sendiri merupakan salah satu destinasi wisata religi terpopuler di kawasan Kalse. Banyak orang yang datang ke pulau ini, sehingga tidak heran jika wisatawan pun menyempatkan diri untuk mampir ke pantai ini.

Potensi Pantai Tanjung Dewa sebagai kawasan wisata memang sangat besar. Tempat ini mempunyai suasana yang sangat menyenangkan dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat refreshing. Jadi jika anda sedang mencari informasi mengenai tempat wisata, pantai ini wajib anda kunjungi.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Tanjung Dewa

Daya Tarik Pantai Tanjung DewaSumber gambar: Google Maps ahyaru andrestyo

Makanan laut yang kaya

Hasil laut sangat melimpah di tempat ini. Penduduk yang tinggal di wilayah pesisir berprofesi sebagai nelayan. Pada saat musim penangkapan ikan, wisatawan yang mengunjungi kami juga bisa membeli hasil tangkapan dari para nelayan, tentu saja harga ikannya jauh lebih murah dibandingkan di supermarket.

Ada lumba-lumba

Jika Anda mengunjungi Pantai Tanjung Dewa, Anda mungkin cukup beruntung bisa melihat lumba-lumba muncul ke permukaan di sekitar pulau.

Lumba-lumba umumnya bermigrasi ke perairan yang lebih hangat. Namun, hal ini tidak terjadi setiap hari. Jika Anda beruntung, Anda mungkin menemukan ini.

Pemandangan lumba-lumba yang bermigrasi merupakan sesuatu yang sangat indah. Sebab peluang ini sangat jarang terjadi, apalagi di laut lepas.

Pohon Ketapang

Daya tarik tersendiri dari Pantai Tanjung Dewa adalah keberadaan pohon ketapang yang sudah berusia puluhan tahun. Banyak masyarakat yang memanfaatkan pohon ketapang sebagai bahan pembuatan tinta.

Tak hanya pemandangan pepohonan Ketapang, pantai ini juga memiliki garis kontur yang indah. Umumnya di Provinsi Kalimantan banyak dijumpai pantai dengan kontur berpasir.

Namun ada beberapa kawasan di pantai ini yang memiliki kontur karang. Pantai karang yang ada di kawasan pesisir membuat panoramanya semakin mempesona.

Pemandangan alam yang menakjubkan

Pantai Tanjung Dewa menawarkan banyak atraksi termasuk pemandangan alam yang mempesona. Ada panorama indah di sepanjang jalan menuju tempat wisata tersebut.

Selain itu, masih banyak sawah dan persawahan yang menyuguhkan pemandangan indah. Terdapat juga kawasan perbukitan yang bersebelahan membuat keindahan panorama tempat tersebut semakin luar biasa.

Perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi

Seperti yang sudah dijelaskan, mayoritas penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, tidak heran jika melihat warga sekitar memancing di sekitar pantai.

Banyak sekali perahu nelayan yang berjejer rapi. Dengan perahu nelayan Anda bisa menjadikannya sebagai spot foto.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Tanjung DewaSumber gambar: Google Maps ahyaru andrestyo

Anda yang berencana mengunjungi Pantai Tanjung Dewa harus segera menuju ke Provinsi Kalimantan Selatan. Pantai indah ini terletak sekitar 107 km dari pusat kota Banjarmasin. Alamatnya sendiri terletak di Panyipatan, lebih tepatnya di Desa Tanjung.

Dari pusat kota Banjarmasin waktu yang dibutuhkan untuk sampai di tempat wisata ini sekitar 2,5 jam. Akses menuju tempat ini sangat bagus, sehingga anda bisa membawa kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Jika Anda wisatawan dari kawasan Pelaihari, pantai ini berjarak lebih dari 40 km dan dapat dijangkau dalam waktu sekitar satu jam.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menuju Pantai Tanjung Dewa, di sinilah Anda bisa menggunakan bantuan navigasi ponsel cerdas Anda.

Biaya masuk wisata bahari

Pantai Tanjung Dewa merupakan salah satu tempat wisata murah yang bisa Anda temukan di Kalimantan Selatan. Tiket masuk tempat wisata ini cukup terjangkau. Bagi Anda yang kebetulan datang dengan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir.

Ada juga pilihan untuk menyewa perahu dan pergi ke Pulau Datu untuk melihat pemandangan yang lebih menakjubkan.

Harga sewanya sendiri hanya Rp 150.000 untuk pulang pergi. Jika menyewa dengan rombongan besar harganya mungkin lebih murah.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pantai Tanjung DewaSumber gambar: Google Maps Ryan Andi

1. Berenang

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah berenang. Nantinya Anda bisa menikmati kesegaran air sambil bermain atau berenang di kawasan pantai. Namun tetap penting untuk selalu berhati-hati karena pantai ini memiliki banyak terumbu karang dan juga cukup berbatu.

2. Mancing di Pantai Tanjung Dewa

Anda yang hobi memancing bisa mempraktikkan aktivitas tersebut di tempat ini. Umumnya warga sekitar memancing pada sore hari hingga larut malam. Jika berminat, Anda bisa membawa peralatan memancing sendiri dan memancing bersama penduduk setempat.

3. Kunjungi Pulau Datu

Seperti yang telah disebutkan di atas, Pantai Tanjung Dewa terletak di dekat Pulau Datu. Untuk mengunjungi tempat ini dari pinggir pantai, Anda bisa menyewa perahu dari nelayan setempat. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai destinasi wisata sekitar 15 menit.

Pulau Datu sendiri dikenal sebagai tempat wisata religi. Cukup banyak orang yang datang ke sana dan berasal dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan. Selain bermain air atau pantai, Anda nantinya bisa menyewa perahu untuk menuju pulau tersebut dengan biaya Rp 150.000.

4. Santai

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Dewa. Salah satunya adalah Anda bisa bersantai saja. Duduk-duduk di pinggir pantai dan menikmati panorama sekitar merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Rasa penat dalam beraktivitas sehari-hari akan langsung hilang.

5. Pergi berkemah

Aktivitas berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah berkemah. Kondisi ombak di lokasi ini biasanya cukup aman dan banyak terdapat pepohonan yang menjulang tinggi, membuat lokasi pantai ini cocok untuk anda yang ingin berkemah.

6. Nikmati hidangan ikan

Mayoritas masyarakat yang tinggal di kawasan Pantai Tanjung Dewa berprofesi sebagai nelayan. Banyak sekali ikan yang ada di pantai ini karena sumber daya laut yang ada di tempat ini begitu kaya. Oleh karena itu, menikmati hidangan ikan menjadi salah satu aktivitas wajib yang tidak bisa dilakukan saat Anda sedang melakukannya.

Selain ikan segar, Anda juga bisa mengolah ikan tersebut menjadi makanan lain, seperti ikan asin, kerupuk, dll. Ikan menjadi oleh-oleh yang wajib Anda beli saat berada di pantai eksotis ini.

7. Lihat lumba-lumba

Ini adalah kegiatan yang paling dinantikan banyak wisatawan. Lihat lumba-lumba yang bermigrasi. Namun, tidak semua orang cukup beruntung bisa merasakan momen ini.

Selain lumba-lumba, Anda juga bisa mengamati hewan laut lainnya yang tak kalah eksotisnya. Kegiatan ini sangat mungkin dilakukan karena air di tempat ini sangat jernih. Jadi Anda bisa melihat kehidupan di bawahnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Tanjung DewaSumber gambar: Google Maps ahyaru andrestyo

Pantai Tanjung Dewa merupakan tempat wisata yang dikelola dengan sangat baik. Oleh karena itu, tidak sulit untuk menemukan fasilitas di tempat ini. Terdapat fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti dan tempat parkir mobil yang luas dan aman.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan warung makan yang menyajikan berbagai menu makanan enak dan lezat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot membawa bekal dari rumah jika memutuskan untuk datang ke tempat ini.

Jika Anda bepergian dari luar dan ingin menginap di dekat pantai, Anda tidak perlu khawatir. Tersedia rumah liburan atau akomodasi dengan harga mulai dari yang termurah hingga termahal.

Tentu saja hal ini tidak boleh Anda lewatkan jika berencana menginap di sana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat anggaran untuk masa tinggal Anda.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata tenang dengan pesona alam indah di Kalimantan Selatan, berkunjung ke Pantai Tanjung Dewa sangat direkomendasikan.

Pantai ini merupakan destinasi wisata yang sangat populer dan wajib Anda kunjungi. Apalagi saat hari raya tiba, Anda bisa datang bersama keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button