Tempat Wisata

Kecantikan, Mitos & Pengakuan

Sudahkah Anda berwisata ke Magetan, Jawa Timur?

Jika belum, kami punya rekomendasi tempat untuk dikunjungi saat berlibur di kabupaten kecil ini. Tempat wisata yang satu ini tidak hanya menjadi ikon wisata di Magetan, namun juga sangat indah dan suasana alamnya sangat menyenangkan Telaga Sarangan Magetan.

Ya. Telaga Sarangan merupakan salah satu tempat wisata yang dapat anda kunjungi di Jawa Timur. Tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal. Karena selain keindahan, sejarah dan mitosnya, tempat ini juga menjadi tempat wisata murah di Jawa Timur.

Tertarik dan ingin tahu lebih jauh tentang tempat wisata Telaga Sarangan? Yuk, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

telaga-sari-magetan

Telaga Sarangan

danau sarang merupakan salah satu wisata alam pegunungan di lereng Gunung Lawu. Situs ini berada sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Karena berada di ketinggian, maka tidak dapat dipungkiri suhu udara di kawasan Telaga Sarangan akan sangat sejuk, cocok bagi Anda yang selama ini hidup di cuaca panas dan kebisingan kota, seperti Jakarta dan sekitarnya.

danau sarang atau sering disebut Telaga Pasir, memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman tanah hingga 28 meter.

Hal pertama yang akan Anda rasakan saat memasuki tempat tersebut adalah rasa aman dan tenang. Ditambah air danau yang jernih Latar Belakang perbukitan hijau yang memukau semua orang dan pastinya betah menginap di situs Telaga Sarangan.

Telaga-Sarangan-Magetan-2019melalui instagram/telagaasaran

Sejarah dan Mitos Telaga Sarangan

Cerita yang beredar di masyarakat sekitar bahwa Telaga Sarangan bukanlah sembarang telaga. Ada banyak misteri, sejarah dan mitos Telaga Sarangan yang menandai dan mengiringi keberadaannya.

Namun hingga saat ini keberadaannya dijaga oleh dua ekor naga sakti yang hidup di sekitar danau. Ada juga orang yang mengatakan bahwa pulau kecil di danau ini juga dihuni dan dijaga oleh sesosok sakti yang menunggang harimau putih.

Menurut beberapa warga sekitar, keberadaan Telaga Sarangan berawal dari kisah hidup sepasang naga yang diyakini sebagai penjaganya. Konon kedua naga tersebut merupakan titisan sepasang suami istri yang dulunya tinggal di kawasan sekitar Telaga Sarangan.

Pasangan suami istri tersebut adalah Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Keduanya tiba-tiba menjelma menjadi dua ekor naga besar setelah memakan sebutir telur yang mereka dapatkan setelah bertapa di tengah hutan untuk memohon kemudahan hidup kepada Yang Maha Kuasa.

Baca juga: Forum Wisata Taman Hutan Raya Mojosemi

Sarang Danau Misterimelalui instagram/telagaasaran

Setelah beberapa hari bertapa, permintaannya konon diterima oleh Yang Maha Kuasa, namun dengan satu syarat: menemukan sebutir telur di tengah hutan dan memakannya.

Pencarian telur dilakukan oleh pasangan tersebut. Setelah menemukan telur yang dimaksud, mereka kembali ke rumah masing-masing dan mulai memasak, berbagi telur untuk dimakan bersama.

Keesokan harinya, ketika sedang bekerja di ladang, Kyai Pasir dan Nyai Pasir tiba-tiba merasakan sesuatu yang aneh pada tubuh mereka, tubuh mereka terasa sangat gatal, tanpa disadari mereka mulai menggaruk-garuk yang sangat keras hingga terasa sakit.

Pada saat yang sama, tubuh mereka tiba-tiba berubah menjadi naga besar, menggeliat di tanah berpasir sampai mereka menciptakan cekungan besar yang menyembur dari mata air yang sangat deras.

Kedua layang-layang tersebut berguling-guling hingga akhirnya kolam terus membesar dan air hampir menenggelamkan Gunung Lawu. Cekungan ini diyakini oleh sebagian orang sebagai asal muasal Telaga Sarangan.

Simak dan baca juga: Pantai Klayar Pacitan

Telaga Sari 2019melalui instagram/telagaasaran

Lokasi Telaga Sarangan

Jika anda bertanya dimana letak Telaga Sarangan, maka letak Telaga ini tidak jauh dari kota Magetan, jaraknya hanya sekitar 20,9 kilometer dan hanya membutuhkan waktu sekitar 40 menit dengan mobil dari pusat kota.

Sedangkan dari pusat kota provinsi jawa timur juga banyak terdapat tempat wisata alam seperti; Wisata alam di Lumajangjarak tempuhnya sekitar 27,7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Mengenai alamat lengkapnya, Telaga Sarangan beralamat di Ngluweng, Sarangan, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Rute menuju Telaga Sarangan

Untuk mencapai tempat wisata ini Anda bisa memilih rute sebagai berikut:

jalur Tawangmangu

Dari Tawangmangu Anda tinggal mencari angkutan umum yang menuju Tawangmangu – Sarangan. Perjalanan yang Anda tempuh dari Tawangmangu ke Sarangan sangat dekat, hanya sekitar 5 kilometer saja.

Baca juga: Gili Ketapang

Rute Surabaya

Jika Anda datang dari Surabaya, Anda bisa mengambil rute Surabaya – Madiun – Magetan. Setibanya di Terminal Magetan, Anda tinggal mencari angkutan umum yang langsung menuju ke Sarangan.

Sarang Danau Ceritamelalui instagram/telagaasaran

Rute Jakarta, Jogja dan Jawa Tengah

Bagi yang datang dari Jakarta, Jogja, dan Jawa Tengah, ada dua rute yang bisa Anda ambil tergantung moda transportasi yang Anda gunakan.

Jika menggunakan kereta api, setelah turun di terminal Solo Balapan dilanjutkan dengan taksi atau becak menuju Tirtonadi. Dari Tirtonadi lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Tawangmangu. Terakhir, setelah sampai di Tawangmangu, Anda bisa mencapai Telaga Sarangan dengan mencari dan naik angkutan umum jurusan Sarangan.

Bagi yang menggunakan bus dari arah Jakarta, Jogja dan Jawa Tengah umumnya rutenya sama seperti di atas. Anda tinggal naik bus jurusan Solo lalu turun langsung di Terminal Tirtondi. Kemudian rutenya sama persis dengan saat menggunakan kereta api.

Sebagai catatan, Anda harus menyadari kondisi jalan menuju Telaga Sarangan, meski sudah bagus, jalurnya menanjak dan berkelok-kelok. Oleh karena itu, harap selalu berkonsentrasi saat berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Wisata Keluarga Taman Air Ciputra Surabaya

Peta Telaga Sarangan dari Alun-alun Magetan

Sarang Danau Mitosmelalui instagram/telagaasaran

Baca juga: Ranu Kumbolo

Harga tiket Telaga Sarangan

Biaya Masuk Telaga Sarangan Magetan 2019 masih sangat murah. Pengelola tempat wisata di Magetan menetapkan harga tiket sebagai berikut:

  • Tiket dewasa: Rp 7.500 per orang
  • Tiket anak: Rp 5000 per orang
  • Parkir motor : Rp 2.500
  • Parkir: Rp5.000
  • Parkir Bus: Rp 10.000

Catatan: Harga tiket diatas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pengelola.

Fasilitas Telaga Sarangan

Tentunya fasilitas wisata di Telaga Sarangan cukup lengkap. Ada banyak fasilitas dan wahana yang bisa dinikmati saat berkunjung ke sini.

Selain fasilitas umum seperti tempat parkir, toilet, pemandian, tempat ibadah, dll, juga terdapat tempat berfoto, persewaan kuda, persewaan speedboat, penjual sayur, dan rumah makan untuk mencoba berbagai menu kuliner khas Jawa Timur.

Bermalam di Telaga Sarangan

Ini juga berlaku untuk akomodasi. Jika Anda ingin menginap di dekat lokasi Telaga Sarangan, Anda tinggal mencari hotel dan menyewa atau keluarga tamu tersebar di daerah Sarangan. Peralatan dan harga persewaan hotel tentunya bervariasi di sini, Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan Anda dan juga kemampuan keuangan yang tersedia untuk Anda.

Baca juga: Coba Talon batu malang

hotel-di-telola-saranganmelalui instagram/telagaasaran

Apa yang bisa kamu lakukan di Telaga Sarangan?

Tentunya banyak hal yang bisa dilakukan di Telaga Sarangan Jawa Timur. Selain bisa bersantai menikmati panorama alam lereng Gunung Lawu yang asri dan berhawa sejuk, kamu juga bisa kok.mengeksplorasi Obyek danau dengan mengelilingi bagian tengah dengan speedboat. speedboat Anda bisa menyewa di sini dengan harga sekitar Rp. 50.000 dimainkan sekali.

Jika Anda suka menunggang kuda, disini juga tersedia persewaan kuda. Anda dapat bersantai di atas kuda untuk menjelajahi setiap titik di area tersebut kawasan Telaga Sarangan.

Sedangkan bagi yang suka selfie atau berpose di depan kamera, ini beberapa juga Pekerjaan foto instagis apa bisa dicoba.

Terakhir, bagi yang suka berburu kuliner, berbagai menu kuliner disiapkan di restoran-restoran yang tersebar di sekitar danau untuk mengisi perut. Tinggal siapkan isi dompet yang cukup untuk membuatmu lebih bahagia.

Baca juga: Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Tubuh Sarang Danaumelalui instagram/telagaasaran

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata di Jatim Park 2 Malang.

Demikian sedikit gambaran atau ulasan tentang Telaga Sarangan.

Intinya ternyata keseruan liburan tidak hanya datang dari tempat yang bagus dan super mahal. Buktinya hanya dengan berkunjung Telaga Sarangan Magetan, kami sudah merasakan kegembiraan dan kegembiraan yang tak terlukiskan. Selain tempatnya yang asri dan nyaman, biayanya juga cukup ramah kantong. Next, kapan nih liburan ke Telaga Sarangan?

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button