Tempat Wisata

Kedung Pengilon, panorama alam eksotis penuh mistis di Bantul

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Petung, Bangunjiwo, Kec. Kasihan Kab.Bantul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Saat anda berkunjung ke Jogja, terdapat banyak objek wisata alam, salah satunya adalah Kedung Pengilon. Tempat ini menawarkan pesona air terjun alami yang indah. Keindahannya bahkan mampu menarik wisatawan yang datang dari jauh. Kebanyakan pengunjung adalah para remaja yang mencari kedamaian dan ketenangan dalam berlibur.

Obyek wisata berupa panorama alam masih diminati hingga saat ini. Selain digunakan untuk penyembuhan dan penyegaran, rata-rata tiket masuknya murah. Namun dari segi fasilitas kurang sesuai karena lokasinya yang jauh dari perkampungan. Tidak masalah karena Anda bisa mengantisipasinya sejak awal dengan membawa perbekalan yang cukup.

Bantul sendiri memiliki banyak objek wisata alam yang selalu memanjakan mata. Kedung Pengilon hanyalah salah satunya dengan berbagai atraksi. Banyak pengunjung yang datang karena objek wisata ini. Tidak terlalu ramai, tapi tetap ada setiap hari. Saat liburan, jumlah wisatawan yang datang dari berbagai daerah cukup tinggi.

Atraksi Kedung Pengilon

Daya Tarik Kedung PengilonSumber Gambar: Google Maps Yeni Anis Saputri

Bicara soal daya tarik, tentu sangat penting untuk mengetahui hal ini sebelum berkunjung. Tidak hanya untuk objek wisata yang sudah kita bahas kali ini, semua seperti itu. Meskipun lebih baik melihat secara langsung, ada baiknya mengetahui sedikit tentang gambar tersebut agar tidak penasaran.

1. Kisah Mistik Kedung Pengilon

Daya tarik Kedung Pengilon yang pertama terletak pada kisah mistis di balik pesonanya. Konon tempat itu pernah menjadi tempat tinggal Nyi Blorong yang sering meminta tumbal. Di tempat ini pernah terjadi tragedi pengunjung tenggelam dan sekarat. Anehnya, semua korban adalah remaja, hampir seumuran.

Menurut sesepuh desa, tempat wisata ini dulunya dihuni oleh makhluk halus. Jangan pernah menyakiti siapa pun yang datang kecuali ada niat jahat di situs. Namun sedikit demi sedikit, banyak makhluk tak kasat mata lainnya yang juga ingin menghuni tempat indah di Jogja ini.

2. Air terjun yang indah

Selain cerita mistis Kedung Pengilon yang sedikit menyeramkan, sebenarnya tidak masalah jika Anda berkunjung hanya untuk menikmati pesonanya. Asal jaga hati dan selalu waspada, berkunjung ke sini masih aman kok. Apalagi daya tarik keindahan air terjun ini tidak bisa dipungkiri oleh siapapun yang melihatnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan arus yang cukup deras. Keindahan air terjun yang mengalir melalui tebing bebatuan memang selalu memanjakan mata. Mirip dengan seluncuran air, tebing bebatuan tampak sangat mulus dan mantap sebagai tempat mengalirnya air terjun. Karena butuh waktu lama untuk mengalirkan air dan batuan yang tererosi menjadi halus.

3. Baskom kosong

Daya tarik lain dari Kedung PengilonKredit foto: Google Maps Doomed Ddodo

Nama Kedung Pengilon sebenarnya tidak lepas dari kolam di bawah air terjun. Pengilon berarti cermin dalam bahasa setempat, hal ini menandakan bahwa kolam tersebut memiliki air yang jernih seperti kaca. Permukaannya yang tenang juga menenangkan hati pemirsa.

Ukurannya tidak terlalu lebar, hanya berdiameter 15 meter dan bentuknya hampir seperti lingkaran. Kolam ini memiliki kedalaman yang cukup dalam sehingga disarankan untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas di lokasi. Kolam terlihat datar di bagian pinggir, namun ke arah tengah semakin dalam, hingga 5 sampai 8 meter.

4. Suasana yang menyenangkan

Selain aliran air yang indah menuju ke kolam, ada atraksi lain yang perlu Anda ketahui tentang Kedung Pengilon. Suasana di sini masih sangat alami, asri dan menyenangkan untuk dirasakan selama berkunjung. Hampir seluruh bagian tempat wisata di Jogja ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Warna hijau didapat dengan melihat setiap sudut tempat.

Tidak hanya di lokasi-lokasi prima, perjalanan menyelam mengungkapkan keindahan yang sama. Vegetasi hijau selalu menemani Anda saat datang ke lokasi. Ada yang berupa semak, seperti jati dan bambu. Beberapa berbentuk tanaman liar berbunga indah. Semak dan rerumputan juga mendukung suasana pedesaan yang asri.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kedung PengilonSumber gambar: Google Maps Fadjari Wibowo

Kedung Pengilon merupakan tempat wisata di Bantul yang patut dikunjungi karena daya tariknya. Alamat lengkapnya di Petung, Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Bantul tidak terlalu jauh, hanya sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh rata-rata 30 menit berkendara.

Ada banyak rute yang bisa Anda tempuh, salah satunya melalui Jalan Sultan Agung. Dari jalan ini, lanjutkan ke Jalan Srandakan lalu ke Jalan Sedayu – Gersikan. Rute selanjutnya menuju Jalan Krebek hingga menemukan Masjid Al-Aamin di sisi kanan jalan.

Dari musala belok kanan setelah pertigaan, lalu belok kiri setelah kira-kira 200 meter. Perjalanan yang berkelok-kelok bisa menjadi tantangan tersendiri, kemacetan kecil pun akan menguji kesabaran Anda. Tapi jangan khawatir, semua terbayar begitu sampai di lokasi.

Harga tiket masuk Kedung Pengilon

Tiket Kedung PengilonSumber Gambar: Google Maps Anastasia Inar Istinu

Mengunjungi objek wisata tidaklah gratis. Paling tidak, Anda harus membayar biaya parkir jika tempat tersebut sebenarnya tidak memungut biaya masuk. Harga tiket masuk Kedung Pengilon bisa dibilang sangat murah. Anda hanya perlu membayar 5000 untuk satu orang. Biaya tambahan untuk parkir kendaraan adalah 3.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk yang membawa mobil.

Tetap saja, lebih baik jika Anda tidak membawa uang pasti. Ini karena biaya lain diperlukan, meskipun tidak wajib. Biaya yang dimaksud adalah sewa ban, hal ini sangat penting untuk menjamin keamanan. Selain itu, kebutuhan bekal juga penting, atau bisa dibawa sendiri dari rumah.

Aktivitas menarik di Kedung Pengilon

Kegiatan Kedung PengilonKredit foto: Google Maps Rinto Heri Setiawan

Setelah membahas atraksi, alamat dan tiket masuk, sekarang kita akan beralih ke aktivitas yang bisa dilakukan di Kedung Pengilon. Karena termasuk wisata air terjun dengan kolam yang indah, sebagian besar kegiatannya berhubungan dengan air. Daripada penasaran, yuk simak ragam kegiatan berikut ini!

1. Perjalanan ke lokasi

Aktivitas pertama yang dijamin menarik adalah mengunjungi lokasi. Mendaki ke sini selalu menyenangkan karena ditemani berbagai jenis pepohonan yang asri dan hijau. Meski cukup panjang dan melelahkan karena harus berjalan sekitar 500 meter dari tempat parkir, Anda tidak akan bosan. Apalagi sawah milik warga selalu menemani perjalanan.

2. Berenang di kolam yang jernih

Hampir semua wisatawan yang berkunjung ke Kedung Pengilon mau tak mau basah kuyup. Kegiatan berenang pun sepertinya wajib dilakukan. Namun karena kedalaman air kolam, Anda harus berhati-hati. Jika Anda tidak yakin bisa berenang dengan baik, lebih baik bermain air di kolam yang jauh lebih aman.

3. Berburu spot foto

Keindahan tempat wisata di Bantul ini sayang jika harus dilewatkan begitu saja tanpa memiliki oleh-oleh. Oleh karena itu, aktivitas lain yang menarik untuk dilakukan adalah berburu spot foto. Kegiatan ini mendukung kegiatan lain, seperti dokumentasi diri saat berenang atau di bawah air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kedung PengilonSumber gambar: Google Maps Den Marga

Di awal pembukaan, sebelumnya disebutkan bahwa fasilitas Kedung Pengilon sangat tidak memadai. Lain halnya ketika Anda berada di tempat wisata utama, berbeda dengan ketika Anda berada di sebuah desa. Artinya, fasilitas yang tersedia di kawasan perumahan jauh lebih lengkap. Ada mushola untuk tempat ibadah, tempat parkir dan tentunya toilet untuk bersih-bersih diri.

Memilih tempat wisata bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Selain itu, mereka memiliki tujuan tertentu, misalnya menyembuhkan, menyegarkan pikiran. Setelah menyimak pembahasan Kedung Pengilon di atas, sepertinya tempat wisata ini masih layak untuk dikunjungi. Karena kurangnya fasilitas, disarankan agar Anda membawa perbekalan yang cukup selama berada di lokasi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button