Berita Wisata

Keindahan Sabu Raijua, Surga Wisata Tersembunyi di Indonesia Timur : Okezone Travel

PULAU KECIL Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki keindahan alam yang mempesona. Perbukitan kapur, padang rumput, pantai berpasir dan hamparan laut biru adalah gambaran pemandangan sempurna yang bisa dinikmati.

Ada dua pulau besar di sana; Pulau Sabu dan Pulau Raijua. Pulau Sabu atau Rai Hawu luasnya sekitar 460,78 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30.000 jiwa. Pulau terpencil ini secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua.

Penduduk Pulau Sabu mayoritas berprofesi sebagai petani, penggembala, nelayan, pedagang, pengrajin gula aren dari nira aren dan lain-lain.

Sabu Raijua memang layak menjadi tujuan wisata dan cocok bagi para pelancong yang ingin menikmati penyembuhan. Pulau ini masih sangat asri dan cocok bagi mereka yang menyukai petualangan.

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Sabu Raijua, Anda akan disuguhi pemandangan pantai yang indah dengan deburan ombak. Salah satunya adalah Pantai Madjala yang memiliki pasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan dan ombak yang landai.

Di sekelilingnya terdapat perbukitan disertai bongkahan batu karang yang membentuk formasi cantik di tepi pantai.

Tempat wisata menarik lainnya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Sabu Raijua adalah Kelabba Maja yang dijuluki Grand Canyon NTT. Kelabba Maja menampilkan keajaiban alam yang luar biasa dan menyimpan nilai-nilai sakral dalam masyarakat setempat.

Deretan tebing kapur merah tua, pink, coklat, putih dan abu-abu diyakini telah terbentuk lebih dari 70 juta tahun yang lalu.

Ikuti Berita Okezone di berita Google

Sabu sendiri merupakan cabang dari garis geentiklinal Busur Banda yang dikelilingi oleh terumbu karang hingga 300 meter di atas permukaan laut, salah satunya membentuk Kelabba Maja. Kelabba Maja berasal dari bahasa setempat. Kelabba berarti tanah abu, maja berarti rumah para dewa.

Lalu ada juga Gua Lie Madira, Desa Adat Namata, Danau Lederaga, Pantai Seba dan masih banyak lagi.

Kondisi jalan di pulau ini sebagian sudah beraspal, namun jalan berbatu dan tanah masih bisa ditemukan di beberapa tempat yang tidak jauh dari pantai.

Akses ke Pulau Raijua

Jika Anda datang dari Jakarta, Anda bisa terbang dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang menuju Bandara El Tari, Kupang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Dari Bandara El Tari, lanjutkan penerbangan lain dengan pesawat kecil menuju Bandara Tardamu Sabu. Atau bisa juga naik speed boat dari Kupang ke Sabu Raijua dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Kalau mau lebih murah bisa naik ferry tapi waktu penyeberangannya 10 jam.

Karena tidak ada angkutan umum yang representatif di Sabu Raijua, Anda bisa menyewa sepeda motor lokal untuk berkeliling pulau. Atau naik perahu nelayan untuk mengakses pulau-pulau sekitarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button