Berita Wisata

Kementerian PPPA dorong terwujudnya tempat wisata bebas kekerasan seksual

Sabtu 28 Januari 2023 | 22:36 WIB

| Penulis:

Penerbit: Beruntung S

Jakarta, InfoPublik- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Kesejahteraan Anak (Kemen PPPA) menyayangkan insiden kekerasan seksual yang dialami pengunjung lokasi wisata yang terjadi di Kawah Ratu, Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kabupaten Bogor.

Asisten Perlindungan Hak Perempuan Kementerian PPPA, Ratna Susianawati, menegaskan tempat wisata harus menjadi ruang publik yang aman dan nyaman bagi perempuan untuk beraktivitas.

“Kami turut berduka atas kejadian pelecehan seksual yang dialami oleh pengunjung lokasi wisata. Karena harapan korban atas kunjungan wisata yang seharusnya aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung, malah dicemari oleh ulah oknum yang tidak bertanggung jawab yang sebenarnya memiliki wewenang. atas keamanan lokasi TNGHS,” katanya, dikutip InfoPublik pada Sabtu (28/1/2023).

Ratna juga mengucapkan terima kasih kepada para korban yang berani melaporkan kekerasan seksual yang dialaminya ke publik. Selain itu, agar penanggung jawab tempat wisata dapat memberikan sanksi kepada pelaku mengingat perbuatan yang dilaporkan sudah lama dilakukan.

“Dengan terungkapnya kasus ini, kami Kementerian PPPA berharap semua pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan dunia usaha dapat lebih memperhatikan keselamatan dan keamanan kenyamanan perempuan di tempat umum, termasuk menciptakan tempat wisata yang bebas dari kekerasan seksual,” kata Ratna.

Ia melanjutkan, upaya sinergis dan kolaboratif untuk memastikan pengawasan pengembangan pariwisata harus dilakukan tidak hanya dari segi infrastruktur, tetapi juga harus memperhatikan kesiapan sumber daya manusia yang bekerja untuk memastikan perlindungan pengunjung.

Ratna juga mengimbau kepada seluruh perempuan yang pernah mengalami, mendengar, melihat, atau mengetahui kasus-kasus kekerasan untuk berani mengungkap kasus-kasus kekerasan yang dialaminya. Masyarakat dapat melaporkan kejadian kekerasan melalui pusat panggilan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 dan WhatsApp 08111 129 129.

Foto: ASDP

Anda dapat memposting ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini dengan menyebutkan sumbernya. infopublic.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button