Tempat Wisata

Kepulauan Gili: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kepulauan Gili yang juga dikenal dengan sebutan Tiga Gili ini dikenal dengan keindahan alamnya dan menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Nusa Tenggara Barat. Pulau-pulau ini disebut “Tiga Gili” karena terdapat tiga pulau kembar dengan keunikan keindahannya masing-masing. Di setiap pulau terdapat resor kecil yang terdiri dari beberapa pondok tamu, restoran, kolam kecil, dan banyak lagi.

Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat

Sayang sekali penggunaan kendaraan bermotor dilarang di daerah tersebut. Oleh karena itu, para pelancong terpaksa berjalan melintasi pulau saat mengekspor. Namun ada pilihan lain: Anda bisa menggunakan sepeda atau menyewa kuda dan andong bernama Cidomo. Ketiga pulau ini tidak hanya terkenal dengan pemandangan jarak jauhnya yang mempesona, tetapi juga karena hewan bawah lautnya yang mempesona.

Daya Tarik Kepulauan Gili:

1. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah nama salah satu pulaunya. Pulau ini merupakan pulau terjauh dari pusat pemukiman dan dapat dicapai melalui jalur laut. Anda juga bisa berselancar karena ombak di sekitar pulau sangat besar. Saat musim liburan dimulai, ada banyak acara hiburan seperti musik dan jeram di pulau ini. Ada juga hotel, kafe, dan restoran. Semuanya ditata dengan jelas dan mudah diakses.

2. Gili Meno

Pulau ini berada di tengah, tidak terlalu jauh tapi juga tidak terlalu dekat. Meski berada di tengah, suasana di pulau ini lebih tenang dibanding pulau-pulau Gili lainnya. Sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan lokasi yang sejuk, tempat menginap yang tenang dan nuansa alam yang asri. Pulau ini adalah surga bagi wisatawan yang ingin merasakan relaksasi tanpa henti.

Itu tidak berarti bahwa pulau itu memiliki sedikit pengunjung, karena ada banyak hewan yang dipelihara oleh penduduk setempat yang dapat dilihat. Selain itu, tempat di sana sangat cocok untuk menyelam karena pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan. Berbicara tentang fasilitas, Anda akan menemukan hotel dan restoran di sana.

3.Gili Air

Pulau ini merupakan pulau terdekat dari Lombok. Penduduk setempat paling banyak di sini dibandingkan dengan pulau saudara lainnya. Karena banyaknya pengunjung, fasilitas yang ditawarkan tentunya beragam dan banyak. Di pulau ini terdapat hotel, restoran, toko kecil, kafe, tempat ibadah bahkan diskotik. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai tropis kepulauan secara bersama-sama.

4. Surga bagi pecinta diving

Semua pulau membanggakan keindahan biota laut yang indah, terutama pulau tengah. Banyaknya bebatuan dan dangkalnya air mengundang pecinta air untuk menyelam. Ada banyak hewan bawah laut yang bisa ditemukan disini, berbagai ikan hias hidup disini dan mudah ditemukan. Selain itu, air lautnya yang berwarna zamrud juga menjadi primadona pulau-pulau tersebut.

5. Panorama alam yang mempesona

Dilihat dari atas dengan drone atau apapun, orang bisa melihat dengan jelas keindahan pulau yang berjejer bersih ini. Semua pulau membentuk hampir lonjong, mulai dari pulau Lombok terdekat hingga yang terjauh. Yang unik, ketiga pulau ini jaraknya hampir sama satu sama lain dan bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit. Di Gili Meno terdapat sebuah pantai yang menghadap ke barat dan terkenal dengan pasir putihnya serta bentangan yang sangat panjang. Bagi Anda yang menyukai pemandangan matahari terbenam, pulau Gili Trawangan sangat direkomendasikan. Anda juga bisa berfoto di tengah laut sambil duduk di perahu kecil yang bisa disewa untuk berwisata antar pulau.

Fasilitas Kepulauan Gili:

Berbicara mengenai fasilitas yang disediakan sepertinya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi mengingat Kepulauan Gili bukanlah sebuah pulau wisata yang terlalu primitif dan tempat ini sangat dijaga dengan baik oleh masyarakat setempat maupun pemerintah setempat. Namun sebagai tambahan informasi: jangkauan fasilitas umum cukup luas, ada hotel, losmen, diskotik, kafe, restoran, tempat ibadah, toko kecil dan masih banyak lainnya. Ciri khasnya adalah cidomo, kendaraan yang ditarik kuda mirip Delman bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan di sekitar pulau. Ada juga perahu, kesempatan menyelam, kesempatan berselancar dan banyak lagi.

Biaya masuk ke Kepulauan Gili

  • Biaya Tiket Penyeberangan Speedboat: Rp 350.000-700.000 (sekali jalan)
  • Biaya Angkutan Kapal Uum dari Pelabuhan Pemenang Bangsal: Rp 12.500 – Rp 15.000
  • Biaya sewa sepeda: Rp 50.000/hari
  • Biaya Sewa Cidomo: Rp 100.000/hari
  • Biaya Sewa Snorkeling: Rp 150.000/3 jam

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Kepulauan Gili:

Lokasi dan Rute Kepulauan Gili:

Karena Kepulauan Gili sangat mudah dijangkau, ada banyak cara untuk sampai ke tempat ini. Jika Anda berasal dari Senggigi, Anda dapat memesan kapal sewaan di pelabuhan Senggigi dengan biaya per orang, semakin banyak orang semakin mahal.

Jika Anda dari Bali, Anda bisa menggunakan jasa speedboat di loket-loket transportasi yang hampir ada di semua kawasan wisata Bali. Harganya 350.000. Sedangkan jika Anda berada di Lember, gunakanlah layanan feri atau taksi menuju Teluk Nare. Semuanya memakan waktu rata-rata sekitar 1-2 jam. Namun, jika Anda dari Lombok, Anda hanya perlu membayar 20.000 untuk biaya kapal umum di pelabuhan Bangsal.

Keindahan alam dan pemandangan bawah laut menjadi tujuan utama para wisatawan. Kepulauan Gili sangat mampu memenuhi keinginan ini. Menariknya, ada tiga pulau yang saling berdekatan dan bisa dijangkau dengan mudah dari ketiganya. Jika Anda berkunjung ke sana, pastikan untuk mengunjungi semua Kepulauan Gili.

Peta lokasi Kepulauan Gili

Tips mengunjungi Kepulauan Gili

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Kepulauan Gili semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Kepulauan Gili adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Kepulauan Gili bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa agen perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas repot di Kepulauan Gili.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Kepulauan Gili.

Galeri foto Kepulauan Gili

Kepulauan GiliKepulauan Gili Sumber: instagram.com/indounderwater.id/Kepulauan GiliKepulauan Giliberenang di pantaiPantaiSnorkeling di GiliBersantai di pantaiMatahari terbenam di Kepulauan Gili

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button