Tempat Wisata

Keraton Siak Sri Indrapura, Peninggalan Sejarah Kerajaan Melayu Islam di Riau

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Sri Indrapura, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab.Siak, Riau; map: Cek lokasi

Ada banyak destinasi wisata di Kepulauan Riau yang bisa kita kunjungi, termasuk Istana Siak Sri Indrapura. Istana ini menjadi saksi peninggalan sejarah kerajaan Melayu-Islam di pulau Riau. Istana ini juga merupakan kediaman resmi Sultan Siak, dibangun pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim.

Istiana ini memiliki nama lain, Istana Matahari Timur atau dikenal juga dengan Istana Asseraya Hasyimiah. Di dalamnya terdapat berbagai peninggalan sejarah masa lalu. Arsitektur bangunan yang indah, kompleks istana yang besar dan megah serta mitos-mitos yang dikandungnya menjadi daya tarik utama dari istana ini.

Banyak wisatawan yang penasaran dengan semua ini, maka tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi, apalagi di akhir pekan jumlah pengunjung akan bertambah. Istana Siak adalah tempat yang sangat baik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Selain liburan, kita juga bisa mengenal sejarah.

Atraksi Istana Siak Sri Indrapura

Daya Tarik Istana Siak Sri IndrapuraKredit foto: Google Maps Dudi Candra

Ketika kita mengunjungi Pulau Riau tidak lengkap rasanya jika kita tidak mampir untuk mengunjungi Istana Siak. Istana ini merupakan istana peninggalan kerajaan Islam Malaysia yang dulunya diduduki oleh Sultan Siak. Di dalamnya terdapat berbagai macam peninggalan sejarah yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat wisata ini.

1. Peninggalan Sejarah di Keraton Siak

Ada berbagai jenis peninggalan sejarah di Keraton Siak Sri Indrapura yang dirawat dan dipajang untuk wisatawan. Mulai dari benda sehari-hari yang digunakan pada masa kerajaan seperti gelas, piring, sendok. Turun ke berbagai barang yang masih berfungsi, seperti kursi singgasana raja, tombak kerajaan, payung kerajaan, replika mahkota raja, hingga kursi kristal dari tahun 1896.

Belum lagi lukisan-lukisan indah dari China, kendi besar, dalam koleksi di istana ini. Kita bisa menemukannya di sudut-sudut ruangan untuk memperindah dekorasi Istana Siak. Di dinding keraton, bisa dilihat foto-foto toko-toko Kesultanan Siak dalam skala besar.

2. Bangunan istana yang megah

Bangunan Keraton Siak memiliki penampang persegi empat dan dua lantai. Ini memiliki arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Dindingnya dilapisi dengan keramik berkualitas tinggi yang diimpor langsung dari Perancis.

Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi. Ada pilar bundar di setiap sudut bangunan. Di puncak istana ini terdapat 6 patung elang yang berarti keberanian.

Pintu dan jendela berkubah dihiasi dengan mosaik kaca. Saat Anda berada di halaman istana, Anda akan melihat 8 meriam berserakan di setiap sisi halaman istana. Selain itu, di kiri belakang bangunan terdapat bangunan yang berfungsi sebagai penjara sementara.

3. Gramofon

Gramofon menjadi salah satu daya tarik keraton ini. Namun, hanya ada dua gramofon di dunia, yaitu di Jerman sebagai pabrikan dan di Istana Siak. Tentu itu membuat Anda bangga bukan?

Gramofon sendiri terbuat dari tembaga, dengan plat kuningan berdiameter 1 meter atau plat kuningan. Dapat menghasilkan musik klasik oleh Beethoven dan Mozart.

4. Memiliki banyak ruang

Istana ini memiliki dua lantai dengan banyak ruang. Lantai dasar sendiri terbagi menjadi enam ruang sidang, terdiri dari ruang tunggu tamu, ruang duduk pria, ruang duduk wanita, dan ruang tamu kehormatan. Dan ruangan di sebelah kanan adalah ruang sidang kerajaan, yang juga biasa digunakan untuk pesta.

Di lantai paling atas sendiri terdapat sembilan ruangan yang dulunya digunakan oleh Sultan. Ruangan tersebut berfungsi sebagai ruang istirahat bagi sultan dan juga para tamu kraton, lengkap dengan ruang belajar-ruang tamu.

5. Cermin Ratu Agung atau Permaisuri

Daya Tarik Istana Siak Sri IndrapuraSumber Gambar: Google Maps Sarah R Putri

Atraksi selanjutnya yang menarik wisatawan adalah Cermin Ratu Agung atau Cermin Permaisuri. Cermin Ratu Agung ini merupakan cermin yang dulunya milik Permaisuri Sultan.

Dikatakan bahwa jika kita melihat ke cermin dan bersungguh-sungguh, maka apa yang kita inginkan bisa menjadi kenyataan. Selain itu, dipercaya juga bahwa ketika kita bercermin di depan cermin Ratu Agung, wajah kita menjadi lebih muda dan cerah.

6. Kompleks istana Terdiri dari 4 istana

Mungkin sebagian dari kita mengira bahwa Istana Siak hanyalah satu bangunan. Namun ternyata salah, kompleks keraton ini terdiri dari empat keraton yaitu Keraton Lima, Keraton Baroe, Keraton Pajang dan Keraton Siak.

Tepat di belakang Istana Siak adalah taman yang indah dengan balai tradisional. Luas total kompleks Istana Siak adalah 32.000 meter persegi. Sedangkan Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi.

7. Lemari besi misterius di dalam istana

Selain cermin ajaib, ada lagi benda misterius di dalam istana yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Itu adalah brankas kerajaan besar yang tidak bisa dibuka sama sekali.

Berbagai upaya telah dilakukan, mulai dari memanggil tukang kunci hingga mengebor. Tapi tetap tidak bisa, sampai sekarang brankasnya tetap tidak bisa dibuka

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Istana Siak Sri IndrapuraKredit foto: Google Maps Razied El Rasyid

Istana Siak Sri Indrapura terletak di Riau, tepatnya di Kepulauan Siak, Jalan Sultan Syarif Kasim. Kita bisa sampai di sana melalui darat atau laut. Jika kita menggunakan jalur laut, kita bisa langsung menuju Pelabuhan Siak yang berada di tepi Sungai Siak. Jarak dari pelabuhan ke istana sekitar 500 meter.

Wisatawan luar daerah bisa langsung menuju Istana Siak dengan memesan tiket pesawat menuju Bandara Sultan Syarif Kasim II di kota Pekanbaru. Dari sana Anda akan langsung menuju Istana Siak dengan 2 pilihan kendaraan.

Jika Anda menggunakan jasa perjalanan darat, Anda bisa menggunakan speedboat melalui jalur laut. Dengan transportasi darat, hanya membutuhkan waktu 1,5 jam hingga 2 jam. Kita dapat mengunjungi istana dari hari Senin sampai Kamis dan Sabtu dari pukul 09:00 sampai 16:00 dan hari Jumat dari pukul 13:45 sampai 16:00.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk Istana Siak Sri IndrapuraKredit foto: Hanya pengguna Internet Google Maps

Kami akan dikenakan biaya pulang pergi sebesar Rp 10.000 per orang untuk dewasa dan Rp 5.000 per orang untuk anak-anak untuk mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura.

Antara hari libur nasional dan hari kerja biaya tetap sama. Namun, lebih baik berkunjung pada hari kerja, karena jumlah wisatawan akan meningkat selama liburan.

Aktivitas Menarik di Istana Siak Sri Indrapura

Kegiatan Istana Sri Indrapura SiakKredit foto: Google Maps yorin kensolas

1. Jelajahi Koleksi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, di dalam Keraton Siak terdapat berbagai jenis peninggalan kerajaan yang menarik untuk dilihat. Mulai dari peralatan kerajaan yang digunakan sehari-hari, hingga berbagai benda fungsional dan dekorasi yang menghiasi setiap sudut keraton.

2. Nikmati pemandangan di halaman kastil

Setelah berkeliling melihat koleksi yang ada di keraton, jangan lupa manjakan mata dengan pemandangan halaman keraton yang segar. Dengan ukuran halaman yang cukup besar, kita semua bisa bersantai di sana. sambil mengamati arsitektur bangunan yang indah dan meneliti koleksi di luar istana.

3. Tulis catatan

Selain mengunjungi koleksi di sana, kita juga bisa belajar tentang Keraton Siak dan sejarahnya. Untuk menambah pengetahuan kita, kita bisa menuliskan apa yang kita anggap penting dalam sebuah buku catatan.

4. Jelajahi istana

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa kita lakukan di keraton adalah berjalan-jalan di sekitar keraton. Saat masih berada di halaman kastil, luangkan waktu untuk menjelajahi berbagai sudut ruangan kastil. Melihat-lihat koleksi sambil menulis catatan penting.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Istana Siak Sri IndrapuraSumber Gambar: Google Maps Angasukmadita

Sebagai kawasan yang dikembangkan oleh pemerintah daerah sebagai tempat wisata, sudah banyak penginapan dan hotel yang telah disediakan di sekitar Siak. Dari hotel murah hingga hotel ramah keluarga. Sehingga wisatawan tidak perlu lagi repot untuk kembali ke penginapan di Pekanbaru.

Ada juga banyak makanan yang bisa menggiurkan lidah wisatawan. Sebagian besar hidangan yang ditawarkan adalah makanan khas Melayu seperti baung asam dan pedas, gulai bekicot, udang raja goreng, tapa ikan asam dan pedas dan banyak lagi.

Selain makanan, kita juga bisa menemukan banyak kafe di sana. Namun tidak hanya kopi, tetapi juga berbagai minuman lainnya, seperti es krim kelapa muda dan berbagai minuman lainnya.

Itulah ulasan singkat tentang Istana Siak Sri Indrapura. Mungkin bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk dikunjungi saat kita berwisata ke Pulau Riau. Jika Anda tertarik untuk pergi ke sana, sangat disarankan untuk datang pada hari biasa, karena saat musim liburan bisa dipastikan jumlah pengunjung akan meningkat beberapa kali lipat dari hari biasa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button