Tempat Wisata

Kotabaru Royal Island – Atraksi, Kegiatan Liburan, Lokasi dan Biaya Tour

Pulau Kerayaan, pulau eksotis dengan pemandangan indah di Kotabaru, memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang mempesona, termasuk terumbu karang yang masih terawat baik.

Biaya tur: Mulai dari Rp 100.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pulau Kerayaan, Kecamatan. Kepulauan Pulaulaut, Kab.Kotabaru, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Kerayaan merupakan sebuah pulau wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan dengan keindahan yang tersembunyi. Nama pulau ini masih belum diketahui wisatawan karena belum lama dikembangkan. Pihak yang mengelola pulau pasir putih ini adalah warga sekitar.

Pulau ini hanya berukuran sekitar 300 meter persegi dan masih mempertahankan pemandangan alamnya. Dikelilingi oleh air laut yang bersih dan jernih, terumbu karang yang indah dan pasir putih yang lembut. Pulau ini adalah rumah bagi pohon kelapa dan berbagai tanaman pantai lainnya. Yang menambah suasana, tampak hijau segar.

Saat angin bertiup kencang, pepohonan tampak bergoyang tertiup angin. Banyak pengunjung menggunakannya sebagai tempat berteduh. Apalagi saat matahari sedang terik.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Raya

Daya Tarik Pulau RayaFoto: Facebook/Noer Dhohir

Pemandangan indah Pulau Raya

Pulau cantik ini memang belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Faktanya, pulau yang tergolong baru ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Setiap wisatawan yang mengunjungi kita pasti akan merasakan hal yang sama.

Saat senja, pemandangan Pulau Kerajaan yang indah ini semakin memanjakan mata. Kenapa ini? Ya, karena momen matahari terbenam. Cahayanya seolah menutupi seluruh langit pulau ini. Wisatawan sudah tidak sabar untuk mengabadikannya.

Pantainya yang berpasir putih dengan tekstur lembut berpadu dengan warna air laut yang kebiruan, menciptakan gradasi warna yang indah. Bahkan tak jarang pengunjung bisa menjumpai berbagai jenis biota laut di pinggir pulau.

Suasana masih bagus

Karena kondisi Pulau Kerayaan yang belum banyak dikunjungi wisatawan, suasananya masih sangat alami. Tidak ditemukan sisa makanan/minuman berserakan. Air laut di sekitar pulau ini masih jernih sehingga cocok dijadikan tempat menyelam.

Rata-rata pengunjung yang berkunjung ke pulau cantik ini adalah para traveler. Hobi petualangannya termasuk menjelajahi pulau-pulau tak berpenghuni. Rasakan suasana alam berupa pulau yang indah. Menghirup udara segar tanpa polusi. Rasanya cukup membuat hati bahagia.

Di pulau ini juga banyak terdapat pohon kelapa dengan pohon palem melambai. Oleh karena itu, jika traveler ingin menikmati buahnya, bisa memanjat pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi.

Memiliki terumbu karang yang terawat

Kondisi pulau yang tenang dan masih belum banyak dijamah wisatawan, sehingga alam bawah lautnya pun terlihat indah. Pengunjung bisa menyelam untuk membuktikan keberadaan alam bawah laut.

Bebatuan karang juga bisa ditemui di sepanjang garis pulau yang tak kalah indahnya. Di atasnya terdapat ikan hias yang cantik dan lucu. Menggemaskan sekali, seperti membawanya pulang dan memasukkannya ke dalam akuarium.

Tempat transit kapal penangkap ikan

Pulau Kerayaan dekat dengan dermaga dan ukurannya tidak terlalu besar. Pengunjung bisa menyaksikan kapal-kapal nelayan berlabuh atau berlayar di tengah laut.

Dari kejauhan kapal ini terlihat seperti kapal mainan karena terlihat kecil. Hanya tiang bendera atau cerobong asap yang terlihat di kejauhan. Selain itu pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat membeli ikan yang dijual oleh pedagang/nelayan yang turun dari perahu.

Dikelilingi oleh pulau-pulau kecil

Keberadaan pulau tersembunyi ini sebenarnya terletak di tengah laut. Jauh dari pemukiman penduduk. Namun, keeksotisannya yang tampak tidak perlu diragukan lagi. Faktanya, ada pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Jika wisatawan ingin pergi ke pulau lain yang jaraknya tidak terlalu jauh, bisa menyewa perahu. Tentu saja ada pemandu yang siap mengantar Anda berkeliling pulau. Biaya sewanya juga tidak terlalu mahal.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KerajaanFoto: Facebook/Syahdi

Pulau Kerayaan terletak di Kalimantan Selatan, Kabupaten Kotabaru, Kecamatan Pulau Laut. Dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dan dilanjutkan dengan perahu.

Wisatawan dapat menggunakan transportasi darat dari kota Banjarbaru menuju Pagatan. Waktu perjalanan menuju dermaga kurang lebih 6 jam. Selanjutnya wisatawan dapat menaiki perahu dari Dermaga Pangatan menuju lokasi pulau. Dengan waktu tempuh yang cukup lama yaitu sekitar 6 jam melalui jalur laut.

Waktu yang dibutuhkan untuk satu rute sekitar 12 jam. Oleh karena itu, wisatawan biasanya memilih untuk berkemah di pulau tersebut, meski hanya untuk satu malam.

Biaya tur pulau

Berwisata ke Pulau Kerayaan, pulau tak berpenghuni, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dimulai dengan menyiapkan perbekalan pribadi.

Ini termasuk bahan makanan, obat-obatan, peralatan berkemah, persewaan perahu dan banyak lagi. Namun, sebanding dengan keindahan yang Anda dapatkan dari pulau cantik ini.

Untuk menyewa perahu, wisatawan cukup membayar sekitar Rp 100.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya transportasi dengan perahu dan sewa sampan/kelotok untuk menuju lokasi pulau.

Namun setiap individu mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, belum bisa ditentukan patokan pasti biaya berwisata ke pulau tersembunyi ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Pulau KerajaanFoto: Twitter/Fauzi Andri

1. Jelajahi pulau

Jiwa semakin terasa tertantang saat berjalan-jalan di pulau yang tak kalah populernya. Apalagi jika dilakukan pada malam hari. Tidak dapat disangkal bahwa memang ada hewan liar yang berbahaya.

Namun jika dilakukan bersama rombongan camping, suasana liburan menjadi lebih seru. Anda bisa menyaksikan bintang sambil memanggang ikan atau jagung. Untuk menghilangkan rasa bosan dan menghangatkan badan dari dinginnya udara malam.

2. Bersantai di pantai berpasir putih

Bersantai di atas pasir sambil merenungkan keindahan Pulau Kerayaan akan membuat jiwa semakin tenteram. Semua kelelahan akan terlupakan. Yang terlintas di pikiran hanyalah momen liburan dengan pemandangan indah, jauh dari hiruk pikuk kota, suasana tenang.

Aktivitas santai ini juga bisa dijadikan suasana untuk berjemur. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan keuntungan dua kali lipat. Termasuk momen liburan santai dan sinar matahari untuk kesehatan.

3. Berenang/Menyelam di Pulau Kerayaan

Pulau cantik ini mempunyai terumbu karang yang sangat indah. Keberadaan terumbu karang tersebut masih alami. Tidak tercemar oleh lingkungan dan aktivitas manusia.

Terbukti dengan ikan-ikan hias lucu yang berenang kesana kemari. Bahkan di atas permukaan laut pun bisa dilihat dengan mata telanjang. Jadi jika ingin lebih menikmati keindahan bawah lautnya, Anda bisa melakukan diving atau melakukan aktivitas menyelam. Tentunya dilengkapi dengan peralatan yang sesuai.

4. Mendirikan tenda kemah

Saat musim liburan dimulai, biasanya banyak dijumpai tenda camping di Pulau Kerayaan. Baik dari wisatawan lokal maupun dari luar daerah/kota.

Rombongan camping akan melakukan berbagai kegiatan hiburan untuk membuat suasana liburan di pulau ini semakin berkesan.

5. Piknik

Piknik biasanya dilakukan di tempat-tempat ramai, namun piknik di pulau sepi ini juga tak kalah menariknya. Wisatawan dapat membawa perlengkapan pribadi dan perbekalan secukupnya untuk berkemah.

Kemudian nikmati bersama teman/keluarga. Suasana tenang, momen romantis dan keseruan aktivitas menjadi hal yang tak terlupakan.

6. Berfoto selfie dengan pemandangan alam yang mempesona

Berfoto selfie atau selfie bersama sepertinya sudah menjadi kegiatan wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke kita. Aktivitas selfie tidak hanya menjadi kenangan di masa depan, tetapi juga dapat menambah koleksi foto-foto cantik di akun media sosial Anda.

7. Berburu ikan

Pulau Kerayaan masih menyimpan banyak biota laut yang indah. Banyak ikan hias yang berenang di sana. Selain ikan hias, ada juga ikan yang bisa dikonsumsi wisatawan.

Tidak sulit menemukannya. Cukup menggunakan pancing, jaring atau cara alami lainnya. Yang terpenting tidak merusak atau mencemari pulau dan ekosistem laut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau KerajaanFoto: Facebook/Hyung Dan

1. Paviliun

Pulau Kerayaan dengan hamparan pasir putih dan lembutnya merupakan tempat yang tepat untuk bersantai. Ada juga paviliun. Hal ini membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan bisa menikmati suasana pulau.

2. Toilet

Toilet yang ada di pulau tersembunyi ini sering digunakan oleh wisatawan atau berkemah. Kondisinya masih cukup terjaga.

3. Perkemahan

Pengunjung yang berlibur di pulau mempesona ini bisa memilih tempat untuk mendirikan tenda kemah. Bisa di dekat pantai atau di pulau yang lokasinya banyak ditumbuhi tanaman hijau.

4. Klik Tempat Foto

Salah satu alasan wisatawan berkunjung ke pulau yang jarak tempuhnya cukup jauh ini adalah karena keindahan pulaunya. Ada banyak spot foto keren dan Instagrammable yang bisa dinikmati pengunjung.

5. Jembatan kayu

Terdapat jembatan kayu di sisi pulau dimana Anda bisa berjalan-jalan santai menikmati hamparan luas lautan tak berpenghuni. Selain itu juga sering digunakan wisatawan untuk fotografi.

Demikian informasi singkat tentang Pulau Kerayaan di Kalimantan Selatan. Meski belum banyak dikenal di kalangan wisatawan, namun keindahannya membuat pengunjung tak menyesal berkunjung. Oleh karena itu pulau cantik ini sangat direkomendasikan sebagai destinasi liburan bersama rombongan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button