Tempat Wisata

Labengki Pulau Konawe – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi & Biaya Perjalanan

Biaya Tur: Mulai dari Rp 1.000.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Labengi, Kec. Kepulauan Lasolo, Kab.Konawe Utara, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Pulau Labengki merupakan kepulauan yang secara geografis termasuk dalam wilayah Sulawesi Tenggara. Gugusan pulau yang menghadap ke hutan alam sekitarnya dan air biru yang indah membuatnya mirip dengan wisata Raja Ampat di Papua.

Alhasil, banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke pulau ini karena lebih dekat dengan Jawa atau kota-kota besar lainnya, dan biaya perjalanan ke sana juga lebih murah. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pulau ini, berikut adalah beberapa informasinya.

Akan ada informasi apa saja yang bisa dilakukan di Pulau Labengki, rute menuju pulau tersebut dan juga pemandangan apa saja yang membuat pulau ini begitu menarik sebagai salah satu tempat wisata terindah di Indonesia. Sebelum Anda menjelajah ke sana, Anda harus membaca informasinya terlebih dahulu.

Atraksi Pulau Labengki

Tempat Wisata di Pulau LabengkiKredit foto: Google Maps PODCAST TV Official

Ada banyak tempat wisata di Pulau Labengki. Karena itu, diprediksi pulau ini akan menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Indonesia di tahun-tahun mendatang. Jika penasaran apa saja yang menarik di pulau ini, simak daftarnya di sini.

1. Mirip dengan Raja Ampat

Yang paling menarik dari pulau ini adalah kemiripannya dengan Raja Ampat, Papua. Ya, sekilas kepulauan di sini memang mirip Raja Ampat. Namun, Anda tidak harus jauh-jauh ke Papua, wisatawan bisa lebih menghemat akomodasi dan biaya di sini.

2. Kehidupan laut yang beragam

Snorkeling atau scuba diving untuk melihat keindahan alam bawah laut adalah suatu keharusan di sini. Mengapa? Karena tempat ini memang biota laut yang luar biasa. Selain ikan dan terumbu karang yang eksotis, kita juga bisa melihat berbagai makhluk laut lainnya sambil snorkeling.

3. Masih tergolong pendiam dan cantik

Pulau ini tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan dan masih cukup asri. Jika kita tidak mengunjungi pulau ini, kapan musim ramai atau saat musim liburan, maka kita merasa seperti berada di pulau pribadi. Tempatnya masih sepi, tenang dan tentunya pemandangan yang indah.

4. Dihuni oleh Suku Bajo

Daya Tarik Pulau LabengkiKredit Foto: Google Maps Mochammad Nur Hadi

Suku Bajo adalah penduduk asli pulau ini. Kehidupan suku Bajo sangat menarik dan unik untuk dijelajahi. Mereka juga sangat menyukai wisatawan, sehingga mereka suka jika wisatawan mengajak mereka untuk berinteraksi dengan mereka atau berkunjung ke rumah mereka.

5. Teluk Cinta Pulau Labengki

Salah satu yang paling menarik adalah keberadaan teluk berbentuk hati. Ya, teluk ini sering disebut sebagai “Teluk Cinta” karena bentuknya yang unik. Teluk Cinta sangat indah jika dinikmati dari ketinggian, dan wisatawan biasanya harus mendaki bukit (trekking) untuk melihatnya.

Wisatawan juga bisa menggunakan drone untuk melihat Love Bay dengan jelas. Teluk dengan bentuk yang unik ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi dan wajib dikunjungi di mini area Raja Ampat ini.

6. Pantai Pasir Merah

Ada beberapa pantai di Pulau Labengki, salah satunya adalah Pantai Pasir Merah. Pantai ini dinamakan demikian karena pasir di pantai ini terlihat kemerahan dan jingga secara sepintas atau dari jauh. Tentu ini sangat indah dan memanjakan mata.

7. Banyak gua dengan stalagmit

Bagi yang tertarik dengan caving, ada banyak gua dengan stalagmit yang indah di berbagai sudut pulau ini. Gua-gua ini memiliki bentuk yang unik dan eksotis. Itu suatu keharusan, setiap kali kita datang ke pulau ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Lokasi Pulau LabengkiKredit foto: Google Maps PODCAST TV Official

Untuk rute menuju pulau eksotis ini, kita bisa memulainya dari Kota Kendari. Dari Kota Kendari kami berkendara melalui jalur darat menuju Kabupaten Konawe. Jika semuanya berjalan lancar, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu satu jam.

Dari Kabupaten Konawe menuju Pulau Labengki, perjalanan harus dilanjutkan dengan menggunakan perahu. Biasanya perjalanan ini memakan waktu sekitar tiga sampai empat jam. Tapi tenang saja, pemandangan di sepanjang perjalanan sangat indah dan tidak membosankan.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya Perjalanan ke Pulau LabengkiKredit foto: Google Maps PODCAST TV Official

Biaya perjalanan ke pulau ini bervariasi tergantung jenis wisata yang kita lakukan. Bepergian dengan gaya backpacker memungkinkan kita untuk menekan biaya perjalanan seminimal mungkin. Namun bila kita mengambil paket wisata, biasanya untuk wisata 2 hari 3 malam, harganya tentu berbeda.

Biaya rata-rata dipatok sekitar 1-2 juta rupiah. Harga ini biasanya harga untuk open ride atau tour yang ramai dalam rombongan. Kalau untuk private trip atau perjalanan intim keluarga atau bersama pasangan, harganya akan jauh lebih mahal, sekitar 5 jutaan.

Aktivitas Seru di Pulau Labengki

Aktivitas di Pulau LabengkiKredit foto: Google Maps Djai Yen

Bagi wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan atau wisata ke Pulau Labengki, jangan lupa untuk mencantumkan daftar kegiatan di bawah ini. Semua hal menarik tersebut bisa dilakukan di pulau ini dan pastinya akan membuat liburan Anda di pulau ini semakin berkesan. Berikut daftarnya:

1. Snorkeling

Snorkeling bisa dibilang salah satu hal wajib bagi wisatawan yang datang ke pulau ini. Kapan lagi kita bisa menikmati pemandangan bawah laut jika tidak snorkeling disini. Biota lautnya lengkap dan arus ombaknya tidak terlalu kuat sehingga aman bagi para amatir.

2. Berenang bersama lumba-lumba

Jika kita beruntung saat menjelajahi perairan pulau ini kita bisa bertemu dengan sekumpulan lumba-lumba yang berenang bebas di lautan. Ya, perairan pulau ini sering dilewati oleh sekumpulan lumba-lumba, yang tentunya menjadikannya salah satu tempat wisata yang paling menarik dan berkesan.

3. Mendaki

Aktivitas seru di Pulau LabengkiKredit Foto: Google Maps Jelajah Sulawesi Tenggara

Suka aktivitas di luar ruangan? Jika demikian, Kitab Yesus melakukan banyak hal di pulau ini, salah satunya adalah trekking. Mendaki bukit di sini memang suatu keharusan karena pedesaan di sekitarnya sangat indah dan kami dihadiahi pemandangan yang luar biasa ketika kami mencapai puncak bukit.

4. Jalan bersejarah

Ada mercusuar yang sangat terkenal di Pulau Labengki dan menjadi titik yang banyak dikunjungi wisatawan. Mercusuar ini sudah ada sejak zaman Belanda dan memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Lokasinya juga sangat menarik untuk difoto.

5. Kunjungi Konservasi Kerang Kima

Di pulau ini terdapat suaka bagi beberapa jenis kerang, termasuk cangkang keong, yang relatif langka. Untuk itu, wisata konservasi juga menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan di tempat ini. Bagi yang benar-benar tertarik dengan konservasi satwa langka dan ingin mengenal lebih jauh tentang Kerang Kima, ada banyak fasilitas yang bisa memenuhi keinginan tersebut.

Penginapan murah di sekitar pulau

Akomodasi di Pulau LabengkiKredit foto: Google Maps Irene Kuntjoro

Akomodasi adalah salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika kita mengunjungi pulau eksotis ini. Untungnya, ada banyak resort, cottage, hotel, homestay dan semua jenis akomodasi lainnya di sini. Beberapa selanjutnya adalah:

1. Pondok Pantai Labengki

Untuk backpacker atau mereka yang mengunjungi pulau ini dengan anggaran terbatas, pilih penginapan kecil dan eksotis termasuk Labengki Beach Hut. Penginapan pantai ini sangat unik dan harganya juga murah, hanya berkisar 400-500rb per malam.

2. Pondok & Vila Laguna Kimaboe

Salah satu wisma paling terkenal di pulau ini adalah Kimaboe Lagoon Cottage and Villa. Lokasi cukup strategis dan fasilitas lengkap. Dari penginapan ini kita bisa melihat pemandangan yang indah langsung dari setiap kamar.

3. Resor Labengki Nirwana

Bagi yang ingin bersantai dan melepas lelah di pulau ini, jangan khawatir, di kawasan ini banyak terdapat resort termasuk Labengki Nirwana Resort, salah satunya. Fasilitasnya lengkap dan mewah. Sempurna untuk pasangan bulan madu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau LabengkiKredit foto: Google Maps Thomas Tjhong

Pulau Labengki memang sudah menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia, khususnya di Indonesia Timur. Oleh karena itu, banyak juga fasilitas di pulau ini termasuk berbagai jenis akomodasi dan juga fasilitas umum seperti toilet umum.

Suku Bajo, penduduk pulau ini, juga melayani wisatawan. Mereka membuka rumah untuk kunjungan wisatawan dan membuat berbagai cinderamata dan cinderamata yang dijual di berbagai pelosok pulau.

Pada dasarnya tidak perlu takut kekurangan fasilitas karena fasilitas yang ada di pulau ini cukup memenuhi kebutuhan wisatawan. Hal ini tentunya menjadi nilai plus dalam membuat pulau eksotis ini semakin populer di kancah pariwisata Indonesia.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui oleh wisatawan yang berwisata ke pulau cantik ini. Unik dan menarik, pulau ini sangat cocok sebagai tujuan liburan panjang atau jika ingin bersantai. Keindahan Pulau Labengki memang tiada tara.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button