Berita Wisata

Lihatlah keindahan Pantai Panmuti di Kupang yang mempesona, menampilkan matahari terbenam yang menakjubkan di hamparan pantai

TRIBUN-VIDEO.COM – Pantai Panmuti adalah tempat wisata pantai yang terletak di Dusun Kuannoah, Noelbaki, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pantai ini memiliki daya pikat keindahan terutama pemandangan sunset yang bisa dinikmati dari hamparan luas Pantai Panmuti.

Selain itu, di pesisir pantai Panmuti terdapat karang-karang besar berwarna kecoklatan yang tampak berwarna keemasan saat tersingkap saat matahari terbenam.

Ada juga tebing yang tanahnya (batu kapur) berwarna putih dan tingginya mencapai sekitar 20 meter.

Dari atas tebing ini pengunjung bisa lebih leluasa menikmati sunset, pantai, laut dan panorama Teluk Kupang. Angin sepoi-sepoi membuat suasana semakin nyaman.

Di pinggir tebing ini terdapat pohon yang cukup besar dan beberapa akarnya mencuat.

Kebanyakan pengunjung bersantai di bawah pohon ini atau berswafoto. Namun Anda harus berhati-hati, karena letaknya tepat berada di pinggir tebing.

Baca: Ini Tarif Masuk dan Biaya Sewa Gazebo di Pantai Nambo Kendari yang Dipadati Pengunjung

Bagi pengunjung yang suka berfoto dari hampir semua sisi Pantai Panmuti, ini bisa dijadikan spot foto yang bagus.

Terakhir, saat air laut surut, akan muncul genangan air besar yang terpisah dari lautan. Genangan ini tampak bercahaya saat terkena sinar matahari pagi dan sore hari.

Pantai Panmuti, sepertinya belum begitu terkenal. Pengunjung terbanyak berasal dari Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Pengunjung atau wisatawan akan kesulitan menemukan lokasi Pantai Panmuti, karena dari pertigaan jalan umum hingga pintu masuk pantai tidak ada penunjuk arah.

Dari kota Kupang, waktu tempuh untuk mencapai pantai Panmuti sekitar 30 menit dengan kecepatan sekitar 40-60/jam.

Cabang ruko Monas dapat menjadi acuan informasi akses untuk tiba di pantai Panmuti.

Setelah melewati toko Monas, pengunjung mengambil jalan kiri hingga menemukan SDN Noelbaki Inpres dan lapangan sepak bola hingga titik akhir di gedung RPH (Rumah Pemotongan Hewan).

Di sekitar RPH ini pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya. Dari tempat parkir, pengunjung berjalan kaki menuju pantai sambil menikmati rindangnya pepohonan yang hijau. Jarak antara tempat parkir dan pantai sekitar 100 meter.

Odilia Savrini M. Putri, pengunjung yang diwawancarai POS-KUPANG.COM pada Rabu (9/10/2019) di Pantai Panmuti mengaku sangat mengagumi keindahan Pantai Panmuti.

Baca: Desa Dongeng Songwol-dong, desa wisata bak negeri dongeng dengan berbagai ornamen boneka

Selain indah, kata mahasiswi asal Undana Kupang ini, udara di Pantai Panmuti sangat sejuk dan segar. “Selain foto-foto, saya ke sini untuk menikmati kenyamanan pantai ini, sangat tenang, udaranya juga segar,” ujarnya.

Gadis belia yang akrab dipanggil Rini ini mengimbau agar kawasan wisata Pantai Panmuti dikelola dengan baik agar dapat memberikan manfaat atau dampak ekonomi baik bagi pemerintah maupun masyarakat setempat.

“Pantai ini sangat indah dan saya sudah beberapa kali ke sana. Namun, pantai ini perlu dikelola dan dipromosikan dengan baik. Untuk hal sederhana misalnya harus ada rambu-rambu di jalan umum agar pengunjung tidak kesulitan menemukan Panmuti Pantai.” kata Rini.

(Laporan reporter POS-KUPANG.COM Laus Markus Goti)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul TRIBUN WIKKI: Menikmati Sunset dari Tebing Putih Pantai Panmuti Noelbaki Kupang

#sunset #Kupang #Panmuti Beach #Beauty

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button