Tempat Wisata

Lihatlah pesona Pantai Menganti di Kebumen, surga laut tersembunyi di selatan Jawa

Pesona Pantai Menganti di Kebumen, surga laut tersembunyi yang menawarkan pengalaman liburan menakjubkan dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Karangduwur, Kec. Papa, Kab.Kebumen, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pantai Menganti merupakan salah satu pantai paling terkenal di Provinsi Jawa Tengah yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Pasalnya pantai ini tidak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah saja, namun juga memiliki laut yang sangat bersih dan jernih.

Hal ini menjadikan pantai ini sebagai tempat yang cocok untuk menjernihkan pikiran dari penatnya hidup dan pekerjaan.

Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama orang tersayang seperti sahabat, keluarga, atau pasangan.

Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata liburan Anda.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Jika anda ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai Pantai Menganti Kebumen, silahkan membaca informasi lengkapnya pada artikel berikut di bawah ini.

Daya Tarik Pantai Menganti

Objek Wisata Pantai MengantiFoto oleh Utsman Media di Unsplash

Pantai indah di Jawa Tengah ini mempunyai daya tarik yang tidak dimiliki pantai lain sehingga menjadi nilai tambah di mata wisatawan. Artinya, pantai indah ini tidak pernah sepi kunjungan wisatawan setiap tahunnya.

Agar Anda tidak ragu untuk mengunjungi Wisata Pantai Menganti, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu objek wisatanya. Daya tarik wisata bahari ini adalah sebagai berikut :

Asal

Menurut warga sekitar, terciptanya pantai ini bermula dari seorang panglima dari Majapahit yang mengungsi ke pantai selatan Jawa. Sebab, hubungan panglima dengan gundiknya tidak disetujui oleh raja.

Sang panglima dan kekasihnya pun sepakat untuk bertemu di tepi pantai dengan pasir putihnya yang lembut dan indah.

Namun, setelah seharian sang panglima menunggu kedatangan kekasihnya, ia tak kunjung datang menemuinya di lokasi yang telah disepakati.

Sejak kejadian tersebut, pantai tempat panglima menunggu kedatangan kekasihnya dinamakan Pantai Menganti yang artinya “menunggu”.

Sebagai tambahan informasi, karena pantai ini juga lekat dengan Nyi Roro Kidul, maka pengunjung pantai tidak diperkenankan mengenakan pakaian berwarna hijau saat berkunjung ke pantai.

Keindahan Pantai Menganti

Karena airnya yang jernih, Keindahan resmi dinobatkan sebagai salah satu pantai terindah di Provinsi Jawa Tengah. Bahkan banyak wisatawan yang mengaku keindahan pantai ini tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Samudera Pasifik.

Pantai ini tidak hanya memiliki pasir putih yang lembut dan indah, namun juga perbukitan yang memanjakan mata. Tebing ini adalah salah satu titik pandang paling populer matahari terbit Dan matahari terbenam.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan jembatan merah yang bisa dijadikan tempat pengunjung berfoto. Alternatif spot foto lain yang tak kalah indahnya adalah puncak mercusuar yang tingginya sekitar 20 meter.

perjalanan

  • balon: Daya tarik pertama di pantai ini adalah balon udara yang memungkinkan Anda mengelilingi pantai di udara. Tarif perjalanan ini sendiri cukup murah, hanya Rp 15.000 saja
  • Sepeda gantung: Wahana selanjutnya yang juga berlangsung di pantai ini dan populer di kalangan pecinta aktivitas ekstrim adalah sepeda gantung. Keamanan wahana ini cukup tinggi sehingga tidak perlu khawatir jika ingin mencoba wahana ini.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pantai MengantiFoto oleh Utsman Media di Unsplash

Pantai mempesona ini terletak di Desa Karangduwur, Kec. Papa, Kab.Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Jarak menuju pantai ini hanya sekitar 40 km atau hanya sekitar 1 jam perjalanan.

Kini jalur yang paling banyak dilalui pengunjung adalah lewat Kebumen, lalu menuju Petanahan, lewat Puring menuju Karangbolong dan terakhir di Pantai Menganti di Kebumen.

Jalur alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah lewat Kebumen menuju Gombong, lalu lewat Jatijajar dan lurus terus hingga sampai di Menganti.

Harga tiket pantai cantik ini cukup murah dan terjangkau, hanya berkisar Rp 20.000 saja. Kini waktu sudah tidak lagi 24 jam, sehingga Anda bisa leluasa mengunjungi pantai ini kapan saja.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai MengantiFoto oleh Zulkifli Hidayat di Google Maps

Saat berkunjung ke pantai cantik ini, selain bermain air dan pasir, ada beberapa aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan pengunjung. Beberapa aktivitas menarik yang dapat dilakukan pengunjung di Pantai Menganti adalah sebagai berikut:

1. Berburu Spot Foto

Tentu saja aktivitas pertama yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini adalah mencari spot foto. Banyak spot foto menarik di pantai ini yang pastinya sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke pantai ini.

2. Berkemah di Kawasan Pantai Menganti

Pihak pengelola pantai menyediakan tempat perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati suasana malam hari di tepi pantai. Untuk berkemah di pantai ini, pengunjung harus membeli paket berkemah yang disediakan.

3. Kunjungi mercusuar

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan pengunjung di pantai ini adalah mengunjungi mercusuar bersejarah. Kegiatan ini sangat menarik karena pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai ini dari atas menara.

4. Jelajahi Goa

Menjelajahi gua menjadi aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan pengunjung di kawasan Wisata Pantai Menganti. Namun gua ini tidak bisa sembarangan dikunjungi karena gua ini hanya terlihat saat permukaan air laut sedang rendah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai MengantiFoto oleh Herry Qing di Unsplash

Fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap yaitu restoran, akomodasi, tempat parkir, musala, dan toilet. Dengan fasilitas yang cukup lengkap ini, kami berharap pengunjung akan merasa nyaman saat mengunjungi pantai indah ini.

Nah itulah informasi mengenai Pantai Menganti di Kebumen yang perlu anda ketahui jika ingin berkunjung ke pantai ini. Semoga informasi yang disampaikan diatas dapat bermanfaat khususnya bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Wisata Pantai Menganti.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button