Tempat Wisata

Lokasi, kecantikan & tiket masuk

Gili Labak atau Pantai Gili Labak mungkin tidak sepopuler tempat wisata di Jawa Timur lainnya. Namun jangan salah, tanggul ini justru menawarkan lokasi yang sangat bagus, apalagi terkait dengan kawasan pantainya yang asri dan alami.

Jika Anda berniat untuk mengisi waktu liburan Anda di Gili Labak, artikel ini akan menunjukkan semua yang bisa Anda temukan di pulau ini.

Jadi silakan, terus membaca sampai akhir.

pulau gili-labak

Sekilas tentang Gili Labak

Siapa sangka di ujung timur Madura terdapat sebuah tanggul yang kini menjadi perbincangan wisatawan karena daya tariknya.

Gili tidak lain adalah Gil Labakyang membuka mata kita bahwa tanggul dengan nuansa alam yang indah tidak hanya ada di Lombok tetapi juga di Jawa.

Gili Labak menawarkan daya tarik berupa keindahan alamnya yang masih sangat alami karena jarang dijamah tangan manusia.

Selain itu, kawasan pantai di sekitar gili juga sangat memanjakan mata dengan pasirnya yang putih dan air laut yang biru bersih, sungguh tempat yang pasti sangat nyaman untuk ditinggali dan bersantai sejenak setelah seharian bekerja keras akan memberikan .

gili-labak-di suatu tempat

Gili Labak masih jarang dikunjungi wisatawan. Ini bukan karena Gili Labak tidak menarik, tetapi karena letaknya yang jauh di tengah lautan, begitu menguras tenaga dan tidak mudah untuk dikunjungi.

Gili Labak memiliki luas 6 hektar yang dihuni tidak lebih dari 30 kepala keluarga. Banyak hal yang bisa dilakukan disini untuk berlibur diantaranya snorkeling untuk menikmati kekayaan bawah laut pantai Gili Labak.

Alamat dan Rute Menuju Gili Labak

Dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan laut untuk pergi dari Madura ke Gili Labak. Alamat lengkap tanggul ini adalah Desa Kembang, Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Mengenai akses jalan atau rute menuju Gili Labak, Anda bisa memilih beberapa rute menuju Gili Labak di bawah ini.

rute-ke-tanggul-lab

Ada 4 pilihan rute yang bisa Anda jadikan titik awal perjalanan Anda ke Gili Labak. Namun bagi Anda yang berasal dari luar Jawa Timur atau Sumenep, terlebih dahulu harus ke Sumenep untuk mengakses keempat jalur tersebut.

Empat rute yang dimaksud adalah:

Tanjung Saronggi

Terdapat sebuah dermaga yang biasa menjadi titik pemberangkatan perjalanan menuju Gili Labak, yaitu di sebelah timur pertigaan Saronggi. Dari dermaga ini Anda bisa menyewa perahu yang biasa mengantar wisatawan ke Gili Labak.

Desa Lobuk

Sama seperti jalur Tanjung Saronggi, anda juga bisa melintasi jalur Desa Lobuk menuju Gili Labak dengan menggunakan perahu. Terdapat sebuah dermaga di desa ini yang sering menjadi jalur penyeberangan wisatawan menuju Gili Labak.

rute-ke-gili-labak-via-lobuk-desa

desa Kombang

Jalur ini sebenarnya cukup rumit, namun sering dipilih wisatawan karena waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Gili Labak lebih singkat dibandingkan jalur lainnya. Selain itu, biaya penyeberangan dikatakan lebih murah.

Rute ini membawa Anda ke Gili Labak setelah menempuh perjalanan darat dari Kalianget ke Talango dan Kombang.

Pelabuhan Kalianget

Pelabuhan ini terletak di sebelah timur Kabupaten Sumenep. Di sini Anda bisa menyewa perahu untuk berlayar ke Gili Labak.

jam operasi

Paket Wisata Gili Labak

Anda bisa datang ke Gili Labak kapan saja karena pulau ini terbuka untuk semua orang 24 jam sehari. Jadi untuk jam operasional atau Jam buka Gili Labak tidak ada aturan sama sekali.

Harga tiket masuk Gili Labak

Karena tidak diatur jam operasionalnya, pengunjung atau wisatawan yang datang ke Gili Labak juga bisa masuk ke tanggul ini tanpa membeli tiket masuk. Harga tiketnya gratis, kecuali biaya sewa peralatan kegiatan wisata yang nantinya bisa Anda lakukan di tanggul atau di pantai.

Fasilitas wisata di Gili Labak

Sayangnya, keindahan Gili Labak dan potensinya untuk menjadi tempat wisata di Madura yang mampu menarik banyak wisatawan tidak dimaksimalkan oleh pihak pengelola maupun pemerintah setempat.

Tidak ada fasilitas umum sama sekali di Gili Labak, sehingga hal ini secara tidak langsung mempengaruhi minat wisatawan ke tanggul ini.

Baca juga: Pantai Cemara, Tuban, Jawa Timur

Wisata Gili Labak

Anda tidak akan menemukan fasilitas seperti toilet atau warung makan di sini. Agar tidak kelaparan nantinya, Anda harus menyiapkan bekal yang cukup dari rumah. Sedangkan untuk toilet masih bisa menumpang di rumah-rumah penduduk.

Begitu juga untuk sarana akomodasi atau perlengkapan kegiatan wisata seperti snorkeling. Ketersediaannya di tanggul ini masih sangat rendah, bahkan tidak ada sama sekali.

Misalnya untuk akomodasi, meski ada beberapa rumah yang disewakan warga sekitar, biasanya penyedia paket wisata Gili Labak sudah ludes terlebih dahulu.

Baca juga: Keindahan Pulau Pahawang

Aktivitas wisata yang menarik di Gili Labak

gili-labak-open-trip

Selain minimnya fasilitas umum di Gili Labak, berlibur di pulau ini sebenarnya sangat menarik dan akan menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi Anda dan keluarga.

Di tanggul ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas wisata seru yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan. Kegiatan tersebut meliputi:

bermain ATV

Jika Anda menyukai aktivitas semi ekstrim seperti mengendarai ATV, Anda juga bisa melakukannya di Gili Labak. Sudah ada tempat persewaan ATV di tanggul ini dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal.

Dengan area yang luas dan datar, dipastikan aktivitas bermain ATV di tempat ini akan sangat aman dan menyenangkan.

Baca juga: Saksikan upacara pelabuhan yang unik di Pantai Ngliyep, Malang, Jawa Timur

gili-labak-atv

snorkeling

Tentunya kegiatan ini akan sangat menyenangkan jika dilakukan di pantai Gili Labak. Pantai Gili Labak bahkan dikenal sebagai pantai yang sangat cocok untuk snorkeling karena memiliki air laut yang jernih dan berbagai jenis biota laut menghiasi alam bawah lautnya.

gili-labak-snorkeling

berburu foto

Panorama alam di Gili Labak dan keindahan kawasan pantai menjadi objek foto yang sangat indah untuk diabadikan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih angle atau spot foto yang menurut Anda paling indah di tanggul ini dan berfoto bersama keluarga dengan backdrop tersebut.

Foto Berburu Gili Labak

berenang di pantai

Ombak di pantai Gili Labak sangat aman untuk berenang. Selain itu, Anda juga bisa berenang di air pantai yang jernih dan bersih sambil menikmati keindahan alam bawah laut.

Biar makin seru, ajak anak atau istri Anda untuk berenang bersama di pantai ini dan nikmati hari libur yang menyenangkan.

gili-labak-renang

Mengejar matahari terbit dan terbenam

Letak tanggul yang berada di tengah lautan dan jauh dari daratan membuat fenomena matahari terbit dan terbenam terlihat dari tanggul ini.

Sore hari Anda bisa pergi ke sisi barat tanggul untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Di pagi hari, sisi timur gili adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit.

matahari terbit gili-labak

Baca Juga : Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi

Meski berada sangat jauh di tengah lautan, keindahan tanggul yang juga sering disebut Pulau Gili Labak ini perlahan membuatnya semakin populer di kalangan wisatawan. Jika saja pengelola atau pemerintah setempat memperhatikan gili ini dengan menambahkan fasilitas dan wahana wisata yang ada, maka dipastikan gili ini nantinya akan menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sangat populer.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button