Tempat Wisata

Lokasi rute Ranca Upas Bandung, harga tiket dan fasilitas

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di Bandung, Ranca Upas Bandung menjadi salah satu tempat wisata yang direkomendasikan. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata alam di Jawa Barat tepatnya di Ciwidey.

Tempat wisata ini sebenarnya sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Karena memiliki panorama yang indah dan memungkinkan Anda melihat sisi dunia yang berbeda. Selain itu juga untuk keseruan menangkap rusa dan pagi berkabut yang Instagrammable.

Lokasi dan Rute Menuju Ranca Upas Bandung

Ranca Upas terletak di dataran tinggi Ciwidey. Tepatnya di ketinggian 1.700 mdpl, udara di sana sangat sejuk. Berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Patengan KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung.

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata utama ini, anda bisa mengarahkan kendaraan menuju kawasan Soreang. Lalu lurus terus menuju Ciwidey sejauh 15 km. Selanjutnya Anda akan menemukan tempat wisata Kawah Putih. Jarak ke tempat wisata ini masih mencapai 6 km.

Tiket Masuk Ranca Upas Bandung

Ranca Upas kini dibuka kembali setelah penutupan sementara yang dimulai sejak 8 April lalu. Dan kini, mulai 14 Mei 2023, tempat wisata alam ini resmi dibuka kembali. Namun, harga tiket masuk dilaporkan telah meningkat.

Kenaikan tarif masuk perkemahan Ranca Upas berdasarkan keputusan General Manager Unit Usaha Ekowisata Mandiri (GM-KBM Ekowisata) Perhutani No. 07/Kpts/GM/KBM EKOWISATA/2022.

Ranca Upas yang buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore ini menawarkan tiket masuk yang relatif murah yaitu:

● HTM untuk wisatawan domestik adalah Rp 25.000

● HTM untuk turis asing adalah Rp 44.000

Harga tersebut cukup terjangkau mengingat tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan tentunya asyik untuk dijelajahi.

Fasilitas di Ranca Upas Bandung

Berada di ketinggian 1700 mdpl, wisata alam Ranca Upas merupakan tempat terbaik bagi Anda yang ingin bersantai. Suhu udara di sana bisa mencapai 17 hingga 20 derajat Celcius. Di sana Anda dapat menikmati beberapa fasilitas yang ditawarkan, antara lain:

1. Petualangan Perkemahan Cerdas

Bagi anda yang suka camping, tempat wisata ini cocok untuk camping bersama teman, sahabat atau keluarga. Tempat wisata ini memiliki tempat berkemah yang luas bahkan bisa digunakan hingga seribu orang. Harga sewa tenda Ranca Upas cukup murah.

Jika Anda membawa camper dengan jumlah lebih dari 40 orang, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu. Harga pesanannya pun terjangkau, yakni Rp 500.000. Fasilitas camping Ranca Upas terdiri dari tenda atau extra bed yang disewakan secara terpisah.

Ada beberapa pilihan paket camping di Ranca Upas. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.150.000/tenda untuk satu malam. Berikut paket camping yang bisa Anda pilih:

● Tenda Dome untuk 2 sampai 3 orang Rp 150.000/tenda

● Tenda kubah sedang untuk 2 sampai 3 orang IDR 300.000/tenda

● Tenda Kubah Premium Rp375.000/tenda

● Tenda Gamma Normal untuk 4 sampai 5 orang Rp 250.000/tenda

● Gamma sedang Rp 450.000/tenda

● Gamma Premium IDR 530.00/tenda dan lainnya

2. Rusa tawanan

Salah satu fasilitas yang paling banyak diminta wisatawan saat berkunjung ke Ranca Upas Bandung adalah tempat penangkaran rusa. Di tempat wisata alam ini, Anda bisa menikmati pemandangan rusa yang berkeliaran bebas.

Jenis rusa yang ditemukan di sana merupakan jenis rusa jawa karena jenis rusa ini tergolong jenis rusa yang dilindungi. Sedangkan areal lain untuk penangkaran dan areal lainnya dibatasi dengan pagar kayu.

3. Kolam renang dan pemandian air panas

Selain tempat wisata alam, Ranca Upas juga menawarkan kolam renang. Namun, jika Anda takut masuk angin karena kedinginan, sebaiknya tenang saja, karena mandinya menggunakan air hangat.

Tidak hanya kolam renang, tapi juga waterboom untuk anda yang suka berenang di air sambil bermain. Dan selain kolam renang dan waterboom, semuanya dirancang dengan baik untuk kenyamanan para pengunjung.

4. Glamping di tenda igloo

Bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman berkemah dengan nuansa hotel, glamping adalah solusinya. Di sana Anda bisa merasakan sensasi berada di udara terbuka dari atas danau, dilengkapi dengan segala fasilitas hotel bintang lima.

Bagi anda yang ingin menginap di glamping tersedia fasilitas sebagai berikut: duvet dengan twin bed, air mineral, sikat gigi, api unggun, sarapan pagi, bisa tambah kayu, sewa papan permainan dan bisa juga sewa extra bed.

Jangan khawatir, harga menginap di Ranca Upas lebih spesifiknya glamping cukup terjangkau. Karena dibarengi dengan fasilitas layaknya hotel bintang lima. Biaya menginap di area glamping adalah:

● Akhir pekan Rp700.000

● Hari kerja Rp550.000

5. Keluar

Wisata alam tidak lengkap tanpa kegiatan outbond. Di tempat wisata alam ini terdapat area outdoor yang menawarkan banyak kemungkinan. Di bawah ini adalah daftar kegiatan outbound yang dapat Anda ikuti dan jumlah biayanya.

● ATV Rp 150.000

● Petik stroberi seharga 50.000 rupee

● Paintball Rp 125.000

● Naik Rp 35.000

● Panahan Rp 35.000

Tips Berkunjung ke Ranca Upas Bandung

Jika Anda ingin mengunjungi Ranca Upas, Anda harus memperhatikan beberapa tips. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum mengunjungi tempat wisata utama tersebut.

  1. Pastikan Anda membawa baju ganti. Atau Anda juga memakai pakaian yang tebal, seperti jaket atau sweater, karena di sana dingin.
  2. Akan lebih baik jika datang pada siang hari. Jika Anda datang pada malam hari, kemungkinan besar daerah tersebut akan berkabut. Ini akan menyulitkan Anda untuk bepergian.
  3. Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, disarankan untuk menyiapkan obat sendiri atau sesuai resep dokter.
  4. Jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya. Karena model pembayarannya masih menggunakan uang tunai dan pembayaran non tunai belum memungkinkan.
  5. Selain itu, pastikan tubuh Anda dalam kondisi stabil. Ini karena suhunya yang sangat dingin. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, suhu biasanya menjadi ekstrim.
  6. Jika Anda ingin berkemah dengan anggaran lebih rendah, disarankan untuk membawa perlengkapan pribadi agar tidak melebihi anggaran.

Menutup

Ranca Upas merupakan tempat wisata yang populer bagi masyarakat Bandung, bahkan ada yang datang dari luar kota. Selain lokasinya yang sejuk, tempat ini ramai karena menawarkan banyak fasilitas. Misalnya kolam renang, tempat olah raga, bahkan ada penangkaran rusa.

Saat berwisata ke Ranca Upas Bandung, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips ini. Salah satu pilihannya adalah membawa uang tunai secukupnya. Ini karena sistem pembayaran di sana belum didukung oleh pembayaran elektronik.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button