Tempat Wisata

Masjid Agung Al-Mubarak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Seiring berkembangnya zaman, masjid ini tidak hanya sekedar masjid yang bisa digunakan untuk salat Fardhu dan salat Jumat bagi warga Pulau Parit. Namun masjid ini banyak dikunjungi wisatawan.

Masjid Agung Al-Mubarak merupakan masjid dengan luas tanah 3.600 m2 dan luas bangunan 242 m2. Masjid ini terletak di Kecamatan Merai yaitu Kecamatan Meral Kabupaten Karimun yaitu Kepulauan Riau. Masjid ini terletak tidak jauh dari kota Karimun. Masjid ini terletak di tepi pantai.

Menurut warga setempat, masjid ini merupakan hasil peninggalan sejarah Malaysia yang sangat berharga. Didesain oleh arsitek unik dan juga bernilai tinggi sejak abad ke-17, masjid ini dibangun oleh Raja Abdullah Ahmad Engku Tuah, cucu Raja Haji Fisabilillah. Masjid ini dibangun pada tahun 1873 Masehi.

Fasilitas Masjid Agung Al-Mubarak

Setelah berkali-kali dipugar, masjid ini memiliki banyak fasilitas yang kita temukan di masjid ini. Di sekeliling masjid terdapat teras, meski dulu teras hanya ada di bagian belakang. Tak lupa juga ada menara yang menjadi ciri khas masjid di Riau ini. Sedangkan konstruksi mimbar dan atapnya tidak mengalami perubahan dibandingkan pendahulunya.

Pesona Masjid Al Mubaraq

Masjid Agung Al-Mubarak Inilah pesona dinding masjid yang indah. Selain menara dan mimbar yang dimaksudkan agar sesuai dengan bentuk aslinya, dinding luar Masjid Al Mubaraq sengaja dicat kuning. Hal ini melambangkan kesejahteraan rakyat pada masa pemerintahan raja.

Sedangkan dinding bagian dalam masjid dicat hijau sehingga pesona masjid ini melambangkan kemakmuran. Warna masjid ini sama dengan Masjid Pulau Penyengat. Sebab, kedua masjid tersebut mempunyai garis keturunan yang sama dengan raja yang berada di sana.

Wisata kuliner di Masjid Raya Al Mubaraq

Tenang saja, bagi anda yang ingin mencari kuliner di sekitar masjid ini bisa menikmati jajanan yang ada di sekitar masjid besar ini. Jajanan yang dijual merupakan masakan khas Kepulauan Riau.

Agrowisata di Masjid Agung Al Mubaraq

Agrowisata yang ada di masjid ini sudah tidak perlu diragukan lagi karena anda bisa menikmati keindahan dan juga agrowisata wisata religi yang ada di masjid ini. Itu yang paling menyenangkan.

Mencari foto Masjid Agung Al Mubaraq

Anda yang berkunjung ke masjid ini bisa berfoto-foto asyik di masjid ini karena masjid ini dibangun dengan menggunakan material yang unik. Bangunan masjid tidak dibangun dengan bahan-bahan umum saat ini. Namun terdiri dari campuran tanah liat dan protein.

Tips Menuju Masjid Raya Al Mubaraq

Jika ingin mengunjungi masjid besar ini, perlu melakukan beberapa persiapan. Adapun persiapan yang perlu dibawa tentu saja Mukenah. Jika banyak orang yang salat di masjid agar tidak perlu menunggu lama, bawalah perlengkapan salat.

Baca Juga: Berwisata dan Temukan Misteri di Makam Jembatan Layang Kumitir

Datanglah pada waktu yang disepakati. Ini seperti saat-saat keagamaan, seperti saat bulan puasa, saat peringatan Islam. Hal ini juga dikarenakan masjid ini penuh dengan pengunjung yang datang ke tempat ini.

Menikmati keindahan Masjid Al Mubaraq

Selain sebagai tempat ibadah salat lima waktu, masjid ini juga dapat berfungsi sebagai pusat pembelajaran mengaji. Saat Anda berkunjung ke masjid ini, Anda bisa menikmati suasana aktivitas yang berlangsung di sana Masjid Agung Al-Mubarak.

Pengunjung juga dapat mengikuti pembelajaran mengaji karena semua kelompok umur dapat mengikuti pengajian di masjid ini. Selain itu juga dijadikan sebagai tempat nasehat untuk memperdalam ilmu agama Islam. Sebab, masjid ini dijadikan sebagai tempat wisata religi.

Biaya masuk Masjid Agung Al Mubaraq

Di wisata religi ini, tiket masuk ke masjid besar ini tidak dipungut biaya. Meski merupakan tempat wisata religi, masjid ini tidak memungut biaya apapun ketika pengunjung berkunjung ke tempat wisata ini.

Jam buka masjid ini dari pagi hingga sore hari. Anda bebas datang ke masjid ini untuk beribadah kapan saja. Terutama dalam menunaikan kewajiban yaitu shalat lima waktu.

Masjid Agung Al-Mubarak Kunjungan kali ini sayang jika dilewatkan. Oleh karena itu, masjid ini wajib Anda kunjungi saat berwisata di Kepulauan Riau. Tempat ini merupakan tempat wisata religi yang sangat bagus.

Jam buka Masjid Agung Al Mubaraq

  • Buka setiap hari dari jam 4 pagi sampai jam 8 malam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button