Tempat Wisata

Masjid Raya Baitul Makmur: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Apalagi saat ini kita sepertinya semakin dimanjakan dengan banyaknya tempat wisata baru yang bermunculan. Atau bisa juga suatu tempat yang tadinya tidak menarik, setelah diketahui nilai sejarahnya atau faktor lainnya, malah banyak dikunjungi wisatawan. Alhasil, tempat tersebut menjadi semakin terkenal dan menarik banyak orang.

Sudah menjadi rahasia umum di Indonesia bahwa terdapat tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi hampir dimana-mana. Salah satu daerah yang mungkin belum semua orang tahu adalah daerah Kepulauan Riau. Masih banyak tempat menarik di sini yang belum banyak dikembangkan.

Sebagai daerah yang berada di ujung barat Indonesia, sebenarnya wajar jika tidak banyak orang yang mengetahui beberapa tempat menarik di Kepulauan Riau, bahkan masyarakat Indonesia sendiri. Namun, kenyataannya justru sebaliknya: semakin banyak wisatawan mancanegara. Wisatawan mengenal kawasan ini dan mengunjunginya.

Kali ini kami akan informasikan kepada anda tentang tempat-tempat menarik sebagai destinasi wisata di Kepulauan Riau. Ada banyak tempat wisata disini, mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata sejarah, dan wisata religi. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk wisata religi adalah Masjid Raya Baitul Makmur.

Baca juga: Kapal Legendaris MV Doulos Phos, Nikmati Resor Mewah di Kapal Bersejarah

Pemandangan Masjid Raya Baitul Makmur

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, membangun masjid tentu bukan hal baru. Karena setiap hari hampir seluruh umat Islam melakukan ibadahnya yang berhubungan dengan masjid. Namun popularitas sebuah masjid di kalangan masyarakat umum biasanya disebabkan oleh faktor-faktor yang membuatnya menarik.

Misalnya, faktor ini dapat dikaitkan dengan sejarah atau peristiwa di balik pembangunan masjid. Faktor lainnya juga bisa berupa keunikan dan kemegahan struktur arsitektur sebuah masjid. Hal-hal seperti itulah yang akan menarik banyak orang untuk berkunjung ke masjid.

Hal serupa juga terjadi pada masjid di Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Masjid ini dibangun pada tahun 2009 di atas lahan seluas satu setengah hektar dan terletak di dataran tinggi. Meski merupakan gedung baru, Masjid Raya Baitul Makmur Hal ini menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Tanjung Uban.

Masjid yang terletak di dekat Makam Pahlawan di Tanjung Uban ini merupakan bentang alam sumbangan Raja Daud. Meski pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 2009, namun peresmiannya baru dilakukan pada tahun 2015 oleh Bapak HM Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Republik Indonesia. Jadi bangunan ini masih sangat baru dan indah.

Daya tarik lain dari Masjid Tanjung Uban yang terkenal adalah letaknya yang strategis sehingga menciptakan suasana pemandangan yang sangat indah. Mengapa tidak? Karena lokasinya yang berada di puncak bukit, Masjid Raya ini memungkinkan Anda menikmati pemandangan kawasan Tanjung Uban dan sekitarnya.

Selain itu, masjid ini juga menawarkan pemandangan laut lepas karena lokasinya yang dekat dengan laut. Sehingga banyak orang yang akhirnya tertarik untuk berkunjung Masjid Raya Baitul Makmur Kemudian mereka berlibur ke Kepulauan Riau.

Selain itu, pesona Masjid Raya Tanjung Uban juga menawarkan desain interior yang akan memukau dan menenangkan siapa pun yang menjalankan salat di dalam ruangan. Masjid yang mempunyai kapasitas berkumpul sekitar 6.000 orang ini dihiasi dengan ukiran kayu dan berbagai ornamen yang menambah kemegahan masjid ini.

Mencari lokasi Masjid Agung ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika Anda berada di Kepri, Masjid Raya ini terletak di Pulau Bintan, Tanjung Uban. Masjid ini letaknya persis di depan SPBU kota Tanjung Uban atau dekat kawasan makam pahlawan Tanjung Uban.

Bagi Anda yang sedang atau akan berwisata ke Kepulauan Riau, tentunya sayang jika tidak mengunjungi masjid ini. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang sangat indah, Anda bisa beribadah dan beristirahat selama perjalanan ke Kepulauan Riau.

Aturan yang sama berlaku seperti masjid pada umumnya. Yakni menjamin ketenangan dan kebersihan di kawasan masjid. Karena ini adalah tempat ibadah. Tentu kita harus menghormati jamaah yang shalat di Masjidil Haram ini.

Biaya masuk Masjid Raya Baitul Makmur

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Masjid Raya Baitul Makmur

Peta Lokasi Masjid Raya Baitul Makmur

Berikut gambaran singkat Kepulauan Riau dan potensi wisatanya. Secara khusus, Masjid Agung ini menjadi destinasi wisata religi. Dengan begitu, suasana wisata Anda di Kepri akan lengkap setelah Anda berkunjung Masjid Raya Baitul Makmur Tanjung Uban. Terima kasih banyak.

Galeri foto Masjid Raya Baitul Makmur

Potret Masjid Agung Baitul Makmur
Potret pintu masuk masjid
Potret udara Masjid Baitul Makmur

Keindahan Masjid Baitul Makmur
Sunset di Masjid Raya Baitul Makmur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button