Tempat Wisata

Masjid Raya Sampang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Karena letak geografisnya, Pulau Madura memiliki beberapa obyek wisata pantai yang keindahannya sangat memikat wisatawan. Namun selain dikenal dengan pantainya yang banyak, Madura juga menjadi yang terdepan dalam hal objek wisata religi, seperti beberapa ordo orang terkenal yang terkait dengan Islam atau keturunan keraton di sana. Selain itu, ada juga masjid di Madura yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, seperti Masjid Raya Bangkalan, Masjid Raya Sampang, dan Masjid Raya Sumenep. Ketiga masjid ini terkenal di sana bahkan di luar Pulau Madura.

Kali ini kita akan membahas salah satu masjid tersebut di atas yaitu Masjid Raya Sampang atau dikenal juga dengan Masjid Jamik. Masjid ini terletak di tengah kota yaitu di Jalan Pahlawan, Sambang. Sebagai simbol kebanggaan masyarakat Madura, bangunan ini memiliki kubah tengah yang besar dan menara yang menjulang tinggi. Tempat ini juga merupakan salah satu tempat kegiatan keagamaan di kota Sampang. Untuk daya tampung masyarakat sendiri, Masjid Raya Sampang dirancang oleh Ir. Samsul Arifin bisa menampung hingga 10.000 orang.

Desain atau model bagian depan masjid sendiri sebenarnya sangat sederhana karena hanya didominasi warna putih, sedangkan pintu utama yang juga berfungsi sebagai pintu masuk ke ruang utama tampak memukau karena terbuat dari kayu jati berukir. Tak lupa juga ada nuansa tradisional yang tidak bisa dipisahkan yaitu pintu dan jendelanya yang juga terbuat dari ukiran kayu jati. Konsep ruangan tanpa kolom dan langit-langit yang tinggi juga mengikuti bentuk kubah utama yang sederhana. Konstruksi besi memberikan tampilan modern. Kontras antara tradisi dan modernitas menjadi daya tarik utama Masjid Raya Sampang.

Ada juga yang perlu anda ketahui tentang masjid ini karena sampai saat ini belum ada yang bisa memastikan kapan Masjid Raya Sampang didirikan, namun menurut beberapa sumber disebutkan bahwa pada tahun 1977 ditemukan angka 1821 pada salah satu sisi bangunan. di Masjid. Dari sini mereka menyimpulkan bahwa masjid ini dibangun pada tahun 1821 dengan nama Masjid Jamik.

Fasilitas di Masjid Raya Sampang

Tentunya karena objek wisata religi yang kita bicarakan kali ini adalah masjid, maka sudah barang tentu kita tidak akan menemukan banyak fasilitas pendukung seperti yang biasa kita temukan di objek wisata lainnya. Namun masih ada beberapa yang bisa Anda manfaatkan, seperti:

– Kamar mandi atau toilet umum

Tentunya selain kamar kecil yang disediakan oleh masjid untuk masyarakat, disini juga terdapat kamar mandi yang bisa anda gunakan jika diperlukan.

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir memarkirkan kendaraannya karena tersedia tempat parkir bagi jamaah atau pengunjung yang datang ke Masjid Raya Sampang. Biaya parkirnya juga sangat murah.

– Bilik atau tempat makan

Setelah menyusuri kawasan Sampang hingga akhirnya mampir ke masjid ini untuk menunaikan sholat, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan perut kosong karena masjid ini terletak di tengah kota dan pengunjung bisa dengan mudah menjumpai berbagai warung atau rumah makan yang menjual makanan khas Madura. hidangan di sana.

– Toko hadiah

Sebelum pulang, kurang lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh terlebih dahulu. Nah, di sekitar masjid ini Anda juga bisa menjumpai pedagang yang menjajakan berbagai oleh-oleh yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman.

Berburu foto di Masjid Raya Sampang

Bagi anda penggemar fotografi, anda tetap bisa menekuni hobi anda saat datang ke masjid ini walaupun tidak bisa memotret dengan bebas karena kita tetap harus menghormati orang mukmin yang datang beribadah. Arsitektur masjid yang menarik, dengan perpaduan tradisional yang tampak pada ukiran kayu jati dan nuansa modern di dalam ruang utama, juga bisa menjadi incaran jepretan kamera Anda. Melalui postingan Anda di berbagai media sosial, Anda juga telah berkontribusi dalam mempromosikan obyek wisata Masjid Raya Sampang kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Waduk Klampis, Melihat Keindahan Salah Satu Waduk di Madura

Akses jalan menuju Masjid Agung Sampang

Bagi anda yang penasaran dan ingin mengunjungi mesjid ini tidak perlu khawatir karena jalannya sangat mudah di akses, apalagi letak mesjid raya sampang berada di pusat kota sampang sehingga anda dapat menjangkaunya dengan mudah. Anda bisa menemukannya saat melanjutkan perjalanan dari Jembatan Suramadu. Anda yang berangkat dari Surabaya dengan kapal ferry juga bisa langsung menuju Sampang menggunakan angkutan umum yang tersedia di sekitar pelabuhan Kamal.

Biaya masuk Masjid Raya Sampang

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)
  • Biaya parkir kendaraan: Rp 3.000-10.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Masjid Raya Sampang

Tips Liburan di Masjid Raya Sampang

  • Kenakan pakaian yang sopan dan tertutup karena ini adalah tempat ibadah
  • Hormati orang percaya yang hadir untuk kebaktian
  • Diharapkan tidak mengganggu jamaah yang sedang beribadah
  • Jangan berbicara kasar
  • Jangan dibuang

Galeri Foto Masjid Raya Sampang

Selamat datang di Masjid Raya Sampang
Potret Masjid
Di masjid
Sholat di Masjid Raya Sampang
Potret masjid di sore hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button