Tempat Wisata

Masjid Raya Tua Taman Madiun: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga atau teman tapi belum yakin mau ke mana? Jika iya, cobalah untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini yaitu Masjid Raya Taman Madiun tua. Salah satu masjid bersejarah di Madiun yang terletak di Jl. Asahan No.46, Kota Madiun. Tempat ibadah ini memiliki suasana religi yang sangat kental, sehingga jika anda berada di Madiun namun tidak sempat mengunjungi Masjid Raya Taman Madiun lama, sangat disayangkan.

Masjid Raya Taman Madiun tua menampilkan arsitektur Jawa dan dibangun pada tahun 1754 oleh Kiai Ageng Misbach. Kesan tempo dulu masih terasa pada masjid ini, terlihat pada bagian utama masjid yang masih dalam kondisi aslinya. Baik itu empat pilar utama, jendela, pintu, dan atap khas Joglo. Di bagian luar masjid terdapat makam pendiri Masjid Raya Tua Taman Madiun, sedangkan di sebelah kiri merupakan kompleks pemakaman umum.

Fasilitas dan akomodasi di Masjid Raya Taman Madiun kuno

Masjid Raya Taman Madiun kuno juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Semua fasilitas tersebut dirancang untuk membuat pengunjung merasa nyaman di sana. Tidak jauh dari tempat ini terdapat tempat parkir untuk kendaraan roda dua atau empat, sehingga anda tidak perlu lagi bingung mencari tempat parkir kendaraan anda. Tempat istirahat juga tersedia di sekitar masjid bagi pengunjung yang ingin bersantai selama berada di sana. Jangan lupa toilet di sekitar Kuil Hwie Ing Kiong bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar.

Tak jauh dari kawasan Masjid Kuno Taman Madiun juga terdapat bank lokal bagi pengunjung yang ingin menarik uangnya setelah menunaikan kewajiban atau sekedar berkunjung. Selain itu, di sekitar bank Anda juga akan menemukan pusat perbelanjaan, restoran, stasiun kereta api, alun-alun, hotel, dan pasar. Masjid bersejarah ini juga merupakan tempat yang tepat untuk berfoto bersama teman dan keluarga. Sia-sia jika Anda tidak mengabadikan momen saat berada di Masjid Raya Taman Madiun tua bersama mereka.

Berburu foto kekinian di Masjid Raya Taman Madiun kuno

Jika Anda ingin berfoto ria di Masjid Agung Taman Madiun bersama teman atau keluarga, harap berhati-hati karena mungkin ada beberapa tempat yang tidak boleh diambil secara acak tanpa izin terlebih dahulu. Meski begitu, Anda bisa mengambil foto baik di dalam maupun dengan latar belakang masjid itu sendiri. Namun pada saat pelaksanaan ibadah disarankan untuk tidak mengambil foto, agar tidak mengganggu warga yang sedang beribadah dan juga untuk menghormati yang menjalankan tugasnya.

Anda juga bisa mengambil foto beberapa pengunjung yang pernah ke sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada mereka. Anda mungkin merasa tidak nyaman karena mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata ini, ada baiknya persiapkan semua rencana dan persiapan nanti dengan baik bersama teman atau keluarga.

Baca juga: Masjid Agung Kediri, masjid terbesar dan termegah di Kabupaten Kediri

Akses jalan menuju Masjid Agung Taman Madiun lama

Tentunya jika ingin mengunjungi Masjid Agung Taman Madiun kuno ini, Anda harus mengetahui lokasi dan akses jalannya. Jangan sampai tersesat karena ini akan membuang waktu dan tentunya bahan bakar kendaraan Anda. Masjid Raya Taman Madiun ini perlu Anda ketahui terlebih dahulu, karena akses jalan menuju kesana sebenarnya cukup mudah. Saat di Madiun, melalui Jl. Kapten Saputra, Rute tercepat atau rute menuju Masjid Raya kuno Taman Madiun. Gunakan peta ini sebagai panduan untuk perjalanan Anda berikutnya:

Atau bisa juga melalui Jl. Kemiri dan Mundu sebagai jalur atau jalur alternatif. Anda bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat untuk menuju lokasi Masjid Raya Taman Madiun kuno. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa berhenti di halte terdekat kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki atau dengan ojek. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa menyehatkan tubuh kan?

Biaya masuk Masjid Raya Taman Madiun

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

(Diperbarui Juli 2023)

Jam buka Masjid Raya Taman Madiun Lama

Tips Liburan di Masjid Raya Kuno Taman Madiun

Jika Anda sudah mempersiapkan segala rencana untuk mengunjungi Masjid Raya Taman Madiun Lama bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu. Yang pertama, untuk menghormati para pejabat yang bekerja di sana dan untuk menjaga keindahannya, jangan ada sampah yang dibiarkan berserakan di kawasan wisata ini. Jangan lupa juga untuk memiliki kamera atau handphone dengan baterai yang terisi penuh jika sedang asyik berfoto di sini.

Anda juga dapat membawa perbekalan atau peralatan yang mungkin berguna nantinya dan tidak membahayakan atau melakukan tindakan berbahaya lainnya selama berada di Masjid Kuno Taman Madiun. Namun yang terpenting, jangan lupa untuk berdoa dan meminta kepastian di kemudian hari selama perjalanan.

Ini adalah ulasan singkat tentang Masjid Agung Tua Taman Madiun, salah satu masjid tertua dan bersejarah di kota Madiun. Jangan lupa terapkan tips di atas. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button