Tempat Wisata

Mendatte Park, hits destinasi wisata alam dan lembaga pendidikan di Enrekang

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 09.00 – 21.30 WITA, Alamat: Mendatte, Kec. Anggeraja, Cab.Enrekang, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Taman Mendatte adalah tujuan wisata utama yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Ada cagar alam dan perkebunan subur.

Taman Mendatte adalah salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Tempat wisata yang satu ini sedang hits, terutama di kalangan penggemar hiking dan camping outdoor.

Tempat wisata di desa Mendatte ini menjadi pilihan liburan populer bagi masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Bahkan, kepopuleran bumi perkemahan di kawasan timur Indonesia ini terdengar sampai ke mancanegara karena banyak wisatawan mancanegara yang datang.

Setting alam di Mendatte Park masih sangat asri dengan pemandangannya yang menghijau seperti yang terlihat di film-film fantasi Hollywood. Hampir setiap sudut di kawasan wisata ini sangat cocok untuk berkemah.

Daya tarik yang dimiliki Mendatte Park

Objek wisata Mendatte Park EnrekangSumber gambar: Google Maps Adelia

Taman Mendatte merupakan objek wisata di Enrekang yang dikelola oleh BUMDes setempat untuk berkemah dan kegiatan liburan lainnya. Tempat wisata ini memiliki berbagai atraksi yang menjadikannya tempat wisata yang populer.

1. Pemandangan alam yang indah

Mendatte Park merupakan destinasi wisata populer di Enrekang, Sulawesi Selatan bagi masyarakat yang ingin menghabiskan liburan akhir pekannya. Tidak hanya untuk berkemah, banyak juga wisatawan yang datang untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Butlas Natural Park atau yang lebih dikenal dengan Mendatte Park ini dikelilingi oleh gugusan pegunungan karst yang membentuk panorama indah bak negeri dongeng. Di sisi timur desa Mendatte diapit oleh rangkaian Gunung Nona, sedangkan di sisi barat diapit oleh rangkaian tebing Bambapuang.

2. Perkebunan subur

Daya tarik desa wisata yang satu ini bukan hanya panorama pegunungan yang indah, tetapi juga karena dikelilingi oleh perkebunan subur penduduk sekitar desa. Beberapa perkebunan warga di sekitar desa seperti jagung, bawang merah, kacang tanah dan sebagainya.

Perkebunan penduduk di sekitar taman wisata sendiri merupakan salah satu pendukung kemajuan pariwisata dari desa Mendatte.

3. Berbagai cagar alam

Tidak hanya dikelilingi pemandangan alam yang asri dan asri, daya tarik lain yang ditawarkan Mendatte Park adalah berbagai satwa liar yang bisa ditemukan di lokasi ini.

Wisatawan bisa menikmati pertunjukan dari kawanan burung merpati, merpati hingga kelinci putih yang berkeliaran di alam bebas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Mendatte Park EnrekangKredit foto: Google Maps Albertrahmanp

Desa Mendatte adalah sebuah desa di Lembah Suruganna Babapuang. Secara administratif, tempat wisata ini berada di Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Meski desa ini diapit pegunungan, akses ke tempat wisata ini sebenarnya cukup mudah.

Mendatte Park berada di pinggir jalan trans Enrekang-Makale atau jalan poros provinsi. Jadi dalam hal aksesibilitas dari perkotaan. Tempat wisata ini mudah dijangkau. Waktu tempuh menuju Desa Mendatte dari Kota Makassar sekitar 5 hingga 6 jam.

Biaya masuk ke Mendatte Park

Taman Mendatte atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam Butlas ini dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes Makinawa, sehingga harga tiket masuknya sangat terjangkau. Wisatawan yang datang ke kawasan wisata akan dikenakan tiket masuk hanya sebesar Rp 5.000.

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, wisatawan bisa menikmati beragam aktivitas di Mendatte Park, mulai dari hiking hingga hunting spot foto dan sekedar bersantai. Jika wisatawan ingin berkemah, disediakan tenda camping dengan biaya sewa Rp 30.000 per tenda.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Mendatte Park

Kegiatan Mendatte Park EnrekangKredit foto: Google Maps Ahmad Sidiq Yusuf

Berada di kawasan yang dikelilingi perbukitan karst menjadikan Mendatte Park sebagai objek wisata yang menawarkan berbagai aktivitas bagi wisatawan. Bagi siapa pun yang senang berada di alam, Mendatte Park adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

1. Hiking di perbukitan pedesaan

Mendatte Park dikenal sebagai kumpulan perbukitan yang masih asri namun tidak terlalu terjal. Oleh karena itu, taman wisata yang satu ini sangat cocok sebagai tempat hiking bagi para pecinta pendakian.

Medannya yang berbukit-bukit, tidak terlalu terjal dan ditumbuhi rerumputan hijau, membuat taman wisata ini menjadi area pendakian yang cocok bagi para pemula. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak bukit tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit sampai 1 jam tergantung kecepatan pendakian.

2. Siapkan tenda untuk berkemah

Salah satu kegiatan utama yang ditawarkan Mendatte Park kepada wisatawan adalah camping atau mendirikan perkemahan di sekitar kawasan taman wisata. Wisatawan bisa menikmati suasana panorama alam dan sejuknya udara pegunungan sambil bercengkrama bersama teman atau keluarga di bumi perkemahan.

Jika Anda tidak memiliki tenda sendiri, Anda tidak perlu khawatir, karena pihak administrasi yaitu BUMDes setempat menawarkan persewaan tenda dengan ukuran yang berbeda-beda. Biaya sewa per hari juga sangat terjangkau bagi wisatawan.

3. Cari foto spot Instagramable

Bicara soal spot foto untuk Instagram, taman wisata di Enrekang ini punya ratusan spot foto untuk dijelajahi wisatawan. Wisatawan bisa berfoto di berbagai tempat menarik dengan latar belakang pegunungan hijau alami yang sangat menawan.

Belum lagi gugusan perbukitan dengan pepohonan hijau dan langit biru di atasnya membuat foto yang diambil di tempat ini terlihat seperti lukisan hidup.

Jika ingin berfoto dengan background yang luar biasa, wisatawan umumnya memilih untuk berkemah pada malam hari agar bisa berfoto dengan sunrise di puncak saat subuh.

4. Berkeliaran di lapangan terbuka

Taman Wisata Mendatte sering dipilih oleh masyarakat setempat, termasuk lembaga pendidikan seperti sekolah, untuk acara luar kota. Tempat wisata dengan lapangan yang luas dan masih asri menjadi tempat yang tepat untuk menyelenggarakan kegiatan outdoor atau outbond.

Ada berbagai jenis kegiatan outbond yang bisa dilakukan di taman wisata yang satu ini, mulai dari mendaki gunung, lari dan lain sebagainya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Mendatte Park EnrekangKredit foto: Google Maps Bahar Saing

Ada beberapa fasilitas yang disediakan pemerintah di kawasan wisata Mendatte Park. Fasilitas umum ini dibangun untuk memudahkan wisatawan mengunjungi tempat-tempat menarik. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi umum, toilet, tempat parkir yang luas dan mushola.

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat banyak stand makanan bagi pengunjung yang ingin dimanjakan dengan kuliner yang nikmat. Selain itu, pihak pengelola juga telah menyediakan beberapa spot foto khusus dengan latar belakang pemandangan alam yang indah di sekitar tempat wisata.

Taman Mendette merupakan tempat wisata yang biasa digunakan untuk berkemah bersama keluarga dan teman. Destinasi wisata yang terletak di kawasan Enrekang Sulawesi Selatan ini diapit oleh deretan pegunungan karst yang membujur dari barat ke timur. Pengunjung dapat merasakan perasaan surgawi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button