Tempat Wisata

Mitos, daya tarik & penerimaan

Mengulas pantai-pantai di Jogja khususnya di kawasan Gunungkidul memang tidak ada habisnya.

Masih banyak pantai indah di kawasan ini yang sangat menggiurkan sebagai tujuan liburan.

Selain Pantai Nglambor yang sudah kita bahas, ada juga Gunung Kidul Pantai Wediombo yang akan kami ulas dalam artikel ini.

Bagi anda yang penasaran dengan pantai ini, silahkan baca terus karena kami akan mengulasnya secara lengkap mulai dari dimana letaknya hingga apa saja yang bisa anda lakukan disana.

Pantai Wediombo

pantai-wediombo-jogja

Pantai Wediombo atau banyak juga yang menuliskannya secara terpisah karena Pantai Wedi Ombo merupakan salah satu pantai di jajaran Pantai Selatan Jogja.

Seperti diketahui, pantai selatan Jogja memang terkenal dengan keindahannya dan yang paling tidak bisa dilupakan adalah ombaknya yang besar.

Pantai Wediombo saat ini salah satunya tempat wisata favorit warga jogja yang ingin ceria setelah kesibukan sehari-hari di dunia perkantoran.

Mereka yang datang biasanya rombongan teman dan kerabat.

Jadi jika anda datang ke pantai ini untuk berlibur, anda akan menemukan banyak turis lain yang berkerumun di sekitar pantai.

Pantai Wediombo memiliki pantai berpasir putih dan halus. Pasir di pantai ini terbentang luas bak mutiara yang berkilauan diterpa sinar matahari.

Dan ternyata penamaan pantai ini dengan nama Wediombo juga berkaitan dengan keberadaan pasir putihnya. Selain itu, pantainya cukup luas, oleh karena itu namanya Wediombo, yang berarti pantai berpasir yang luas dalam bahasa Jawa.

Pantai-wediombo-yogyakartainstagram.com/wonderful.indonesiaku

Selain daya tarik yang berasal dari pasir putihnya, daya tarik lain yang dimiliki pantai ini adalah banyaknya bongkahan batu yang tersebar di sepanjang pantai.

Bongkahan batu ini bahkan berjejer di tengah pantai dan terlihat jelas saat air pantai surut.

Keberadaan bebatuan tersebut tidak hanya menambah eksotisme suasana, tetapi juga sering dijadikan daya tarik pengunjung Karakteristik atau Pekerjaan Foto.

Pantai Wediombo juga merupakan pantai yang masih terjaga keasliannya. Suasana di sana nampaknya masih sangat bagus, meski selalu dipadati turis.

Pantai ini juga banyak terdapat pepohonan rindang yang di bawahnya dapat digelar tikar sebagai tempat berteduh yang sangat nyaman.

Mitos Pantai Wediombo

Mitos Pantai Wediomboinstagram.com/niamlatanza

Mitos yang paling terkenal dari pantai ini adalah keberadaan Watu Manten, dua batu karang yang terlihat saat air laut surut.

Padahal, Watu Manten tidak terkait dengan mitos yang bisa menimbulkan bahaya.

Namun, ada yang percaya bahwa dia adalah pertanda hubungan cinta yang mendapat restu dari orang tuanya.

Ada juga yang percaya bahwa Mantenstein adalah titisan dua sosok manusia. Sekilas, posisi mereka bersebelahan sangat mirip dengan pasangan pengantin yang duduk di pelaminan.

Tapi mitos tetaplah mitos. Orang boleh percaya atau tidak. Namun yang jelas, Mantenstein ini sebenarnya salah satu penambah keindahan Pantai Wediombo. Bahkan bisa disebut sebagai ciri atau simbol dari pantai ini.

Kegiatan wisata di pantai Wediombo

Karena sebagian besar pantai Laut Selatan memiliki ombak yang besar, apakah ada aktivitas menarik di pantai ini?

Jawabannya tentu ada. Bahkan sangat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Berenang di kolam alami

pantai wedi omboinstagram.com/roniaditia05

Pantai Wediombo yang memiliki ombak besar tentu tidak direkomendasikan untuk berenang. Khusus untuk pemula renang. Meskipun ada beberapa orang yang tidak takut dengan ombak besar dan tetap berenang, itu hanya segelintir saja dan mereka sepertinya sudah terbiasa dengan ombak besar dan sudah tahu cara menerjangnya.

Namun jika Anda tidak bisa menahan godaan segarnya air yang ditawarkan pantai ini, Anda tetap bisa menikmatinya dengan berenang di pantai Pekerjaan Kolam alami yang dilapisi bebatuan.

Kolam alami ini terletak di pesisir pantai. Cukup aman untuk berenang karena ombak besar yang datang dari pantai terhalang oleh bebatuan yang mengelilinginya.

Selain sebagai tempat berenang, Pekerjaan Pengunjung juga suka menggunakan kolam alami ini sebagai backdrop foto.

penangkapan ikan

Pantai Wediombo juga terkenal dengan banyaknya ikan yang hidup di bawah air. Ikan-ikan besar seperti ikan cucut, kerapu dan tenggiri adalah jenis ikan yang bisa kita buru di pantai ini.

Jadi jika Anda suka memancing, pantai ini sangat menjanjikan Pekerjaan Penangkapan ikan. Apalagi bagi yang suka Pekerjaan penangkapan ikan ekstrimmaka pantai ini adalah salah satu tempat yang harus dituju.

Namun, tidak ada persewaan alat tangkap di pantai ini. Jadi Anda perlu membawa perlengkapan sendiri dari rumah jika memang berniat berlibur sambil memancing.

Baca juga: Pantai Ngobaran Yogyakarta

berkemah

berkemah-pantai-wediomboinstagram.com/zonagrafi_jogja

Area pantai yang luas dan dasar pasir yang halus membuat pantai ini menjadi tempat yang menyenangkan berkemah.

Pada libur panjang umat Islam, akan banyak wisatawan yang sengaja datang ke pantai ini untuk menghabiskan satu atau dua hari di kawasan tersebut berkemah itu.

Nah jika ingin merasakan sensasinya berkemah Nikmati malam di tepi Pantai Wediombo, jangan lupa siapkan perbekalan dan ajak teman atau keluarga berkemah Anda lebih efektif.

Baca juga: Pantai Nglambor

mengejar matahari terbenam

Keindahan pantai ini semakin sempurna saat matahari mulai beranjak ke peraduannya. Saat itu, kita bisa melihat garis mega-mega jingga menyembur keluar dari celah awan.

Jadi kalau datang ke pantai ini, kalau bisa jangan langsung pulang sampai menyaksikan momennya matahari terbenam itu.

Cari kuliner khas pantai

snorkeling-pantai-wediomboinstagram.com/rizkimariskha

Saat ini warung yang menjual berbagai menu olahan ikan laut telah berdiri di pantai Wediombo.

Di sana Anda bisa menikmati olahan lezat yang terbuat dari ikan kerapu, udang, cumi, nila dan jenis ikan lainnya.

Rasanya juga sangat khas karena diolah dengan bumbu khas Jawa yang pasti bikin ketagihan.

Baca juga: Berburu kuliner lezat di Pantai Glagah, Kulon Progo

berselancar

aktivitas ekstrim yang diuji adrenalin Hal ini akan sering kita jumpai saat berlibur di Pantai Wediombo.

Wisatawan yang senang melakukan aktivitas ini biasanya wisatawan mancanegara yang sengaja datang untuk menaklukkan ombak.

Ombak pantai Wediombo sering disebut-sebut sebagai ombak terbaik. Orang yang memahaminya menyebutnya gelombang besar dan stabil.

Selain kegiatan di atas, masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Misalnya bagi yang malas bisa menikmati liburan di pantai ini dengan duduk santai di atas pasir sambil menyaksikan hiruk pikuk wisatawan lainnya.

Baca juga: Pantai Panjang Jogja

alamat-pantai-wediomboinstagram.com/elhadiana

Kegiatan ini semakin nyaman karena di Pantai Wediombo bisa disewa payung yang bisa ditancapkan di pasir dan menjadi Pekerjaan untuk berlindung.

Payung tersebut disewakan dengan harga sekitar Rp. 10.000 per payung.

Alamat Pantai Wediombo

Pantai ini terletak di ujung paling barat Kabupaten Gunung Kidul. Alamatnya di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Diukur dari pusat Kota Jogja, kita harus menempuh jarak sekitar 73 kilometer untuk mencapai tempat tersebut, dengan waktu tempuh normal sekitar 2 jam berkendara.

Di sekitar tempat pantai ini juga terdapat pantai atau tempat wisata lainnya yang bisa kita kunjungi. Jika memiliki waktu liburan yang cukup, kita bisa datang ke tempat wisata Pantai Timang, Pantai Indrayanti, Pantai Siung dan Pantai Pok Tunggal.

Pantai-pantai ini juga termasuk pantai yang sangat indah dan membentuk satu kesatuan yang merangkai membentuk pantai selatan.

Baca juga: Keindahan Pantai Kukup Gunung Kidul

Rute ke lokasi

wediombo-beach-imageinstagram.com/pacitanmedia

Bagi wisatawan yang belum pernah datang ke pantai selatan Jogja, jalur menuju Pantai Wediombo bisa menggunakan beberapa jalur.

Salah satu jalur yang bisa dilalui adalah jalur utama yang dimulai dari Jogja menuju Wonosari kemudian dilanjutkan ke Desa Mulo.

Dari desa Mulo, silakan belok kiri menuju Jepitu. Nah dari Jepitu pantai sudah cukup dekat, ikuti saja rambu jalan yang membawa kita ke titik lokasi.

Selain jalur utama ini, ada jalur lain yang bisa digunakan. Lebih mudah, silahkan gunakan aplikasinya peta Googles untuk mendapatkan rute terbaik sesuai dengan posisi keberangkatan Anda.

Baca juga: Pantai Sundak Jogja

Jam buka Pantai Wediombo

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam. Anda bisa datang kapan saja dan kapan saja. Namun jika ingin suasana yang lebih sepi sebaiknya datang pada hari biasa, karena pada hari libur pantai ini akan sangat ramai.

Hari jam buka
Setiap hari 24 jam

Tiket Masuk Pantai Wediombo

Tiket Masuk Pantai Wediomboinstagram.com/jogjajateng

Untuk menikmati keindahan pantai ini, kita harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5000 per orang.

Selain itu kita juga harus membayar biaya tambahan di tempat parkir sebesar Rp 3000 untuk pengendara sepeda motor dan Rp 5000 untuk pengguna kendaraan roda empat.

Baca juga: Foto Tour The Lost World Castle Yogyakarta

jenis tiket Harga
tiket masuk Rp 5.000
PARKIR MOTOR Rp3.000
area parkir Rp 5.000

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menginap di kawasan tersebut berkemahper malam dikenakan pajak bumi dan bangunan sebesar Rp 25.000 per tenda plus tambahan biaya parkir Rp 10.000 untuk sepeda motor dan Rp 25.000 untuk mobil.

Oh ya. Dicari pengunjung berkemah Namun, jika Anda tidak membawa tenda, Anda juga bisa menyewa tenda yang disediakan pihak pengelola. Sewa tenda Rp 300.000 per malam lengkap dengan perlengkapannya berkemah Aneka ragam.

Baca juga: Pantai Baron

Fasilitas umum di Pantai Wediombo

Fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet, tempat ibadah dan warung makan tersedia di pantai ini.

Hanya saja letak toiletnya yang berada di tempat parkir dan terkadang cukup jauh dari bibir pantai menjadi masalah yang dikeluhkan banyak pengunjung.

Jika posisi toilet bisa didekatkan sedikit, sepertinya lebih baik dan nyaman bagi pengunjung.

Akomodasi di Pantai Wediombo

Bagi pengunjung dari luar kota yang ingin menginap di dekat pantai ini, sudah tersedia beberapa penginapan yang disediakan pihak pengelola dengan biaya sewa sekitar Rp. 200.000 hingga Rp 400.000 per malam.

Meski harga sewanya relatif murah, namun fasilitasnya memadai sehingga cukup nyaman untuk ditinggali.

wediombo-pantai-penginapaninstagram.com/three_m19

Baca juga: Tempat wisata di Jogja

Demikian ulasan di atas Pantai Wediombo Jogja. Sekali lagi, bagi yang penasaran dan sudah tidak sabar untuk menghabiskan liburan di pantai ini, kami sarankan untuk datang di hari kerja agar bisa menikmati suasana pantai sepuasnya.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button