Tempat Wisata

Monumen Jenderal Sudirman: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti halnya di Pacitan, ada satu tempat wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Monumen Jenderal Sudirman.

Monumen Jenderal Sudirman merupakan tempat rekreasi sejarah di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Seperti kita ketahui, Indonesia telah banyak menyaksikan peristiwa sejarah di masa lampau dan kita sebagai warga negara yang baik juga harus menghargai jasa para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Ada banyak cara untuk melakukan ini. Salah satunya adalah penyelenggaraan wisata edukasi ke museum dan monumen yang banyak sekali di Indonesia. Maka Monumen Jenderal Sudirman adalah salah satu yang bisa anda kunjungi terutama jika anda berasal dari Jawa Timur.

Saat memasuki objek wisata ini, Anda bisa melihat patung Jenderal Sudirman setinggi 8 meter. Selain monumen, kompleks ini juga menampung sebuah rumah yang pernah menjadi markas jenderal saat memimpin perang gerilya melawan penjajah. Rumah ini ditempatinya selama 107 hari, sejak 1 April 1949 hingga 7 Juli 1949. Rumah ini memiliki banyak peninggalan di dalam rumah, termasuk keranjang asli bekas tempat tidurnya. Kompleks memorial Jenderal Sudirman juga menampilkan diorama yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada 27 Desember 1949. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengajak anak anda berwisata namun tetap ingin mendapatkan pendidikan yang bermanfaat.

Ternyata dibalik keagungan Monumen Jenderal Soedirman banyak menyimpan sejarah dan perjuangan terkait pembangunannya. Tugu peringatan itu dibangun oleh keluarga Alm. Roto Suwarno, seorang seniman yang juga merupakan sosok yang sangat berjasa dan terkenal di desa Pakis Baru. Ia adalah pengawal Panglima Jenderal Sudirman saat ditempatkan di desa Pakis Baru. Dia mendirikan sebuah yayasan bernama “Kembang Mas” (Pengembangan dan Pembangunan Masyarakat). Dengan wakaf tersebut ia membangun berbagai fasilitas umum untuk masyarakat desa Pakis Baru. Ini termasuk lapangan tenis, sekolah formal, tempat berlindung, bendungan, monumen dan banyak lagi. Semua fasilitas yang dibangunnya menyandang nama Kembang Mas. Dan yang paling terkenal dari perkembangan yang dilakukan adalah pembangunan monumen Jenderal Sudirman.

Fasilitas di Monumen Jenderal Sudirman

Sedangkan fasilitas objek wisata Monumen Jenderal Sudirman tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Perpustakaan

Di sana, Anda bisa melepas dahaga membaca dengan membaca buku di Perpustakaan Monumen Jenderal Sudirman.

– Bilik atau tempat makan

Jika Anda puas selama berjam-jam, Anda pasti akan merasa lapar di perut. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar monumen Anda dapat menemukan warung penduduk setempat yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Ruang audio visual

Di ruangan ini Anda bisa menyaksikan berbagai video atau mendengarkan rekaman sejarah perjuangan pahlawan Jenderal Sudirman.

– Paviliun

Pembangunan gazebo memungkinkan Anda bersantai di sana sambil menikmati pemandangan monumen dan kawasan sekitarnya.

– pasar seni

Jika Anda berencana untuk membeli oleh-oleh, Anda bisa memenuhi keinginan berbelanja di pasar seni ini

– Akomodasi

Di sekitar tugu, Anda yang membutuhkan penginapan bisa mencari yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari toilet di luar kawasan wisata.

Berburu foto di Monumen Jenderal Sudirman

Meski kawasan objek wisata ini tidak terlalu luas dan bukan merupakan wisata alam, namun Anda tetap bisa memanjakan hobi fotografi Anda dengan menikmati pemandangan dari monumen megah yang berdiri di sana. Ada juga spot favorit pengunjung yang menarik, yang bisa dijadikan latar foto bersama teman atau keluarga, yaitu di Anjungan Joglo yang unik tempat bersantai dan selfie, atau di depan diorama B. di perpustakaan dan di pasar seni saat Anda berbelanja. Jika sudah puas mendapatkan banyak foto, Anda bisa mengunggahnya ke berbagai media sosial. Dengan begitu, Anda dapat membantu untuk lebih memperkenalkan objek wisata sejarah ini kepada masyarakat luas agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Baca juga: Air Terjun Roro Kuning, Wisata dengan Pemandangan Patung Emas

Akses jalan menuju Monumen Jenderal Sudirman

Bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dan langsung mengarahkan dengan kendaraan anda. Sulit untuk menemukan tempat itu. Anda dapat mengaktifkan aplikasi GPS untuk memandu Anda menuju Monumen Jenderal Sudirman di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan.

Tiket masuk Monumen Jenderal Sudirman

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Monumen Jenderal Sudirman

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke Monumen Jenderal Sudirman

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Monumen Jenderal Sudirman semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi monumen Jenderal Sudirman adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Monumen Jenderal Sudirman bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Monumen Jenderal Sudirman.

Galeri foto monumen Jenderal Sudirman

Sumber: Google Map

Sumber: Google Map

Sumber: Google Map

Sumber: Google Map

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button